Hai, Mak!

Tadi pagi beli roti tawar, rencananya sih mau bikin roti panggang aja kesukaan anak-anak, roti tawar dioles sedikit mentega dan dipanggang di wajan anti lengket. Gampang bikinnya dan anak-anakku suka.

Sebelum bikin roti panggang, iseng, aku buka-buka tabloid lama dan kok nemu resep ayam mangkuk roti dari tabloid Nova th 2017. Resepnya kutulis di bawah ini, ya.

 

Resep Ayam Mangkuk Roti

Bahan:

10 lbr roti tawar, buang kulit, giling, potong sisinya

1 sdm margarin, lelehkan

Isi :

150 gr daging ayam giling

50 gr keju cheddar parut

100 gr mix vegetable

2 butir telur, kocok lepas

50 ml susu cair

½ sdt garam

½ sdt gula pasir

 

Cara membuat:

  1. Letakkan roti tawar di cetakan muffin yang dioles tipis margarin. Oles tipis bagian dalam roti dengan margarin cair. Sendokkan isi ke dalam roti.
  2. Oven dengan api bawah suhu 180 derajat Celsius sampai matang

Keliatannya enak, bikinnya gampang, jadi pengin langsung nyobain, tapi kumodifikasi dikit  menyesuaikan bahan yang ada di rumah 😀

 

Roti Tawar Cup Mini

Membuat Roti Tawar Cup Mini

Aku tidak punya cetakan muffin yang agak besar & lebar, cetakan muffinku kecil. Itulah kenapa cemilan ini kusebut : Roti tawar cup mini karena memang jadinya mini, 2 gigitan aja habis.

Ini sedikit modifikasi dari resep aslinya yang kutulis di atas tadi :

    • Aku bikin ½ resep saja.
    • 1 buah roti tawar, potong jadi 4 bagian. Tiap 1 bagian kecil itu yang dimasukkan dalam 1 cetakan muffin.
    • Di resepnya pakai daging ayam giling tapi aku skip karena nggak punya.
    • Untuk mix vegetable nya, aku cuma pakai wortel, yang kupotong kotak kecil.
    • Keju parutnya kulebihin dikit, dan kuberi sedikit taburan oregano.

Roti tawar cup mini ini enaknya dimakan saat hangat, karena roti tawarnya masih renyah dan kejunya terasa lebih nikmat. Apalagi kalo ditambah keju mozzarella, kalo dalam keadaaan hangat kan masih bisa ‘molor-molor’ tuh kejunya 😀

Cobain deh, Mak! Bisa buat cemilan anak-anak di sore hari, kalo kata anak-anakku sih buat teman belajar katanya hehe.

Memang banyak banget ya aneka resep olahan roti tawar yang cara bikinnya gampang dan bakal disukai sama anak-anak. Nah, tapi untuk penyimpanan rotinya bagaimana supaya awet?

Sekedar sharing aja ya, Mak! Beberapa kali aku beli roti tawar (yang nggak pake pengawet), beli hari ini, besok paginya udah berjamur hiks, padahal itu roti belum kubuka sama sekali dari plastik pembungkusnya.

 

Roti Tawar Cup Mini

Setelah beberapa kali kejadian itu, kalo roti tawarnya nggak habis dalam sehari, roti tawar kumasukkan dalam plastik atau kotak makan kedap udara, lalu bekukan di freezer. Ntar kalo mau makan tinggal dikeluarkan aja dan hangatkan sebentar, bisa juga didiamkan sekitar 1 jam an, udah empuk lagi biasanya.

Sedikit tips nih, kalo roti tawar yang akan dibekukan di freezer lumayan banyak dan nggak dihabiskan dalam sehari. Potong-potong roti tawar dan masukkan ke plastik kedap udara dalam beberapa bagian (jangan dijadikan satu).

Misal nih, sehari cuma mau makan 3 potong roti, ya satu plastik isilah dengan 3 potong roti aja. Ntar gampang kalo mau makan, tinggal keluarkan satu plastik itu aja. Kalo dicampur jadi satu plastik, tapi roti yang diambil cuma sebagian, malah bisa cepat rusak karena harus keluar masukkan dan buka tutup plastiknya berulang kali.

Lebih bagus lagi memang, beli roti tawarnya dalam jumlah yang disesuaikan untuk dimakan hari itu aja, maksimal sampai besok nya, biar kita selalu konsumsi roti yang fresh.

Kalo Emak, biasanya bagaimana cara menyimpan rotinya biar awet? Sharing ya 😊