Tiket pesawat merupakan salah satu elemen pengeluaran penting dalam perjalanan antar pulau/provinsi atau pun perjalanan ke luar negara Indonesia. Namun, harga tiket pesawat terkadang nggak sesuai isi dompet. Memangkas pengeluaran harga pesawat bisa berpengaruh banyak pada budget saat bepergian. Karena itu, wajib bagi para traveller untuk berburu tiket pesawat murah.

Seperti perjalanan saya ke Penang, Malaysia, beberapa waktu yang lalu. Siapa sangka di saat gencar-gencarnya protes kenaikan harga tiket pesawat, Penang-Surabaya malah dapat ditempuh hanya seharga Rp. 175,750. Seperti tarif kereta ekonomi Jogja-Surabaya saja.

Tips Berburu Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri

Bagaimana caranya mendapatkan tiket pesawat murah ini?

Ini dia tip saya berburu tiket pesawat murah, agar  tidak ketinggalan info tiket promo.

 

Berburu Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri untuk Traveling

Newsletter Maskapai

 

1. Berlangganan newsletter dari maskapai

Biasanya maskapai akan mengirimkan email pemberitahuan sebelum masa penjualan tiket promo. Dengan mengetahui tanggal penjualan tiket promo dan periode terbang, kita dapat lebih bersiap untuk merencanakan perjalanan.

Bagi solo traveler mungkin akan lebih santai, cukup memikirkan rencana cuti dan bujet untuk pengeluaran lainnya. Bagi yang merencanakan perjalanan keluarga, dapat memastikan dahulu jadwal libur anak, dan jatah cuti pasangan.

Begitu pula bagi yang tidak suka bepergian sendiri. Masih sempat untuk mencari travelmate, dan menjadwalkan perjalanan sesuai periode terbang masa promo maskapai.

 

2. Follow media sosial maskapai dan Online Travel Agent (OTA)

Selain pemberitahuan melalui email, maskapai dan online travel agent  juga biasanya mengumumkan masa promo melalui media sosialnya.

Saya sendiri mengikuti media sosial maskapai dalam negeri maupun luar negeri. Pada perjalanan saya ke Penang misalnya, informasi rute baru dan harga promo saya ketahui melalui akun Instagram maskapai.

 

3. Pilih waktu pemesanan

Setelah mengetahui masa penjualan tiket pesawat murah yang lagi promo, kita bisa mulai berburu pada jam terbaiknya. Bersiap sejak pukul 23.00 pada H-1 masa penjualan promo dapat dicoba.

Ada maskapai yang memang sudah mulai menjual pada pukul 11 malam. Selain itu pada jam ini, kursi-kursi yang sudah dibooking namun belum dibayar, dilepas juga pada jam ini. Karena itu jika beruntung, kita bisa mendapatkan kursi-kursi murah di jam ini.

 

Berburu Tiket Pesawat Murah ke Luar Negeri untuk Traveling

Kursi Murah

Yang perlu menjadi perhatian juga jika membeli tiket online pada jam 11 malam adalah metode pembayaran. Biasanya ada metode pembayaran yang tidak dapat dilakukan pada tengah malam. Jadi pastikan kita dapat memenuhi tenggat waktu dan metode pembayaran agar tidak kehilangan tiket pesawat murah yang sudah diincar ya.

Jika bertempat tinggal dekat dengan minimarket 24 jam,pembayaran melalui minimarket dapat menjadi pilihan paling mudah.

 

4. Manfaatkan Low Season

Sudah tentu saat peak season harga-harga tiket pesawat akan melambung tinggi. Karena itu bagi budget traveler, dapat memilih tanggal-tanggal low season untuk bepergian.

Peak season ini bisa saja bersifat hampir general di seluruh penjuru dunia, misalnya saat libur natal dan akhir tahun. Atau pada negara-negara tertentu di musim-musim tertentu. Misalnya di Jepang, peak season adalah saat musim semi. Namun di negara lain, pada musim ini bisa saja sedang low season.

Untuk karyawan yang memiliki cuti terbatas, bisa juga bisa memilih long weekend libur nasional yang tidak menjadi hari libur di negara tujuan.

 

5. Perhatikan promo bank

Tidak jarang promo maskapai bekerja sama dengan bank tertentu. Misalnya untuk pembayaran dengan kartu kredit Bank A mendapatkan diskon tertentu.

Jadi selain mengikuti media sosial maskapai penerbangan dan OTA, follow juga media sosial bank yang kita pakai. Siapa tau promo khusus bank kita datang di waktu yang tepat.

 

6. Jika sudah merencanakan perjalanan, sering-sering memantau OTA

Salah satu aktivitas random yang saya lakukan saat bosan adalah, buka-buka aplikasi OTA. Awalnya saya melakukan ini hanya untuk sekadar mengetahui perkembangan harga tiket pesawat secara normal.

Namun rupanya tidak sedikit saya menemukan tiket pesawat murah dari iseng membuat rute perjalanan dan memilih tanggal. Jangan lupa pula membandingkan harga masing-masing OTA, karena bisa saja terdapat selisih harga yang lumayan antar OTA.

 

Berburu Tiket Murah

Berfoto di Kek Lok Si

7. Pertimbangkan Bandara Alternatif

Jika sulit menemukan harga tiket pesawat murah dari kota tempat tinggal, saya biasanya mengutak-atik rute ke airport di kota lain. Misalnya jika harga tiket pesawat dari Yogyakarta terlalu tinggi, saya akan mencoba rute dari bandara kota lain seperti Solo, Semarang, bahkan hingga Surabaya. Tentu saja dengan mempertimbangkan waktu dan biaya transportasi dari kota asal ke bandara alternatif tersebut.

Tidak jarang utak-atik rute seperti ini dapat memangkas bujet traveling, bahkan setelah ditambahkan biaya transport dari kota asal ke bandara alternatif.

 

8. Bergabung dalam forum atau grup traveling

Walau sudah melakukan 7 hal di atas untuk berburu tiket pesawat murah, bisa saja ada informasi promo yang luput dari perhatian. Misalnya promo diadakan oleh maskapai lain yang tidak saya follow media sosialnya. Pun saya tidak berlangganan newsletter, dan ternyata penjualan tiketnya tidak melalui OTA.

Nah, inilah manfaat bergabung dalam grup dan forum traveling.

Informasi tiket promo biasanya diinformasikan dengan suka rela oleh member-member forum traveling. Selain informasi tiket pesawat murah, biasanya antar member juga membagikan tip dan trik traveling dengan budget minimalis. Jadi tak ada salahnya turut memantau grup-grup facebook dan forum-forum traveling, bukan?

 

Berburu Tiket Murah

Kek Lok Si Temple

 

Perjalanan Saya ke Penang

Bepergian ke luar negeri tidak berarti hanya dapat dilakukan mereka yang berdompet tebal. Pada perjalanan saya ke Penang, Malaysia bulan lalu misalnya. Tiket pesawat Surabaya-Penang PP dapat diperoleh mulai dari Rp. 385,000 melalui maskapai Air Asia dan Citilink. Asyiknya lagi, destinasi wisata di Penang banyak yang dapat dikunjungi gratis. Begitu pula makanan lezat dan transportasi publik yang murah dan mudah didapat.

Di Penang, saya mengunjungi Kek Lok Si Temple yang merupakan satu dari kompleks kuil Budha terluas dan terbesar di ASEAN. Kuil ini dapat dicapai menggunakan bus dari Georgetown seharga 2 RM (+/- Rp 7,100). Selanjutnya pengunjung dapat mengelilingi kompleks kuil yang luas secara gratis.

Kompleks Kek Lok Si memiliki banyak patung dan mural Buddha yang luar biasa indah. Tak ketinggalan desain interior maupun eksterior dari pagoda, gapura, aula, dan taman yang tak kalah menariknya. Kek Lok Si merupakan warisan sejarah di mana kebudayaan dan ajaran religi, berpadu dalam keindahan arsitekturnya.

 

Berburu Tiket Murah

Suasana Laksa Air Itam

Usai berkeliling kawasan kuil Kek Lok Si yang super luas, waktunya mengisi perut dengan makanan khas Penang, Laksa. Hanya berjarak 2 menit berjalan kaki dari gerbang Kek Lok Si, saya dapat menemukan Laksa Air Itam yang terkenal itu. Semangkok laksa lezat dan mengenyangkan ini hanya cukup ditebus 5 RM (+/- Rp 17,750). Penang benar-benar memuaskan perjalanan dan perut saya, tanpa mengeringkan dompet.

Sudah siap hunting tiket promo ke Penang?

***

Aqied

Narablog  https://aqied.site / instagram.com/aqied

Foto milik Aqied pribadi.