Bagi sebagian besar orang, penampilan merupakan hal penting. Banyak orang rela mengeluarkan biaya yang mahal demi mendapatkan penampilan sempurna sesuai dengan yang mereka inginkan. Tetapi kadang muncul masalah-masalah tak terduga yang mengganggu penampilan. Seperti munculnya lingkaran hitam di bagian bawah mata atau yang biasa disebut dengan kantung mata. Bikin penampilan kita jadi kurang pede. Gemes banget jadinya, pengin tahu cara menghilangkan kantung mata yang paling jitu. Iya nggak, Mak?

Bagi Emak yang gemes dengan kantung mata dan ingin mengempaskan jauh-jauh, kali ini kita akan membahas tentang tips dan cara  menghilangkan kantung mata agar penampilan Emaks kembali cetar memesona.

 

Cara Menghilangkan Kantung Mata Biar Penampilan Pede

 

  1. Kompres dengan kantong teh

Bagi sebagian orang, teh mungkin hanya dimanfaatkan untuk membuat minuman segar. Akan tetapi siapa sangka, bubuk teh ternyata juga bisa jadi cara menghilangkan kantung mata yang jitu lo.

Kandungan kafein di dalam teh mampu menjadi antioksidan dan memperlancar aliran darah dalam tubuh. Selain itu, kafein juga dipercaya juga bisa menjaga kulit dari paparan sinar UV sekaligus menjadi antiaging alami untuk tubuh.

Cara menghilangkan kantung mata dengan teh ini ada beberapa langkah. Pertama rendam dua buah kantong teh dalam air hangat selama 3-5 menit. Setelah itu angkat dan simpan di dalam kulkas selama 20 menit. Langkah terakhir Emak tinggal memeras ekstra teh yang ada di dalam kantong tersebut dan mengoleskannya di bawah mata secara merata. Diamkan selama 15-20 menit, baru dibilas sampai bersih.

 

  1. Menggunakan Kompres Dingin

Masalah kantung mata memang sangat mengganggu penampilan terutama bagi kita kaum hawa. Berbagai perawatan dilakukan untuk menghilangkan masalah tersebut termasuk melakukan perawan di klinik yang mahal.

Namun, tahukah Emas kalau cara menghilangkan kantung mata itu juga bisa  dengan cara sederhana? Salah satunya dengan mengompres mata dengan sesuatu yang dingin seperti es batu.

Cara lainnya adalah Emak bisa menggunakan sendok yang telah dimasukkan di dalam kulkas untuk mengompres mata. Bisa pula menggunakan mentimun dingin, kain lap basah, ataupun aneka sayuran beku lainnya.

Sebelum digunakan untuk mengompres mata, pastikan Emaks membungkus atau mengalasi dengan kain yang lembut untuk melindungi kulit agar tidak terlalu dingin. Cukup tempelkan kompres tersebut 5 – 10 menit dan lakukan secara rutin minimal seminggu sekali ya.

 

  1. Hindari Dehidrasi

Tubuh manusia terdiri dari 60% lebih adalah air. Hal ini yang membuat manusia minimal harus minum 2 liter air dalam sehari. Jika kurang, tubuh akan kekurangan cairan dan bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Selain masalah kesehatan, kekurangan cairan ternyata juga berpengaruh terhadap kecantikan. Salah satunya adalah munculnya kantung mata.

Untuk menghindari hal tersebut, Emak harus pastikan cukup minum air. Kurang suka dengan air putih? Bukan masalah, kEmak bisa menambahkan potongan buah-buahan, atau sekalian menggantinya dengan air teh tawar jika perlu.

Jadi tak ada alasan lagi untuk tidak minum air putih kan?

 

  1. Minum Obat Antihistamin

Salah satu penyebab munculnya kantung mata bisa jadi karena Emak mengalami alergi sehingga mata menjadi bengkak. Hal ini jika dibarengi dengan rasa gatal dan perih di area sekitar mata.

Sebelum memutuskan untuk meminum obat antihistamin, ada baiknya Emak konsultasi dulu ke dokter untuk memastikan apakah itu alergi atau bukan. Setelah memastikan penyebabnya, barulah bisa meminum obat antihistamin yang pastinya sesuai dengan anjuran dokter.

Baca Yuk: Mencoba Produk Kosmetik

 

  1. Gunakan Krim Retinol

Krim Retinol dikenal sebagai obat untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Beberapa di antaranya adalah mengatasi jerawat, psoriasis, penuan bahkan sampai gejala kanker kulit. Hal ini karena krim retinol kaya akan vitamin A yang sangat dibutuhkan oleh kulit.

Nah, bagaimana cara krim retinol bisa membantu mengatasi masalah kantung mata? Ketika diaplikasikan ke kulit, krim ini dapat meningkatkan jumlah kolagen yang bagus untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit. Apabila dioleskan ke bagian bawah mata secara rutin, krim ini bisa membantu menghilangkan kantung mata atau lingkaran hitam di mata itu loh.

Sebelum menggunakan krim retinol ini, pastikan Emak sudah mencuci muka terlebih dahulu sekitar 30 menit sebelum mengoleskannya. Yang perlu diperhatikan, krim retinol ini tidak disarankan untuk dipakai oleh ibu hamil atau menyusui ya.

 

Menghilangkan Kantung Mata

  1. Gunakan Produk Pencerah

Krim pemutih kulit mengandung bahan yang disebut hydroquinone. Bahan ini bisa mengurai produksi melanin di kulit sehingga dapat membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Banyak produk pencerah  kulit yang bisa didapatkan dengan mudah di toko-toko kosmetik. Akan tetapi, rata-rata produk tersebut hanya mengandung 2 persen hydroquinone. Jadi apabila Emak menginginkan hasil yang cepat, bisa meminta resep dokter untuk mendapatkan krim dengan kadar hydroquinone yang lebih tinggi.

Yang perlu Emak perhatikan, kandungan hydroquinone pada krim pencerah kulit, kurang bisa bekerja maksimal jika terkenal paparan sinar matahari. Maka dari itu, ada baiknya  menggunakan krim ini saat malam hari saja ya supaya bisa bekerja dengan maksimal.

 

  1. Gunakan Tabir Surya Setiap Hari

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, sangat berbahaya bagi kulit terutama wajah. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kulit belang, penuaan dini, bahkan yang paling parah bisa menyebabkan kanker kulit.

Menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan bisa sangat membantu untuk mengurangi bahaya sinar ultraviolet. Begitupun dengan kantung mata yang juga bisa dihilangkan dengan rutin mengoleskan tabir surya pada bagian mata yang hitam tersebut.

American Academy of Dematology menyarankan agar kita memakai tabir surya setiap untuk menghindari paparan sinar UVA dan UVB yang sangat berbahaya untuk kulit. Emak bisa menggunakan tabir surya dengan SPF 30 yang banyak dijual di toko-toko kosmetik

 

  1. Makanlah Makanan yang Kaya Akan Kolagen dan Vitamin C

Satu lagi cara mengilangkan kantung mata adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan kolagen. Seperti yang Emak tahu, kantung mata bisa muncul karena beberapa faktor, termasuk faktor usia.

Seiring bertambahnya usia, otot dan jaringan yang menopang mata Emak akan melemah. Ini artinya, kulit Emak akan nampak melorot, termasuk bagian di sekitar mata. Jika sudah begini, mau tak mau harus meningkatkan konsumsi kolagen dan vitamin C untuk memperbaikinya.

Sumber vitamin C bisa Emak dapat dari beberapa buah dan sayuran seperti jeruk, paprika merah, kubis, kubis brussel, brokoli dan juga strowberi. Selain itu, konsumsi asam amino juga bisa membantu produksi kolagen yang juga bagus untuk kesehatan kulit lo.

 

Itulah beberapa cara menghilangkan kantung mata atau lingkaran hitam di bawah mata yang bisa Emak coba.

Kita semua tahu kan ya, kalau kantung mata itu sangat mengganggu penampilan. Wajah jadi keliatan capek sehingga terlihat kurang menarik.

Yuk, mulai sekarang rajin-rajin menjaga kesehatan kulit wajah dan mata agar terhindar dari teror mata panda itu.

 

***

Khusnul Hidayah