Tak terasa sudah memasuki minggu terakhir bulan Ramadan 2018. Sebentar lagi kita akan merayakan Hari Raya Idul Fitri, di mana kita bisa bermaaf-maafan dan berkumpul bersama keluarga. Di tahun ini, sehabis libur lebaran, ada libur akhir semester atau liburan sekolah. Liburan yang panjang. Sangat menyenangkan bagi yang ingin menikmati libur dengan bepergian. Tapi, kita tetap bisa juga menikmati liburan tanpa bepergian lho. Karena banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan tanpa traveling.

Sedikit berbeda dengan yang lain itu tidak masalah, kan? Ada alasan juga mengapa saya kurang sreg kalau jalan-jalan pas jadwal libur panjang. Saya trauma, waktu itu libur lebaran saya pergi ke salah satu pantai di selatan Pulau Jawa, ternyata pengunjungnya luar biasa padatnya. Saya kurang menikmati liburan tersebut. Untuk itu, saya mengganti waktu libur untuk hal-hal lain yang mungkin bisa bermanfaat.

Liburan Impian

 

Hal-hal berikut merupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan selain traveling :

  • Silaturahmi atau Berkunjung ke Rumah Saudara

Ini sangat cocok bagi yang kesehariannya sibuk. Pasalnya, dari pagi hingga sore disibukkan dengan berbagai pekerjaan. Sampai rumah sudah petang bahkan malam. Jarang sekali berkunjung ke rumah saudara, bahkan sama tetangga sendiri seringnya saya hanya say hello pas pagi-pagi beli sayuran di tukang sayur keliling. Momen libur panjang bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi rumah saudara yang jarang kita temui. Dengan menyambung silaturahmi InsyaAllah, kita juga mendapatkan berkah dan kebaikan.

  • Bercocok Tanam

Bukan harus bercocok tanam di sawah melainkan bisa menanam beberapa tanaman hias atau obat di sekitar rumah. Ini sangat baik bagi kita yang ingin melewatkan liburan panjang tanpa harus pergi untuk traveling. Bisa bercocok tanam langsung dengan tanah atau dengan sistem bioflokyang saat ini sedang ngetrend. Selain membuat pikiran kita tenang, bercocok tanam juga merupakan salah satu cara untuk mengurangi pemanasan pada sekitar rumah. Ketika tanaman sudah tumbuh aroma sejuk dan segar akan menyebar. Kita jadinya semakin nyaman di rumah.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Liburan

 

  • Memasak

Mencoba membuat menu dan kreasi baru merupakan hal yang menyenangkan di dapur. Saya rutin seminggu sekali berkutat seharian di dapur. Mencoba membuat makanan dengan resep yang berbeda dan menyajikan untuk keluarga. Hal kecil itu bisa menjadikan kita semakin erat dengan keluarga juga. Dan tentunya menambah ilmu kita dalam hal masak-memasak meski belum semahir chef. 😀

Kalau sudah mentok malas berbuat apa-apa, sebaiknya kita jangan hanya makan dan tiduran melulu saat liburan. Ada baiknya untuk mengasah kemampuan menulis. Bisa menulis di blog atau menulis di buku catatan harian pribadi masing-masing. Karena menulis merupakan terapi jiwa, dengan menulis kita mampu melepaskan ketegangan dan merilekskan pikiran.

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Liburan

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat liburan untuk mengganti jalan-jalan di waktu libur panjang. Hal tersebut hanya sebagian kecilnya saja, karena masih banyak hal-hal yang bermanfaat yang bisa kita lakukan untuk menikmati liburan. Semoga liburan nanti kita mampu menikmatinya dengan baik.

***

Kegiatan yang Bisa Dilakukan Saat Liburan Tanpa Traveling merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Anne Avantie yang ditulis oleh Eri Udiyawati, emak blogger asal Purbalingga, Jawa Tengah.

Tulisan-tulisan Eri bisa dibaca di web: www.erycorners.com