Setelah berbagi tip belanja produks kecantikan dengan bujet yang terbatas di tulisan saya beberapa minggu yang lalu, sekarang saya mau bahas salah satu poin yang lebih detail nih. Poin yang akan kali ini saya bahas adalah tips belanja berdasarkan tempat belanjanya, yaitu belanja produk kecantikan secara offline dan online.

Disimak ya!

 

Belanja Produk Kecantikan secara Offline

Berbelanja produk kecantikan secara offline atau belanja dengan cara langsung mendatangi toko memang punya kelebihan, antara lain bisa melihat langsung sekaligus mencoba produknya sebelum membeli. Dengan datang secara langsung juga kita bisa bertanya langsung kepada Beauty Advisor-nya jika kita masih bingung menentukan produk apa yang mau dibeli.

Namun cara belanja secara langsung ke toko ini juga ada kekurangannya, terutama untuk orang-orang yang mudah terayu akan rayuan Beauty Advisor, promo menarik, dan juga yang suka lapar mata saja.

Belanja Produk Kecantikan

Untuk itu, saya sarankan jika berbelanja produk kecantikan secara offline harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum datang ke toko. Balik lagi ke tip saya di tulisan sebelumnya, kita harus tahu dulu apa kebutuhannya. Lalu cari review produknya. Baru kita ke toko untuk memastikan bahwa produk ini memang sesuai dengan ekspektasi dengan cara mencoba dari testernya.

Setelah itu teguhkan hati dan mantap menolak rayuan untuk membeli produk yang lain. Kalau bisa jangan lama-lama berada di dalam toko karena semakin lama akan semakin terpengaruh untuk membeli produk yang sebenarnya belum tentu kita butuhkan.

Oh iya, jangan lupa tanyakan pada bagian kasir apakah toko tersebut punya kartu berlangganan atau bisa menaruh alamat email supaya kita bisa tahu segera jika ada promo-promo menarik yang diberikan dari toko tersebut.

Baca juga: Tips Berbelanja Produks Kecantikan Anti Boros

Belanja Produk Kecantikan secara Online

Ini dia cara belanja yang paling favorit buat saya. Karena tidak perlu merasa tidak enak ditungguin Beauty Advisor atau SPG saat memilih produk kecantikan yang akan dibeli.

Lagi pula belanja online memungkinkan saya untuk mengetahui harga terbaik dari setiap toko online yang ada. Dengan begitu, besar kemungkinan saya akan mendapatkan harga yang paling masuk bujet.

Cuma memang kekurangannya adalah kita tidak bisa mencoba produk yang akan kita beli dahulu. Memang model belanja online ini paling pas untuk pembelian kedua dan seterusnya karena kita sudah tahu kualitas produk sebelumnya.

Tapi kalau masih tetap ingin belanja secara online karena keterbatasan waktu dan lokasi, sebenarnya kita bisa mengandalkan review produk kecantikan yang beredar di dunia maya. Dari mulai beauty blog, beauty review di website-website terpercaya, dan juga video review di YouTube. Pastikan untuk mengecek review sebanyak-banyaknya sehingga kita benar-benar yakin sebelum membeli produk tersebut.

Belanja Produk Kecantikan

Di beberapa toko online juga kita bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan. Dari mulai diskon, free ongkir, sampai bonus-bonus lain yang tentunya akan menguntungkan kita.

Saran saya untuk cari tahu toko yang terpercaya, memiliki reputasi baik, dan sudah banyak melakukan penjualan. Dengan begitu kita tidak akan ragu lagi saat melakukan pembelian.

**

Sampai sejauh ini saya masih banyak menggunakan tipe belanja secara online karena alasan malas jalan ke toko dan lebih hemat kalau belanja online di rumah. Makanya email saya terkadang penuh newsletter dari toko-toko online. Tapi senang-senang aja karena bisa jadi orang pertama yang tahu ada promo menarik.

Kalau Emak-Emak sendiri lebih senang belanja produk kecantikan di mana? Apakah secara online atau offline? Share dong, Mak, di kolom komentar 😊

 

****

Lia Harahap