Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri akan tiba. Sebagai ibu rumah tangga tentunya banyak sekali yang disiapkan saat menjelang lebaran, apalagi saat subuh hari menjelang sholat Idul Fitri. Sibuk ngurus ini itu, penampilan kita jarang diperhatikan, malas dandan apalagi kalau harus dandan lama dengan langkah-langkah yang ribet. Untuk Lebaran nanti, aku akan berbagi tutorial makeup untuk Hari Raya Idul Fitri, dengan langkah-langkah yang simple, mudah diikuti dan paling lama 30 menit sudah selesai.

Untuk tutorial makeup untuk Hari Raya ini, aku tidak menggunakan eyeliner dan bulu mata palsu, apalagi untuk ibu-ibu yang belum terbiasa bermake up akan susah untuk menggunakannya.

Yuk Dibaca: Tetap Cantik di Bulan Ramadan

Makeup untuk Hari Raya Idul Fitri, aku akan menggunakan antara lain:

  1. Primer / Makeup Base

Makeup base diperlukan agar riasan wajah kita bisa menempel sempurna dan awet, tidak luntur walau pun kena keringat saat lebaran nanti. Make up base digunakan setelah pemakaian serum dan pelembab wajah yang biasa kita pakai, dan sebelum pemakaian foundation/alas bedak. Bentuknya biasanya berupa cairan , gel atau ada pula yang berbentuk spray.

Make Up untuk Hari Raya

 

  1. Foundation/Alas Bedak

Alas bedak digunakan setelah makeu p base atau primer. Gunanya untuk menutupi noda-noda di wajah seperti bekas jerawat, noda hitam, kemerahan atau bisa juga untuk menutupi keriput. Pilihlah alas bedak yang warnanya hampir sama dengan warna  kulit asli wajah kita, jangan sampai nanti wajah terlihat terlalu putih atau terlalu hitam. Biasanya warnanya satu tingkat lebih terang dari kulit asli wajah kita. Bentuk dari alas bedak ada yang cair, cream padat, dan juga spray, untuk pemakaian yang lebih aman dan cocok untuk kulit di usia 35 tahun ke atas sebaiknya menggunakan alas bedak yang cair saja.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Bedak

Untuk bedak, ada 2 jenis yaitu bedak padat dan bedak tabur, biasanya untuk make up yang lebih coverage, menggunakan keduanya, bedak tabur lalu bedak padat, tetapi untuk tutorial kali ini aku hanya menggunakan padat, karena untuk makeup Lebaran kita dituntut untuk make up dengan cepat.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Shading dan Eyeshadow

Untuk Eyeshadow pada tutorial kali ini, aku hanya menggunakan menggunakan 2 warna eyeshadow, yaitu coklat tua dan vanilla, agar lebih mudah diikuti dan lebih efisien. Alasan lainnya adalah untuk yang tidak mempunyai shading wajah, bisa juga menggunakan eyeshadow warna coklat tua, jadi tidak perlu harus membeli shading khusus untuk wajah.

Pasti ada yang belum tahu apa sih shading itu? Shading itu digunakan untuk mengcountur wajah, digunakan untuk memberi ilusi pada wajah, sepeti membentuk tulang pipi, tulang hidung, bahkan untuk menutupi rahang atau pipi yang yang tembem agar terlihat lebih tirus.

  1. Blush On

Blush on gunanya untuk membuat wajah terlihat lebih segar dan juga dapat memberi efek lebih tirus dengan penempatan yang tepat.

  1. Mascara

Mascara digunakan untuk membuat bulumata terlihat lebih tebal dan lentik.

  1. Lipstick

Lipstick digunakan untuk membuat wajah kita terlihat tidak pucat, dan untuk lebih menyempurnakan tampilan riasan wajah kita. Pilihlah warna lipstick yang sesuai, tentu saja yang warnanya ibu-ibu sukai. Untuk yang mempunyai bibir kering jangan lupa gunakan pelembab bibir atau lipbalm sebelum menggunakan lipstick.

Make Up untuk Hari Raya

 

Oke, sekarang kita langsung mulai saja langkah-langkah make up untuk Hari Raya Idul Fitri :

  1. Gunakan Primer/Make up Base pada seluruh wajah dengan rata, tidak perlu banyak-banyak, tipis-tipis saja asal merata ke seluruh wajah.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Gunakan alas bedak/foundation pada seluruh wajah. Letakkan pada wajah berupa titik terlebih dahulu, di bagian dahi, bawah mata, hidung, atas bibir, dagu, pipi dan buat yang tidak berkerudung, gunakan juga pada bagian leher, lalu ratakan dengan menggunakan kuas foundation, atau sponge foundation yang lembab, atau kalau tidak punya kuas dan foundation boleh juga menggunakan jari-jari tangan.

 

Make Up untuk Hari Raya

  1. Setelah alas bedak merata pada seluruh wajah, gunakan bedak padat menggunakan kuas besar pada seluruh wajah. Kalau tidak ada kuas boleh menggunakan sponge bedak, dan pastikan bedak menempel dengan sempurna pada wajah.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Gunakan shading pada bagian pipi dan hidung. Untuk menggunakan shading, cara penggunaanya bisa dilihat pada gambar, Sebaiknya menggunakannya tipis-tipis saja agar tidak terlihat tebal, untuk bagian hidung gunakan kuas kecil dengan ujung rata, untuk bagian pipi dan lainnya gunakan kuas agak besar dengan ujung miring. Shading bisa menggunakan shding khusus berbentuk powder, biasanya warnanya coklat tua, atau bisa juga menggunakan eyeshadow warna coklat tua yang matte.

Untuk bagian hidung dimulai dari bagian atas ke bawah. Untuk bagian pipi, dimulai dari telinga bagian atas, mengarah menuju ujung bibir. Untuk yang dahinya agak lebar bisa juga diberi shading , dan untuk membuat kesan tirus, beri juga shading pada bagian daerah rahang.

  1. Beri Blush on pada bagian atas shading pipi. Cara menggunakannya sama dengan shading dari arah telinga menuju ke hidung, dengan menggunakan kuas.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Alis

Sikat dulu bulu-bulu alis menggunakan sikat alis. Lalu buat frame alis bagian bawah, 1 garis melengkung, sesuai dengan karakter masing-masing wajah.

Frame alis bagian atas, ujungnya menyatu dengan ujung frame alis bagian bawah. Isi bagian tengah alis secara merata. Lalu sikat kembali ujung alis bagian dalam saja, agar alis terlihat natural. Kerjakan langkah yang sama pada alis sebelahnya.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Eyeshadow

Gunakan eyeshadow warna coklat tua pada bagian sudut mata bagian luar, membentuk segitiga. Juga pada bagian eyeliner bawah bagian luar sampai 1/3 bagian eyeliner bawah. Lalu beri eyeshadow warna vanilla pada bagian kelopak mata dan sudut mata bagian dalam, juga eyeliner bawah yang tadi tidak terisi oleh eyeshadow coklat tua.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Mascara

Beri mascara pada bulumata, untuk mendapat hasil yang lebih maksimal. Ulangi proses menggunakan mascara 2 sampai 3 kali. Sebelum diulang, pastikan mascara yang sebelumnya kering dulu.

  1. Lipstick

Gunakan lipstick favorit . Pastikan bibir dalam keadaan lembab, apabila bibir mengalami kekeringan , gunakan lipbalm terlebih dahulu.

Make Up untuk Hari Raya

  1. Final Look Makeup untuk Hari Raya

 

Make Up untuk Hari Raya

 

Nah demikian tutorial makeup untuk Hari Raya Idul Fitri yang simple. Semoga langkah-langkahnya mudah diikuti ya.

Selamat menjalan ibadah puasa, semoga ibadah kita di bulan Ramadhn kali ini mengalami peningkatan dari sebelumnya.

***

Makeup untuk Hari Raya Idul Fitri yang Simple, merupakan post trigger #KEBloggingCollab dari kelompok Butet Manurung, yang ditulis oleh Edelyne Veronia Oehmke, emak blogger yang tinggal di Cimahi.

Tips-tips make up atau pun kecantikan, bisa dibaca di blog Edelyne di http://www.everonia.com