Banyak orang yang menganggap, bulan madu atau honeymoon itu untuk pasangan yang baru menikah, untuk merayakan pernikahan mereka. Merayakan kebersamaan. Padahal, sebagai suatu liburan bersama pasangan, bulan madu sah-sah saja dilakukan pasangan yang sudah lama menikah. Misalnya, untuk meremajakan hubungan rumahtangga. Dan untuk meremajakan hubungan tersebut, tempat romantis saat berlibur adalah pilihan yang menyenangkan.

Menjalankan biduk rumah tangga berdua bertahun-tahun adalah kebahagiaan yang tak terhingga. Apalagi jika masih bisa dan sering melakukan perjalanan bersama, entah itu ke sekedar berjalan-jalan di dalam kota, di luar kota atau pun kegiatan bersama seperti nonton film berdua, hal yang mungkin sudah jarang dilakukan karena kesibukan masing-masing.

Sebagai pasangan yang telah lama menikah, merencanakan perjalanan romantis minimal sekali dalam setahun, adalah cara kami meremajakan hubungan suami istri dan memanjatkan rasa syukur kepada Yang Maha Pencipta. Apalagi kami memiliki kesenangan yang sama yaitu berjalan-jalan, berkeliling wisata. Bisa dibilang kami adalah couple traveler.

Liburan Akhir Pekan

Tahun ini, perjalanan kami sebagai couple traveler adalah berkunjung ke Pulau Lombok. Pulau yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya. Yang tak kalah eksotis dari pantai di Bali. Benar-benar cocok sebagai tempat romantis saat berlibur.

Tempat Romantis Saat Berlibur

 

Berikut ini adalah rekomendasi tempat romantis saat berlibur ke Pulau Lombok, berdasarkan perjalanan kami beberapa waktu lalu.

  • Pantai Pink, Lombok Timur

Sudah tahu kan ya kalau bandar udara Lombok bukan lagi di Selaparang, melainkan sudah pindah ke Lombok International Airport yang ada di Praya, Lombok Tengah. Penerbangan dari Yogyakarta dengan mengambil transit di Pulau Bali bisa menjadi pilihan bagi yang ingin ke Pulau Lombok dari Jogja. Untuk menuju ke Pantai Pink bisa ditempuh melalui jalur darat dan jalur laut melalui Tanjung Luar. Jalur darat menuju ke Pantai Pink harus siap dikocok perutnya sepanjang kurang lebih 6 kilometer sampai akhir perjalanan. Jalanan yang belum difasilitasi dengan baik dan melewati hutan adalah kendala kami sewaktu menuju ke Pantai Pink melewati jalur darat. Namun terbayar dengan keelokan Pantai Pink saat sampai di sana. Sedangkan melalui jalur laut, bisa dengan menggunakan perahu yang disewa dari Tanjung Luar, hanya saja keberangkatan pagi jam 8 sangat disarankan ketika kita memutuskan menuju Pantai Pink melalui jalur laut.

Pasir pantai pink yang berwarna pink, terbentuk dari pecahan-pecahan karang yang memang berwarna pink. Karena pantai ini berwarna pink, maka cocok dimasukkan dalam list tempat romantis yang menyimbolkan warna kasih sayang. Lalu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Pink? Selain berfoto, main ayunan dan menikmati udara pantai, juga bisa menyewa perahu untuk bisa menyeberang ke Gili terdekat yang ada di Pantai Pink ini.

Di sini, tersedia kapal yang bisa membawa maksimal 10 orang untuk berkeliling. Sebaiknya melakukan pemesanan terlebih dahulu atau berangkat lebih pagi. Satu perahu bisa untuk 3 orang dengan biaya sewanya 150,000 rupiah. Rute berlayarnya menuju ke Pantai Pink 2, Gili Mangkuk, dan Gili Petelu. Di Gili Petelu kita akan dimanjakan dengan spot instagramable di karang, ceruk-ceruk yang ada hewan lautnya, dan snorkeling atau cukup bermain air. Pasir di Gili Petelu berbeda dengan pasir di Pantai Pink, karena teksturnya yang kasar, disarankan untuk memakai alas kaki saat bermain di Gili Petelu ini.

Bagaimana? Tergoda untuk mengunjungi Pantai Pink sebagai destinasi atau tempat romantis saat berlibur ke Pulau Lombok?

Tempat romantis selanjutnya berada di darat, tepatnya di Desa Sade.

  • Dusun Sasak Sade, Lombok Tengah

Seperti halnya Yogyakarta, Pulau Lombok menawarkan banyak wisata. Mulai wisata pantai, wisata gunung dan juga wisata budaya. Salah satu yang wajib dikunjungi adalah Dusun Sasak Sade atau yang dikenal dengan Desa Sade. Di dusun ini, bisa melihat dari dekat masyarakat suku Sasak. Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari bandara LIA atau dari Pantai Kuta Mandalika membuat Desa Sade ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lombok.

Tempat Romantis Saat Berlibur

 

Selain bisa berfoto di depan rumah adat Suku Sasak, juga bisa belajar membuat tenunan, serta memintal benang. Di sini juga bisa membeli tenun Lombok dan berbagai pernak-pernik aksesoris untuk oleh-oleh. Beberapa barang yang saya beli harganya di semua tempat sama, cocok bagi yang tidak bisa menawar harga.

Kenapa Desa Sade ini menjadi destinasi romantis? Karena di Desa Sade ini ada yang namanya Pohon Cinta. Pohon ini menjadi saksi bisu tempat bertemu nya calon pengantin di desa ini yang ingin kawin lari. Kenapa kawin lari? Baca di banyak postingan di google ya tentang hal menarik yang ada di masyarakat yang tinggal di Desa Sade ini.

Tempat Romantis Saat Berlibur

Foto di atas adalah foto saya dan suami berlatar pohon cinta yang fenomenal di Desa Sade ini. Sebagai couple traveler, momentum bisa foto berdua seperti ini adalah hal yang tidak mudah didapatkan. Tripod, tongsis dan timer memegang peranan untuk mengabadikan foto-foto perjalanan kami. Khusus di Desa Sade ini, akan ada pemandu (guide) yang siap menemani kita berkeliling termasuk menunjukkan spot foto di tempat-tempat instagramable di Desa Sade ini.

Tentunya masih banyak lagi destinasi tempat romantis di Pulau Lombok yang kamikunjungi selama liburan ke Pulau Lombok kemarin, diantaranya :

  • Berfoto di spot instagramable di Pantai Tanjung Aan

Tempat Romantis Saat Berlibur

  • Menunggu sunset di Bukit Merese dan cerita romantis di Pantai Kuta Mandalika

Tempat Romantis Saat Berlibur

 

Itu sedikit cerita tentang perjalanan honeymoon kami yang ke sekian kalinya. Pantai Lombok tak akan terlupakan dalam perjalanan kami sebagai couple traveler.

Berperjalanan berdua adalah cara belajar dan cara mengenal yang menyenangkan bagi pasangan yang memutuskan untuk membangun sebuah rumah tangga. Nikmati, syukuri dan jalani dengan suka cita. (Manda, 2018)

***

Seluruh foto adalah dokumentasi pribadi penulis.

Tempat Romantis Saat Berlibur di Pulau Lombok merupakan merupakan post trigger kedua #KEBloggingCollab dari kelompok Raissa, yang ditulis oleh Primastuti Satrianto.

Primastuti Satrianto atau akrab dipanggil Manda, Ima, adalah emak blogger yang aktif ngeblog di dua blog yaitu www.tamasyaku.com (traveling) dan www.ceritamanda.com (lifestyle)