My Daily Skin Care and Make Up: Bertambahnya usia, elastisitas kulit semakin menurun. Banyak masalah kulit yang dialami, mulai dari  kerutan, flek, ataupun jerawat dan bekasnya. Hal ini yang membuat aku, sebagai emak-emak yang sudah memasuki 30-an mulai melirik yang namanya skin care. Kalau dulu mah boro-boro, cukup cuci muka doang pakai air dan sabun cuci muka. Nah, kali ini aku mau berbagi perawatan kecantikan sehari-hari aku yang menurutku efeknya lumayan buat wajahku yang rentan berjerawat.

 

My Daily Skin Care

Tetap Cantik di Bulan Ramadan

 

Garnier Skin Natural Micellar Cleansing Water for Oily, Acne-Prone Skin

Saat ini setelah pulang dari mana-mana, meskipun tidak make up-an aku usahakan selalu membersihkan muka. Aku memang tidak menggunakan banyak produk kosmetik, akan tetapi muka yang tidak dibersihkan ternyata mengundang pasukan jerawat untuk menjajah muka. Makanya sekarang concern banget ngebersihin muka kalau habis berpergian, jadi aku milih pake Micellar Cleansing Water dari Garnier yang kebenaran punya varian untuk kulit wajah yang rentan berjerawat dan di aku produk ini ringan. Cocok deh jadinya, kayak cuci muka pakai air doang tapi hasilnya muka jadi bersih karena mampu mengangkat kototran sisa make up.

 

Ertos Facial Treatment

Untuk deep cleaning, aku juga melengkapi rangkaian perawatan kulit dengan Ertos Facial Treatment. Seperti yang aku bilang sebelumnya, aku butuh pembersih muka untuk kulit aku yang rentan berjerawat. Produk ini pun di aku ngak bikin muka kering. Tidak juga langsung memberi efek glowing atau licin kayak porselain, hanya saja bikin muka jadi bersih dan itu cukup buat aku.

Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera 92% Soothing Gel

Apakah ada yang mulai mikir, kok skin care yang aku pakai populer banget? Iya Mak, aku orangnya suka coba-coba apa aja yang direkomendasiin beauty blogger/vlogger.*korban iklan* Tapi kalau dicoba dan nggak cocok ya aku kasih ke orang. Nah, smoothing gel satu ini ternyata cukup melembabkan muka. Jadi, membantu sekali untuk pinggiran hidung atau bibir aku yang kadang kering. Terus aku makenya abis shalat subuh aja. Soalnya pernah aku pakai sebelum tidur dan dibiarkan sampai pagi, malah muncul jerawat kecil.

Serum Erto’s

Hihihi… ini bukan postingan iklan ya Mak, tapi ternyata serum itu perlu untuk membantu meremajakan kulit dan aku memutuskan mencoba serum yang satu ini biar rangkaiannya sama dengan pembersih muka. Tapi aku belum bisa bilang hasilnya gimana karena baru dicoba dua hari. Pastinya saat dipakai pertama kali di wajah, bikin lembab aja dan gak lengket. Jadi, aku lanjutin makainya. Next time, aku bikin bahasannya lengkap deh.

Itu dia Mak, rangkaian skin care yang aku pakai untuk perawatan kecantikan sehari-hari. Cukup bikin nyaman di wajahku. Terus, buat make up-nya apa nih?

Aku sih nggak pandai ngelenong. Ngelukis alis aja nggak bisa dan nggak pernah. Jadi aku nggak punya pensil alis. Eyeliner dan maskara juga pakainya jarang-jarang banget. Susah dan ribet buat aku. So, ini nih Mak 3 kosmetik andalan aku sehari-hari terutama di bulan puasa agar tetap cantik di bulan Ramadan.

Cantik dan Sehat Selama Berpuasa

My Daily Make Up

 

Tetap Cantik di Bulan Ramadan

  1. Sariayu Pelembab Mawar

Ini aku pakai saat pagi hari saja. Lagi-lagi biar pinggiran hidung dan bibir enggak kering. Lumayan membantu juga dengan aroma yang wangi.

  1. Wardah Acne Face Powder

Kalau muka berjerawat, katanya dianjurkan pakai bedak tabur. Jadi aku milih Wardah karena dia ada varian bedak tabur untuk muka yang berjerawat dan ini ngebantu banget buat cover muka biar jadi lebih fresh. Iya, aku nggak pakai foundation atau apa, soalnya lagi-lagi bikin muka jerawatan.

  1. Purbasari Matte Lipstic

Terakhir nih senjata andalan aku ya lipstik. Pilihan aku jatuhnya di lipstik purbasari yang matte, sebab lumayan tahan lama di bibir aku. Buat aku yang kadang malas touch up make up, lipstik ini ngebantu banget karena bisa tahan sampai siang. Favorit aku saat ini yang nomor EC88, Amethyst. Merahnya agak ke oranye gitu dan di bibir aku jadinya natural aja.

Sudah kayak beauty blogger belum nih Mak bahasannya? Kalau belum, aku tambahin nih tips lainnya agar tetap cantik di bulan ramadan ala aku.

 

Tips Perawatan Kecantikan Sehari-hari Agar Tetap Cantik di Bulan Ramadan

  1. Minum air putih yang cukup, meskipun setelah berbuka sampai makan sahur agar tubuh tidak dehidrasi.
  2. Usahakan tidur yang berkualitas, meskipun durasinya tidak lama karena di bulan ramadan biasanya jam tidur kita berkurang.
  3. Lakukan olahraga ringan di pagi hari agar tubuh tetap bugar.
  4. Manfaatkan rendaman teh basi (teh yang direndam semalaman) sebagai scrub alami untuk mencerahkan wajah.
  5. Perbanyak senyum dan beribadahh, hal ini biasanya ampuh sebagai mood booster untuk mengawali hari.

Nah, itulah daily skin care, make up dan tips aku agar tetap cantik di bulan ramadan. Sebenarnya rangkaian perawatan wajah dan kosmetik tersebut tiada artinya kalau sebagai emak-emak, kita tidak mempercantik juga kepribadian kita. Bulan Ramadan ini merupakan saat yang tepat untuk memperbaiki kualitas diri. Semoga di sebelas bulan berikutnya kita terbiasa melakukan hal-hal positif yang biasa kita kerjakan di bulan Ramadan ya Mak? Semoga bermanfaat.

***

My Daily Skin Care and Make Up: Perawatan Kecantikan Sehari-hari merupakan post trigger ketiga #KEBloggingCollab dari kelompok Susi Pudjiastuti yang ditulis oleh Dwi Apura Meity, emak blogger yang tinggal di Bengkulu.

Dwi, yang juga seorang guru ini, menuliskan kesehariannya di http://katapura.com