Blog of April 2015: HM Zwan

Selamat mak HM Zwan, blognya terpilih sebagai Blog of April 2015. Blogging sejak 2009, mak Hanna ini menginspirasi untuk tetap aktif posting dengan foto-foto yang bagus dan enak dilihat. 😀

Berikut data diri mak Hanna:

Nama: HM Zwan
Blog: www.hmzwan.com dan www.hotwajan.blogspot.com
Pekerjaan: Ibu rumah tangga
Twitter: @hmzwan
Instagram: @hmzwan

Makmin: Rajin posting, bagaimana sebuah blog post dibuat? Dari mana idenya?

Mak Hanna: “Saat ide dan imajinasi berjalan cepat,lekaslah berbuat sebelum mereka hilang tanpa jejak..”-HM Zwan-.

Kalau dulu saya ngeblog karena ingin berbagi tentang hari-hari dan kegiatan saya saat mengajar dan menjadi guru Bimbingan dan Konseling, tapi tahun 2012 mendadak suami dipindahtugaskan ke Riau dan saya resign dari tempat mengajar di Batam. Akhirnya karena berbagai hal, untuk sementara saya memutuskan berhenti mengajar. Untuk mengisi kekosongan waktu, saya memilih untuk aktif ngeblog dan membuat program “5 Blogging Days in a Week”, ngeblog selama 5 hari dengan tema yang berbeda setiap harinya sesuai dengan apa yang saya sukai. Ide blog post tentunya dari hal-hal yang saya sukai, misalnya tentang fotografi, khusus hari senin ada Monday photography. Karena sedang belajar masak, jadi hari selasa ada Hot wajan. Apa saja yang saya lakukan ada di Everything on Wednesday dan lain sebagainya. Tuh kan, ide itu bertebaran dimana-mana hehehe.

Makmin: Apa tips untuk tetap konsisten posting blog?

Mak Hanna: Apa ya…nggak ada tips yang mujarab sebenarnya hehehe. Karena saya tidak ingin menghabiskan waktu dengan hal-hal yang kurang bermanfaat (melamun dan mengkhayal nggak karuan), jadi saya memilih untuk menulis di blog. Setidaknya satu hari saya bisa menulis satu atau lebih, itu kalau rajin hehehe. Dalam seminggu minimal satu blog post untuk satu blog, kebetulan saya mengelola 2 blog www.hmzwan.com dan www.hotwajan.blogspot.com.

Makmin: Mak Hanna kan senang menulis tentang travel dan kuliner ya, mengapa memilih topik-topik itu?

Mak Hanna: Sebenarnya blog saya ini gado-gado, apa aja saya tulis, tapi kebetulan saya sering jalan-jalan dan wisata kuliner, jadi sayang sekali jika tidak ditulis di blog. Selain itu, saya juga ingin memperlihatkan hal-hal atau tempat-tempat yang mungkin sebagian besar orang belum pernah melihatnya. Misalnya saja, ketika saya berada di daerah baru, apa saja akan saya abadikan di blog melalui foto. Minimal pembaca blog saya mulai tahu bahwa ada kota kecil yang indah bernama Siak Sri Indrapura – Riau hehehe.

Makmin: Sepanjang sejarah ngeblog, apa posting paling populer? Kira-kira kenapa orang menyukai posting itu?

Mak Hanna: Postingan tentang penyelesaian konflik antar Negara ASEAN hehehe, mungkin karena dari judulnya yang mudah didapatkan ketika mengetik kata kunci di Google.

Makmin: Blogging sejak 2009, apa yang selalu membuat mak Hanna menulis dan menulis lagi?

Mak Hanna: Emmm…salah satunya karena sudah terbiasa menulis dan sharing di blog kali ya, eh satu lagi, atas nama pengangguran hehehe. Jadi kalau ada sesuatu yang baru, langsung saya tulis di draft, kan lumayan hehehe.

Makmin: Foto-foto di blog post mak Hanna selalu bagus dan enak dilihat. Sejak kapan menekuni fotografi? Apa arti foto yang bagus untuk sebuah blog post?

Mak Hanna: Hehehe…Suka dunia fotografi sejak SMA, karena salah satu teman saya kerjanya sebagai fotografer, jadi setiap ada acara dia selalu bagian motret. Tapi mulai suka memotret pas di Batam, kebetulan medianya ada, bukan kamera dslr atau kamera pocket, tapi kamera smartphone. Dari situlah, saya belajar motret suka-suka, apa aja di jepret, dan otodidak. Pokoknya iseng ajalah. Bagi saya, blog post tidak ada foto itu rasanya ada yang kurang hehehe.

Makmin: Apa pentingnya social media untuk mak Hanna?

Mak Hanna: Selain untuk sharing link blog post, media social juga memberikan banyak hal positif. Misalnya info berbagai lomba, lowongan kerja dan lain sebagainya.

Makmin: Apa yang emak dapatkan dari blog sehingga betah menjadi blogger?

Mak Hanna: Banyak hal, bertambah teman, wawasan, dan pengetahuan. Apalagi kalau rajin blogwalking, setidaknya banyak ilmu yang saya dapatkan.

Makmin: Apakah pernah bosan blogging dan ingin berhenti?

Mak Hanna: Sampai saat ini saya masih menikmati menjadi blogger, menulis pengalaman di blog, keliling dunia lewat blogwalking dan banyak hal.

Makmin: Ada cerita unik, duka, menyenangkan, tak terlupakan selama jadi blogger?

Mak Hanna: Ada, satu hari kebetulan pas selesai blogwalking saya buka dasbor dan ngecek komentar yang dimoderasi. Tiba-tiba ada satu komentar yang membuat saya ngakak nggak karuan, komentarnya seperti ini “Mbak hana….mas bram manna???hahahaha…”. Dikate saya mbak Hana pemeran utama di sinetron Curahan Hati Seorang Istri kali ya xixixixi.

Makmin: Harapan emak kepada para blogger apa?

Mak Hanna: Nggak muluk-muluk, simple saja, tetaplah berbagi.

Makmin: Apa saran untuk kemajuan KEB?

Mak Hanna: Bagi saya, komunitas yang baik adalah yang bisa menginspirasi orang lain. Salah satunya KEB, banyak hal positif yang saya dapatkan di komunitas ini. Buat KEB, semoga selalu menginspirasi. I love u…^^

Terima kasih mak Hanna. Semoga selalu menginspirasi!

Blog of April 2015: HM Zwan