Browsing Tag

refleksi

Refleksi By On June 5, 2018

Berkah yang Hanya Ada di Bulan Ramadan

“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185) (Berkah yang hanya ada di bulan Ramadan) Ramadan adalah bulan penuh berkah. Mungkin Emaks sudah nggak asing dengan kalimat itu ya. Saya pribadi pun mengamininya. Suatu subuh, tiba-tiba saja…

Refleksi By On May 18, 2018

Kunci Keuangan Keluarga yang Sehat: Perempuan!

Kita semua maklum, uang merupakan sesuatu yang sensitif. Demi uang orang akan melakukan apa pun. Bahkan bisa dibilang, uang dapat memperbudak manusia. Namun terlepas dari semua itu, untuk hidup, uang memang sangat kita butuhkan. Kita harus bisa mengatur uang, terutama keuangan keluarga. Uang yang telah kita peroleh semestinya dapat dikelola agar mencukupi kebutuhan keluarga. Dalam proses mengatur keuangan dalam keluarga,…

Refleksi By On May 14, 2018

Sambel Politik! Emak-emak Bicara Politik

Emak-emak bicara politik? Aih, seru. Tahun ini hingga tahun depan, adalah tahun hingar bingar. Pilkabe, eh, Pilkada dihelat di mana-mana. Umbul-umbul, banner, baliho, berisi gambar paslon bupati, walikota, gubernur, mejeng semarak. Yang laki-laki ganteng, atau tampak ganteng, atau tiba-tiba ganteng. Yang perempuan senyum manis, kulit mulus, dan (sebagiannya berpose) intelek. Foto-foto itu tampak istimewa. Berwibawa. Ssst, hati-hati. Jangan tertipu. Nanti menyesal…

Refleksi By On May 12, 2018

Arisan Perekat Silaturahmi?

Kalau dengar atau baca kata arisan, ingatan saya langsung terkoneksi pada film lawas besutan Nia Dinata. Film dengan judul yang singkat padat dan jelas : Arisan! Emak-emak yang dulu nonton, masih ingat ceritanya? Hihi, saya sudah lupa sih detail filmnya. Yang masih saya inget banget dari film itu adalah wajah ganteng Tora Sudiro. Saat itu kan doski masih muda. Arisan,…

Refleksi By On April 24, 2018

Ebook atau Buku Konvensional?

Mak, sudah tahu belum kalau setiap tanggal 23 April diperingati sebagai Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional ?  Berkaitan dengan Hari Buku ini, kira-kira emak suka membaca ebook atau buku konvensional? *** Hari Buku Sedunia pertama kali dirayakan pada tanggal 23 April 2018. Penggagasnya adalah United Nation Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) dengan maksud untuk mempromosikan peran…

Refleksi By On April 19, 2018

Menyikapi Perbedaan dalam Pernikahan

Saat memutuskan menikah dengan seseorang, itu artinya telah siap dengan segala konsekuensinya. Menerima orang tersebut sebagai pasangan  dengan sepaket kelebihan dan tentu juga kekurangannya. Siap dengan segala permasalahan yang akan dihadapi dalam rumah tangga. Serta belajar untuk menyikapi perbedaan dalam pernikahan yang akan ditemui dengan pasangan. Seperti kata Asma Nadia “Pernikahan adalah tempat kita menyimpan amarah dan duka, juga tempat…

Refleksi By On April 17, 2018

Pengaruh Buku Bacaan Terhadap Pola Pikir

Apa yang kita baca mencerminkan siapa diri kita. Mengapa demikian? Karena buku yang kita baca membentuk pola pikir kita; memengaruhi gaya bahasa kita. Apa saja pengaruh buku bacaan terhadap kita? Saya amat menyukai buku-buku sejarah, baik fiksi sejarah maupun buku teks. Selama isinya tentang sejarah, saya siap melahapnya sampai tuntas. Sejarah memberi pemahaman menyeluruh tentang peristiwa yang terjadi. Dengan membaca…

Refleksi By On April 16, 2018

Siapkah Jadi Kartini Zaman Sekarang?

Bulan April, identik dengan hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April. Dari cita-cita Kartini tentang kesetaraan hidup kaum perempuan, di era digital ini banyak sekali perempuan-perempuan Indonesia, yang memulai sesuatu dari rumah dan sukses. Mereka-mereka ini bisa dikatakan sebagai pengejawantahan Kartini Zaman Sekarang. Kartini, sebagai tokoh emansipasi perempuan, yang memperjuangkan hak-hak para perempuan dan selalu berusaha menyetarakan kehidupan perempuan pada saat…

Refleksi By On January 26, 2018

Belajar Cinta di Kampus Pernikahan

Proses belajar tidak memiliki akhir, itu prinsip yang saya pegang sehari-hari. Ketika kita lulus sekolah, kita belajar jadi anak kuliahan. Ketika kita lulus kuliah, kita belajar jadi karyawan/entrepreneur.  Saat menikah pun, kita belajar jadi partner. Begitu pun dengan yang sedang saya jalani sekarang, belajar cinta di kampus pernikahan. Meski kami sudah berpacaran selama 5,5 tahun, sebelum menikah di bulan September…

Refleksi By On October 31, 2017

Mencintai Suami yang Lebih Muda? Ini Tipsnya

Cara Mencintai Suami yang Lebih Muda – Perkara jodoh memang sudah ada yang atur. Dengan siapa kita berjodoh, memang sudah ditentukan. Baik dengan suami yang kaya, atau yang pandai . Bahkan yang berkulit hitam atau putih, memang kalo berjodoh ya harus diterima. Begitupun yang saya rasakan. Alhamdulillah dipertemukan dengan sosok suami yang bijaksana dan bertanggung jawab. Namun, ada kondisi yang harus…

Refleksi By On October 18, 2017

Persahabatan Setelah Menikah, Yay or Nay?

Akhir-akhir ini sepertinya lagi musim reuni ya, selain musim rambutan, durian, musim hujan dan lainnya. Mulai dari reuni  teman kampus, teman SMA, teman SMP, teman SD, untungnya gak sampai reuni teman TK sih. Saya mah gak pake TK dulu Mak, jadi ga ada reuni TK. Yaah ketahuan deh generasi tahun berapa. Ngobrolin soal reuni, pasti kesannya beragam. Ada serunya karena…

Refleksi By On October 6, 2017

Love Our Self: Menghargai Diri Sendiri

Emak, pernahkah ada dalam suatu kondisi dimana emak mengalami hal-hal dalam hidup (tentang pekerjaan, pernikahan, dan sebagainya) yang membuat emak merasa sangat membenci diri sendiri? Emak selalu menyalahkan diri sendiri karena apa yang dilakukan rasanya selalu tidak benar, padahal emak belum tentu salah? Love our self yuk! Mari kita berhenti membenci dan menyalahkan diri sendiri, mak. Mari kita mencintai diri…