Bahagia ~ keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan) – dunia akhirat (Bahagia menurut KBBI). Sudah merasa bahagia? Jika merasa belum mendapatkan kebahagiaan, bisa mencoba melakukan 5 hal kecil untuk bahagia setiap hari. Apa saja lima hal kecil itu? Yuk dibaca sampai tuntas ya, jangan setengah-setengah biar terpenuhi kebahagiaannya.

Melakukan 5 Hal Kecil Ini, Tapi …

Bermanfaat sekali untuk membuat diri kita bahagia. Kecil memang, dan mungkin dianggap enteng, jika dilakukan rutin setiap hari, kebahagiaan yang kita inginkan selama ini, bisa terpenuhi. Hidup terasa tidak ribet lagi. Pikiran positif mengaliri sendi-sendi kehidupan.

Memang sih, kebahagiaan tiap orang itu berbeda-beda pencapaiannya. Apa yang disarikan di sini, bisa tidak cocok atau bisa juga sesuai untuk dilakukan.

Apa saja sih 5 hal kecil untuk bahagia yang bisa kita lakukan itu? Nih contekannya, yang saya kutip dari Karthik Rajan, seorang blogger perempuan, yang tulisan-tulisannya banyak disharing di website luar negeri antara lain di Yourtango.

Baca ini juga ya: Ruang Bahagia 

 

Yang pertama dari 5 Hal Kecil untuk Bahagia yang mudah kita lakukan: Tersenyum, Apapun yang terjadi 

Ada teman yang saya kenal dekat, wajahnya itu sudah default tersenyum. Senyum selalu tersungging, saat wajahnya tanpa make up atau pun dengan make up. Dan, kalau berjumpa dengannya itu, seakan membawa aura kebahagiaan karena melihat senyumnya. Menurut saya, teman itu suka sekali tersenyum. Kenapa?

Buatnya, senyum itu memberikan energi positif dan kebahagiaan tanpa neko-neko. Senyum itu gratis, nggak perlu bayar untuk melakukannya.

Jika sedih, saat tersenyum, rasanya kepedihan hilang. Wajah yang tampak kusut berangsur hilang dengan tersenyum.

Saat bahagia, makin bertambah rasanya dengan tersenyum. Wajah pun semakin sumringah.

Menurut Karthik Rajan, dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti di University of Kansas, tesenyum mengurangi stress dan menurunkan denyut jantung dalam situasi tegang. Tersenyum juga bisa membuat umur panjang.

 

 

5 Hal Kecil untuk Bahagia

 

Hal Kedua dari 5 Hal Kecil untuk Bahagia Setiap Hari, adalah Memberikan Ucapan Terima Kasih 

Dalam hidup kita, pasti ada dong orang-orang yang telah memberikan kebahagiaan. Baik itu kebahagiaan dalam persaudaraan, hubungan kekerabatan, pergaulan atau pertemanan, bahkan ada juga rasa bahagia yang didapatkan dari orang-orang di dalam pekerjaan atau hubungan bisnis.

Pernakah kita memberikan ucapan terima kasih tidak hanya kata-kata tetapi memberikan sesuatu misalnya kartu ucapan terima kasih atau mengirimkan email ucapan terima kasih, sesuai dengan keadaan sekarang, di era teknologi – digital yang sudah merambah ke segala sisi kehidupan.

Mungkin itu hal yang sepele atau hal kecil, tapi bisa memberikan kenangan khusus bagi yang menerimanya.

Terutama buat yang senang menulis nih, ucapan terima kasih dengan rangkaian kata yang spesifik, mengungkapkan perasaan kita, tentunya sangat menarik. Apalagi jika terlibat dalam suatu pekerjaan atau proyek kerja, selayaknya setelah selesai pekerjaan tersebut, memberikan tanda ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan ungkapkan perasaan bagaimana pekerjaan tersebut membawa kebahagiaan untuk kita.

Kita nggak pernah tahu kan, dari hal yang dianggap sepele itu, meninggalkan hal baik, dan bisa saja kita diajak bekerjasama kembali. Who knows kan?

Hal kecil ketiga yang bisa kita lakukan untuk memberikan rasa bahagia adalah: Menemukan Hal Positif

Yuk bermain kata-kata.

Temukan dua kata positif yang berkaitan dengan sifat. Setelah itu padanan dengan lawannya atau kata-kata negatifnya. Lalu bayangkan seseorang yang sesuai dengan gambaran kata-kata positif dan negatif itu. Bisa membayangkan seseorang yang dekat dengan kita atau orang yang kita tidak sukai, bisa juga tokoh idola.

Kemudian, gambaran tersebut sandingkan dengan diri kita. Apa yang sama dan tidak sama. Renungkan gambaran tersebut, lalu ucapan dengan kata-kata positif apa sosok itu.

Mungkin dari perbandingan tersebut bisa menjadikan hal positif dan memberikan rasa bahagia. Mengapa bahagia, karena energi positif merebak. Jika dilakukan rutin atau jadi hobby, hal ini menyenangkan lho dilakukan. Menemukan hal positif tentang diri itu susah susah gampang. Setuju nggak?

 

 

5 Hal Kecil untuk Bahagia

 

Meluangkan Waktu dengan Keluarga menjadi hal keempat dari 5 Hal Kecil untuk Bahagia Setiap Hari.

Walau sekejap, sebentar atau pun sedikit waktu yang diluangkan bersama anak-anak, orangtua, keluarga atau teman-teman, bisa menjadikan hidup lebih berbahagia dan kenangan yang tak terlupakan.

Menciptakan kenangan yang membahagiakan dan tak terlupakan itu gampang kok. Dan tidak ada kata gagal dalam mencoba. Kecuali kita tidak melakukannya. Mau atau tidak mau, itu saja.

Sibuk dengan pekerjaan? Ada akhir pekan di mana ada waktu yang banyak untuk bersama-sama orang tersayang melakukan berbagai kegiatan.

Akhir pekan juga didera lemburan pekerjaan atau harus menghadiri acara yang terkait dengan pekerjaan?

Lakukan hal-hal kecil seperti mengantarkan anak ke sekolah. Jangan hanya mengantar sampai pintu pagar atau jalan masuk ke sekolah, usahakan mengantarkannya hingga masuk ke halaman sekolah atau pintu kelas. Lambaikan tangan dan berikan senyum terbaik untuk menguatkannya selama belajar di sekolah. Tidak sampai menghabiskan waktu setengah jam atau 30 menit, namun anak akan mengenang hal itu dalam memorinya.

Atau bersama pasangan, luangkan waktu sebelum tidur atau saat bersama-sama berangkat kerja, mengobrol selama 10 atau 20 menit, mengobrol apa saja yang menarik bukan tentang pekerjaan atau pun urusan keluarga. Selalu ada cara kok selama kita mau melakukannya.

15 Menit untuk Diri Sendiri

Apa keuntungannya untuk kita dalam mencapai kebahagiaan?

Bukan egois, ini hal yang wajar kok, meluangkan waktu selama 15 menit untuk diri sendiri. Tidak perlu waktu khusus atau hari khusus untuk me time. Lakukan kapan saja dan di masa saja, di saat kita benar-benar lepas dari sesuatu.

Untuk yang bekerja di kantor, nikmati 15 menit waktu istirahat untuk diri sendiri, memikirkan diri sendiri. Katanya, keterbatasan waktu malah menimbulkan sensasi sendiri.

Untuk yang bekerja di rumah, luangkan waktu 15 menit untuk diri sendiri di saat anak-anak yang balita tidur, atau saat anak-anak berada di sekolah. Lupakan urusan rumah tangga. Berbaring, membaca buku, bermain smartphone atau menonton televisi, menjadi momen magis yang sederhana.

Kalau buat saya, sesekali egois dan menikmati benar-benar 15 menit yang berharga dalam kehidupan sehari-hari kita, tidak masalah. Bisa menjadikannya sumber energi atau semangat baru.

Gampangkan hidup bahagia itu? Rutinlah melakukan 5 hal kecil untuk bahagia ini. Sekali lagi, tidak ada istilah gagal kecuali memutuskan untuk berhenti melakukan. Membangun kebiasaan itu tidak seperti membalikkan tangan. Cintailah diri sendiri agar orang lain pun menghargai diri kita.