Resep Banana Bread Enak

Halo, Mak! Suka buah pisang, nggak? Aku sukaaa, baik itu dimakan langsung atau dijadikan aneka olahan pisang, semuanya mauu!

Olahan dari pisang memang banyak ya, bisa dijadikan selai, keripik, tepung pisang atau dibuat kue seperti  banana cake, banana brownies, banana muffin, banana bread (untuk yang dipanggang). Selain itu bisa dijadikan kolak, dikukus dan bisa juga digoreng jadi donat pisang, pisang goreng dll, duh ini kalo dijembrengin satu-satu bisa banyaaaaaaak banget hahaha.

Beberapa hari lalu, di depan rumah, ada bapak tua yang jual pisang. Kulihat pisangnya bagus-bagus, cuma ukurannya nggak seberapa gede sih, langsung aku beli 2 sisir. Udah matang, jadi bisa langsung dimakan hari itu, rasanya manis. Hhhhm langsung deh mikir, kayaknya dibikin banana bread enak kali ya, aku belum pernah bikin.

Eiiits, ini bukan banana bread (roti pisang) yang seperti biasa, yang roti terus di dalamnya ada isian pisangnya, bukan ituuu. Kalo itu aku sudah pernah bikin. Nah yang banana bread yang kumaksud ini yang tampilannya mirip dengan banana cake. Kenapa nggak disebut cake aja malah disebut bread (roti)? Yaa, nggak tau juga sih, itu orang luar sono nyebutnya bread, ya kita manut aja deh *langsung ditimpuk Emak2 😀

Apa bedanya Banana Bread dan Banana Cake?

Nah ini nih, sebetulnya mirip, cuma beda dikit di teksturnya karena cara pembuatannya juga beda.

 

Banana cake

  • Banana cake biasanya dibuat memakai mixer sehingga  teksturnya lebih ringan, lembab dan lembut.
  • Biasanya menggunakan tepung protein sedang hingga tepung protein rendah.
  • Rasanya lebih manis, biasanya disajikan dengan glaze atau frosting di permukaannya.
  • Umumnya tidak disajikan untuk sarapan *eh tapi kalo mau dibikin buat sarapan ya sah-sah aja sih 😀

Banana Bread

 

 

Resep Banana Bread Enak

 

  • Banana bread  biasanya dipanggang memakai loyang loaf, loyang yang biasanya dipakai untuk roti tawar, jadi bentuknya juga mirip dengan roti tawar. Mungkin ini salah satu alasan kenapa dinamakan ‘roti’.
  • Cara pembuatannya lebih sederhana dan gampang, cukup dicampur dan aduk saja tanpa mixer. Kemampuan mengembangnya hanya tergantung pada baking powder dan baking soda yang digunakan.
  • Menggunakan lebih banyak pisang dan sedikit gula.
  • Teksturnya lebih padat dan lebih mengenyangkan.
  • Tanpa frosting, biasanya disajikan sebagai sarapan.

 

Banana muffin cara pembuatannya sama dengan banana bread, yaitu cuma dicampur dan aduk aja adonannya. Yang membedakan mungkin dari cetakannya. Disebut banana muffin karena adonan dimasukkan dalam cetakan muffin *kesimpulan sendiri 😀

Hhhm apa lagi ya bedanya? Silahkan tambahkan di komen ya kalo Emak tau.

Gimana Mak, masih bingung ya?

Ah, daripada pusing dengan nama ‘bread’ dan ‘cake’, lebih baik cobain aja bikin keduanya dan bandingkan, ntar bakalan tau deh bedanya dimana hehe.

Ini resepnya aku pakai resep dari mbak Endang JTT ya, kutulis resepnya di bawah ini.

Resep Banana Bread Enak

 

Resep Banana Bread Enak

Untuk loyang ukuran 12 x 23 x 10

Bahan:

220 gr tepung terigu protein sedang

2 sdm susu bubuk

1 sdt baking powder double acting

½ sdt baking soda

½ sdt garam

2 butir kuning telur

230 gr pisang ambon/hijau/sunpride

160 gr gula pasir

75 ml mentega/margarin cair

2 butir putih telur

125 gr dark cooking chocolate, potong dadu

Cara membuat:

  1. Siapkan oven dengan suhu 170’C. Siapkan loyang, alasi dengan kertas baking, sisakan kertas menjulur sedikit keluar loyang agar roti mudah ditarik saat telah matang. Sisihkan.

2. Ambil wadah, campur tepung terigu, susu bubuk, baking powder, baking soda dan garam. Aduk rata. Sisihkan.

3. Siapkan wadah lainnya, masukkan kuning telur, pisang dan gula. Hancurkan dengan garpu hingga pisang lumat. Masukkan mentega/margarin cair, aduk rata.

4. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan pisang dengan cara diayak langsung di adonan, aduk balik menggunakan spatula hingga tercampur rata.

5. Kocok putih telur hingga soft peak. Masukkan kocokan putih telur ke adonan tadi dalam beberapa tahapan, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. Jangan over mixing, jaga agar putih telur tidak kempes

6. Masukkan potongan cokelat, aduk rata. Tuang ke dalam loyang, letakkan potongan irisan tipis pisang di permukaannya.

7. Panggang pada suhu 170’C sekitar 40 menit (hingga matang). Sesuaikan oven masing-masing.

8. Keluarkan dari oven, diamkan 10 menit di loyang. Keluarkan roti dengan cara menarik kertas baking yang menjulur keluar. Lepaskan kertas. Dinginkan roti dan potong saat sudah dingin.

 

Resep Banana Bread Enak

 

Catatan:

  • Gunakan loyang loaf dan alasi dengan kertas baking sehingga saat roti matang akan mudah untuk mengeluarkannya dari loyang, tinggal tarik kertasnya aja.
  • Gunakan pisang yang sudah matang sehingga rasanya lebih legit. Untuk jenisnya bisa pisang apa saja.
  • Sebenarnya resep banana bread enak ini nggak pakai mixer. Cukup campur dan aduk bahan kering, campur dan aduk bahan basah lalu kedua adonan bahan tadi dicampur, aduk rata dan panggang. Tapi jika ingin tekstur yang dihasilkan lebih lembut, bisa dicoba cara seperti di resep, yaitu kocok putih telur hingga soft peak baru kemudian diaduk bersama bahan lain yang sudah diaduk menjadi satu. Bisa juga dengan cara mentega dikocok dengan gula hingga mengembang, baru bahan lain ditambahkan. Tapi balik lagi ntar pertanyaannya, apa bedanya dengan banana cake kalo caranya begitu ? hahaha.
  • Kalo emang nggak mau ribet ya nggak usah pakai mixer, aduk biasa aja. Oya jangan terlalu lama dan kuat mengaduknya (over mixing), ntar hasilnya malah bantat.
  • Setelah dingin, potong dan simpan dalam wadah tertutup agar tidak kering.

Ini aku nggak pakai loyang loaf karena nggak punya, adanya cuma loyang brownies yang tingginya cuma sekitar 4 cm, ya kurang tinggi dong. Akhirnya pakai wadah tahan panas aja. Berhubung kertas baking habis terpaksalah nggak pakai kertas baking, langsung main tuang aja adonannya ke wadahnya *kalo ini jangan ditiru ya, Mak! 😀 Bisa ditebak, saat roti sudah matang, bingung deh gimana cara ngeluarin rotinya. Untung akhirnya bisa dikeluarin tuh rotinya meski rada susah hahaha.

Rasanya? Enak dan memang mengenyangkan. Aku makan seiris aja udah kenyang. Cocok nih buat sarapan atau bekal anak sekolah.

Buat anak-anak yang nggak begitu suka makan pisang, bisa dicoba nih resep banana bread nya, Mak. Siapa tau kalo diolah seperti ini, mereka jadi suka. Nggak ada salahnya mencoba ya, apalagi pisang tinggi kadar vitamin B6 dan merupakan sumber vitamin C, kalium dan serat yang bermanfaat bagi tubuh kita.

Enak mana dibanding banana cake? Sama enaknya meski beda tekstur. Tapi kalo aku pribadi sih masih tetep lebih suka banana cake yang memang lebih ringan dan lembut.

Kalo anak-anak? Ehhm… dari semua olahan pisang yang pernah kubuat, anak-anak paling suka pisang goreng yang biasa aja dan untuk yang dipanggang mereka paling suka brownies pisang, resepnya bisa dilihat di postingan brownies pisang super moist ini.  Nggak cukup makan seiris, pengin nambah teruuus hahaha.

Yuk ah, Mak, cobain resep banana bread enak dan mengenyangkan ini!