Tujuh Tips Liburan Bersama Teman – “Siapa yang suka pergi liburan?”

*Sayaaaa* Ngacung paling tinggi tangannya.

Teman-teman lebih memilih liburan bersama pasangan, saudara atau teman-teman? Liburan bersama pasangan, saudara atau teman-teman tentunya punya trik dan tips yang berbeda-beda.

Jika kamu memilih berlibur bersama teman, tentu harus memperhatikan beberapa hal. Jangan sampai gara-gara liburan bareng, hubungan sama teman jadi rusak . Nggak lucukan, rencana awal mau seru-seruan bersama teman tapi malah berantem selama liburan. Yang tadinya mau senang-senang malah jadi BT.

Ada beberapa tips liburan bersama teman yang bisa kamu coba agar liburan atau travelling kamu tetap menyenangkan:

  1. Tema Liburan

Yang pertama harus dilakukan yaitu tentukan tema liburan. Apakah akan ke pantai atau ke gunung? Berlibur ke kota besar atau kota kecil? Orang-orang yang tidak menyukai pantai tentunya tidak akan sehappy jika berlibur ke gunung.

Begitu juga berlibur ke kota besar, tentu akan berbeda dengan berlibur di desa-desa Eropa yang sepi dan lebih mengutamakan pemandangan alam. Beberapa orang tidak akan happy jika harus berlibur ke desa-desa Eropa yang tidak ada hiburan malamnya, tetapi beberapa orang juga tidak menyukai kehebohan kota-kota besar. Karena itu, semua harus dibicarakan di awal, agar tidak ada yang mengeluh dan akan selisih paham.

  1. Jenis Liburan

Sesudah menentukan tema liburan, selanjutnya tentukan jenis liburan yang ingin kamu lakukan. Apakah liburan backpacker atau mewah? Liburan backpacker dan liburan ala koper tentu akan berbeda banget fasilitas dan biayanya. Menginap di hostel yang sekamar bisa ber-10 ala backpacker atau menginap di hotel bintang 5 yang fasilitasnya akan berbeda. 

Ini semua harus sudah dibicarakan di awal, saat memutuskan untuk libur bersama teman. Jangan sampai temanmu mengeluh karena harus menginap di hostel, sedangkan dia tidak nyaman untuk tidur bersama orang lain.

Tips Liburan Bersama Teman

 

  1. Tentukan Biaya Bersama

Ini merupakan tips liburan bersama teman yang paling penting. Beberapa teman mungkin sangat suka mencoba berbagai makanan lokal sehingga inginnya makan pagi, siang dan malam di restoran lokal. Tetapi, beberapa orang lagi lebih menyukai membawa bekal dari Indonesia agar lebih hemat. 

Beberapa orang mungkin lebih memilih naik taksi daripada naik bus, biar tidak lelah untuk jalan kaki. Tetapi beberapa orang lebih memilih untuk naik bus saja agar hemat biaya. Semua sudah harus dibicarakan dari awal agar didapat solusi yang menyenangkan untuk semua pihak.

Ke Mana Liburan Impian?

 

  1. Rencana perjalanan

Rencanakan bersama setiap detil dari rencana perjalananmu. Walaupun teman-teman mempercayakan rencana perjalanan untuk diatur oleh satu orang, tetapi sebaiknya setiap orang mengetahui secara detil rencana perjalanan yang akan disusun. 

Setiap orantg ingin mengetahui tempat wisata apa saja yang akan didatangi atau pun kendaraan umum yang akan digunakan. Bagaimanapun juga, ini adalah liburan bersama dan bukan libur dengan travel tour.

  1. Tidak semua harus dilakukan bersama

Jika ada beberapa kegiatan yang seorang teman ingin lakukan sementara teman lain tidak ingin, tidak ada salahnya jika satu hari disediakan untuk melakukan kegiatan masing-masing sehingga semuanya puas karena bisa melakukan hal yang dia inginkan.

  1. Tenggang rasa

Tenggang rasa selama liburan harus lebih besar dari biasanya. Mungkin ada teman yang lebih lama dalam mempersiapkan diri saat akan berangkat sehingga kita sebaiknya memahami dan mengingatkan. Kita juga harus menyadari kekurangan kita. Jika kita lebih lama dalam bersiap-siap, kita harus bangun lebih pagi agar bisa siap pada waktunya agar rencana perjalanan bisa  berjalan lancar.

Ada teman yang lebih lama saat berjalan kaki dan juga lebih mudah lelah. Kita harus memperhatikan kondisi teman tersebut agar dia tetap bisa mengikuti ritme liburan.

Jika kita hobi shopping sementara teman lain tidak, harus tenggang rasa agar tidak kelamaan saat shopping sehingga membuat bete teman yang lain. Tips liburan bersama teman yang ini harus diperhatikan ya.

Tips Liburan Bersama Teman

 

  1. Menahan Diri

Seringkali saat kita lelah dan banyak masalah yang menghampiri, kita jadi lebih mudah sensitif dan tersinggung. Hal ini harus diperhatikan dengan baik karena jangan sampai kita tanpa sengaja menyinggung perasaan teman yang lain.

Itulah  tujuh tips liburan bersama teman. Semoga liburan bersama temannya berjalan lancar dan semuanya pulang dengan memori dan hubungan yang lebih baik.

***

Tujuh Tips Liburan Bersama Teman, merupakan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Susi Pudjiastuti yang ditulis oleh Lia Djabir.

Lia Djabir, Lifestyle Blogger Makassar, yang mengelola blog www.liadjabir.com

Notes: semua foto adalah dokumentasi pribadi Lia Djabir.