Pagi-pagi biasanya ada abang jualan roti keliling lewat di depan rumah. Biasanya yang paling sering kubeli adalah roti tawar. Sekarang aku mau berbagi aneka resep olahan roti tawar.

Ada tiga macam roti tawar yang dibawa si abang penjual roti yaitu tawar kentang, tawar dengan kulit, tawar tanpa kulit. Tawar kentang biasanya dimakan langsung sudah enak rasanya. Tawar yang ada kulitnya anak-anak nggak begitu suka, jadi biasanya beli roti tawar yang nggak pake kulit.

Alasan utama beli roti tawar karena roti tawar bisa dikreasikan macam-macam, dan alasan keduanya sih untuk pengiritan.  Gimana nggak irit, 1 bungkus roti tawar yang isinya 8-10 biji biasanya cuma 13 ribu, nah kalo beli roti satuan cuma dapat 2 biji, lebih irit kan? *digetok rame-rame 😀

Nah, ada berbagai makanan yang bisa dibuat dengan roti tawar ini. Apa saja?

Aneka Olahan Roti Tawar

Roti celup susu
Ini keponakanku suka banget, roti tawar dicelupin ke susu cair terus langsung dimakan.

Roti selai
Roti tawar dioles selai strawberry, selai blueberry, selai jeruk atau selai cokelat tergantung sukanya yang mana. Bisa dibuat roti bakar atau bisa dimakan dengan selai langsung.

Roti meses dan keju parut

Pizza roti
Dibuat menjadi pizza roti tawar dengan toping sesuai selera, misal sosis, daging asap, daging cincang, paprika dsb, jangan ketinggalan keju mozarellanya ya biar yummy. Enaknya sih langsung dimakan anget gitu, karena kalo kelamaan kejunya nggak lumer lagi.

Roti panggang
Dipanggang menjadi roti tawar kering. Roti tawar olesi dengan mentega/margarin kemudian taburi gula pasir ke seluruh permukaan roti. Potong memanjang dengan lebar 2 cm. Oven sekitar 20 menit dengan suhu 140 derajat celcius. Aku pake happy call karena nggak punya oven, 5 menit sudah jadi. Suami suka makan roti tawar kering ini sambil minum kopi.

Sandwich
Roti dioles mayonnaise lalu isi daging cincang, tuna, daging asap, atau sesuai keinginan. Tambahkan daun selada, tomat, telur, dan lembaran keju. Bisa ditambahin saos tomat dan saos sambal. Jadi deh!

roti tawar goreng isi buah

Roti goreng
Aku pernah mencoba membuat roti tawar goreng dengan isian buah apel dan kornet. Semuanya enak sih, tapi aku lebih suka yang isinya buah. Roti goreng isi buah bahannya roti tawar, telur, buah, dan palm sugar.

Cara membuat: Telur dikocok. Buah aku pake apel diiris kotak kecil-kecil. Ambil selembar roti tawar, taruh irisan buah di bagian pojok roti tawar kemudian gulung dan celupkan gulungan roti ke dalam kocokan telur, goreng sampai warnanya kuning keemasan. Taburi dengan palm sugar. Buahnya selain apel, bisa strawberry, pisang atau buah lainnya. Bisa juga ditambahkan cokelat atau keju di isian rotinya sebelum digulung. Pasti rasanya tambah maknyus 🙂

Roti goreng kornet
Bahannya roti tawar, kornet sapi, telur dan margarin. Cara membuat: Kocok telur, tambahkan garam dan merica bubuk secukupnya. Ambil selembar roti tawar, lalu olesi dengan margarin. Kemudian tambahkan kornet sapi, ratakan. Tutup dengan selembar roti yang telah diolesi margarin juga. Celupkan roti tawar ke dalam kocokan telur tadi. Goreng roti hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan.

Ada yang mau menambahkan? Memang banyak banget resep dengan bahan roti tawar ini.

Jadi meskipun sering beli roti tawar, nggak akan bosen deh makannya asal penyajiannya bervariasi. Bisa dijadikan cemilan atau buat bekal anak-anak di sekolah juga.

Selamat membuat cemilan dari roti tawar 🙂