“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185) (Berkah yang hanya ada di bulan Ramadan)

Ramadan adalah bulan penuh berkah. Mungkin Emaks sudah nggak asing dengan kalimat itu ya. Saya pribadi pun mengamininya. Suatu subuh, tiba-tiba saja saya merasa haru dengan dipertemukannya lagi dengan bulan Ramadan. Bukan karena banyak kenikmatan yang Allah berikan saja, tapi juga berkah-berkah yang sesungguhnya saya rasa hanya ada di bulan Ramadan yang belum atau tidak ada di bulan-bulan lainnya.

Berkah apa sajakah itu?

  • Saling maaf memaafkan.

Saat sudah mendekati bulan Ramadan, umumnya masih sering kita jumpai ‘ritual’ saling maaf memaafkan. Di kantor, di sekolah, di lingkungan keluarga dan perumahan, bahkan sampai ke media sosial hampir semua orang berbondong-bondong saling meminta maaf pada keluarga dan kerabat. Adakah yang lebih haru daripada ini?:’) Bukan karena saat itu kita berbuat salah, tapi justru kita menyadari bahwa 11 bulan lainnya barangkali kita telah ‘menumpuk’ dosa yang disengaja maupun tidak pada orang-orang di sekitar kita. Itu sebabnya ‘ritual’ ini sudah menjadi semacam kewajiban setiap akan datang bulan Ramadan.

  • Menahan hawa nafsu

Esensi sesungguhnya dari puasa bukan sekedar menahan lapar dan haus, melainkan hawa nafsu. Ya, di bulan Ramadan inilah kesempatan kita untuk menahan hawa nafsu kita selama satu bulan. Mengistirahatkan lambung kita, pun mengistirahatkan hati, pikiran, dan perilaku kita supaya lebih jernih. Terasa berat kalau dilihat, apalagi ini soal nafsu yang sudah jadi ‘sahabat’ manusia. Tapi kalau tidak belajar dari bulan Ramadan, kapan lagi kita mau dengan senang hati menahan hawa nafsu kita? :’)

  • Ibadah Sunnah menjadi lebih sering

Waktu malam yang seharusnya untuk tidur, harus bangun untuk makan sahur. Waktu yang biasanya dipakai buat sarapan, jadi digunakan untuk sholat dhuha. Waktu malam yang dipakai santai, harus ke masjid untuk tarawih. Masya Allah, di bulan Ramadan inilah ibadah-ibadah sunnah itu jadi lebih hidup. Ini salah satu berkah yang hanya ada di bulan Ramadan.

  • Tadarus Qur’an lebih banyak

Waktu-waktu yang kosong jadi kita pakai untuk tadarus Al-Qur’an. Demi mengejar target khataman di bulan Ramadan. Belum lagi di lingkungan rumah ada suara tadarus A;-Qur’an yang selalu menggema, menyemarakkan hari-hari di bulan puasa kita.

  • Silaturahmi dan berbagi

Bulan Ramadan juga bulannya berbagi. Di bulan ini kita menjadi lebih sering silaturahmi dengan kerabat di acara buka bersama. Berbagi rezeki di panti-panti asuhan, jompo, atau di sekitar lingkungan fakir miskin. Di bulan ini semua menjadi lebih dekat karena hasrat pertemuan dan keinginan berbagi menjadi lebih besar. Bahagianya berbagi, berkah yang hanya ada di bulan Ramadan.

Buy One Get More, Berbagi Ala Bulan Ramadan

Wah, 5 keberkahan yang rasanya hanya ada di bulan Ramadan saja ya Maks :’)

Keberkahan-keberkahan itulah yang mengajari kita untuk menjadi lebih baik di bulan-bulan setelah Ramadan. Dan sejatinya memang itulah esensi dari bulan Ramadan. Menjadikan kita lebih baik, setelah sebulan penuh menahan hawa nafsu, yang diharapkan menjadikan kita orang-orang yang bertaqwa. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Semoga segala amal ibadah kita di bulan Ramadan kali ini diterima Allah SWT ya Maks. Dan menjadi berkah yang baik untuk kita semua.

Kalau Emaks, berkah apa saja nih yang dirasakan dari bulan Ramadan? Boleh sharing ya.

***

Berkah yang Hanya Ada di Bulan Ramadan merupakan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Nila F. Moeloek yang ditulis oleh Ade Delina Putri.

Tulisan-tulisan Ade lainnya bisa dibaca di blog: www.sohibunnisa.com
Keseharian Ade bisa dilihat di media sosial:
Instagram: @adedelinaputri

Twitter: @adedelinaputri

Facebook: Ade Delina Putri