Walau tidak semua wanita suka berdandan atau make, tapi punya senjata makeup andalan kan. Ada berapa dan apa saja ya.

***

Ngobrolin tentang make up yuk  ! Ya, meskipun sudah punya label “ emak” bukan berarti abai pada penampilan ya. Karena penampilan yang enak dipandang sudah pasti bikin kita menjadi lebih percaya diri.

Selain outfit yang dikenakan, hal yang tak kalah penting adalah tampilan riasan pada wajah.

Bicara soal riasan atau makeup, tidak semua wanita suka dandan, tapi merawat wajah tetep harus dong ya.

Dan saya yakin, walaupun nggak suka dandan, pasti deh punya minimal 3 senjata makeup andalan. Apalah arti jumlah 3 produk makeup di belantara ragamnya jenis make up masa kini.

Cantik, Sehat dan Bahagia

So, ini senjata makeup andalan versi saya :

  • Riasan Wajah

Senjata Makeup Andalan

Ada banyak step yang dilakukan kalau lagi dandan serius. Tapi yang paling terpenting dari semua itu apa sih mak? Menjaga kulit dari paparan sinar matahari biar kulit tetap terjaga kesehatan dan kelembabannya.

Nah, salah satu produk untuk wajah yang wajib dimiliki wanita adalah moisturizer atau sun block. Sebaiknya punya keduanya sih. Saya pribadi punya keduanya, buat menjaga kelembaban wajah dan melindungi kulit wajah dari sinar ultraviolet yang bisa menyebabkan flek hitam atau warna kulit tidak merata. Bagi emak yang suka makeup sudah pasti lebih dari ini punya produk buat riasan wajah ya. Mulai dari foundation, concealer, shading dan. Atau yang paling mudah sih ada BB Cream, CC Cream dan DD Cream.

  • Riasan Mata

Sadar tidak kalau merias mata, walau sedikit saja, bisa membuat penampilan berbeda. Sedikit saja sentuhan di mata, penampilan kita bisa berubah banyak. Bisa membuat kesan tegas, galak, sayu, sedih bahkan bisa terlihat seksi.

Melukis alis atau mempertegas garis mata dengan eyeliner bisa membuat perubahan penampilan yang banyak. Beruntunglah emak yang punya alis tebal sehingga tidak harus bercapek-capek membingkai mata lama-lama. Karena bisa bikin look yang berbeda,ada beberapa wanita yang pantang keluar sebelum ngalis atau ber-eyeliner ?

Sekarang sih banyak banget ya eyeliner dengan berbagai jenis dan bentuknya, mulai dari yang pensil,  liquid, gel dan spidol. Belum lagi ragam aplikatornya yang tersedia dari mulai kuas tipis halus, tebal halus hingga keras dan lancip. Semuanya ada tergantung suka yang mana.

Nah salah satu tips hemat ala saya sih pilih eyeliner pensil yang juga bisa dipakai buat alis (biasanya wana hitam atau coklat tua untuk kesan natural dan penggunaan sehari-hari) lumayan kan jadi 2 in 1 hehe.

  • Riasan Bibir

Dulu sih, hanya ada lipstik. Sekarang sudah banyak jenisnya. Belum lagi dengan iming-iming hasil akhir yang berbeda-beda meski warna lipstiknya sama. Seperti lipstik matte atau glossy.

Nggak bisa dipungkiri memang, warna pada bibir juga tak kalah penting untuk memberikan penampilan yang berbeda. Yang paling jelas sih, dengan memberikan sedikit warna pada bibir bisa bikin wajah keliatan lebih segar.

Tak hanya untuk mendukung faktor penampilan saja, saat ini produk makeup untuk bibir sudah punya standar memberikan moisturizer agar bibir tidak kering. Dulu, saya hanya tahu agar bibir lembab, kita beri lip gloss. Saat ini udah banyak varian dan jenis namanya : lipstick, lip cream, lip tint, lip balm dan lainnya.

Sedikit tips memilih riasan bibir :

Senjata Makeup Andalan

  • Sesuaikan warn lisptik yang dipilih dengan warna kulit jadi hasilnya akan terlihat lebih natural dan rapi, biasanya jika warna terlalu jauh dari warna kulit dan ketika pengaplikasiannya kurang rapi akan lebih terlihat berantakan dan wajah terlihat menor.

Sedikit tips saat membeli lipstik :

  • Periksa dulu kandungannya apakah mengandung bahan kimia berbahaya. Caranya dengan mengoleskan lisptik pada tangan dan gosokan dengan perhiasan emas. Kkalau warna lipstik menjadi berubah kehitaman maka kemungkinan besar produk tersebut mengandung bahan kimia berbahaya.
  • Pilih lipstik dengan kandungan moisturizer. Untuk emak yang punya masalah dengan bibir yang kering, ada baiknyagmenggunakan lip balm terlebih dahalu.

Mudahkan tipsnya, jangan lupa ya mak, karena kesehatan bibir juga penting.

Emak sendiri suka jenis riasan bibir yang mana ? Lipstik, lip cream atau yang lainnya ? Dan mayoritas pasti punya lebih dari satu warna lipstik kan.

Inilah mak, sekelumit dari dunia makeup. Setidaknya masing-masing 1 dari setiap riasan untuk wajah pasti dimiliki kan. Punya apa saja senjata makeup andalannya? Sharing di komentar ya.

***

Blogpost Senjata Makeup Andalan Emak adalah post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Siti Nurbaya yang ditulis oleh Yasinta Astuti, seorang blogger dan juga fotografer.

Kunjungi blog Yasinta di http://yasinyasintha.com/