Halo mak! Siapa nih yang lagi bingung dengan perubahan algoritma instagram yang membuat instagram seolah-olah “sepi” peminat? Sebel ya, padahal pastinya mak mak semua sudah berusaha membuat konten semenarik mungkin kan?

Nah Sabtu tanggal 13 Juli 2019 kemarin, Kumpulan Emak Blogger (KEB) Yogyakarta menyelenggarakan Arisan Ilmu yang bertema “membangun Engagement di Social Media” dengan narasumber Mak Grace Melia atau yang akrab dipanggil Mak Gesi di Hotel Gaia Cosmo Yogyakarta.

Arisan Ilmu Yogyakarta kali ini merupakan kolaborasi  Kumpulan Emak Blogger bersama SisterNet XL Axiata ini rame banget lho mak! Nggak cuma rame dengan sharing-sharing mak-mak sekalian, tapi juga dengan keriuhan acara yang dipandu oleh MC Bulan Ubermoon dengan games-gamesnya yang berhasil membuat mak-mak yang hadir tertawa terpingkal-pingkal.

Nah untuk materi arisan ilmu dari Mak Gesi sendiri bermanfaat banget dong pastinya. Tentu mak-mak semua tahu kalau sekarang postingan Instagram kita hanya akan muncul di beranda orang-orang yang selalu engaged dengan postingan kita? Makanya penting banget untuk selalu membangun engagement di social media kita.  Nggak hanya Instagram saja, tapi seluruh social media kita.

 

Membangun Engagement di Social Media

Menurut Mak Gesi, cara membangun engagement di social media ini juga bisa dipraktekkan untuk blog.  Gimana sih cara membangun engagement dengan followers maupun pembaca kita?

  1. 1. Temukan Identitas Kita

Menemukan identitas di social media itu penting banget lho mak! Emak bisa menggunakan formula simpel dari Mak Gesi yaitu “my blog helps/entertain/etc_______who_______” yang kurang lebih bisa diartikan “blog/sosmed saya membantu/menghibur/dll _______ yang_____”. 

Misalnya mak adalah blogger yang aktif share tips parenting di sosmed, Mak bisa mengidentifikasi diri mak sebagai blog/sosmed saya membantu (ibu ibu muda) yang (butuh tips parenting) 

Dengan menemukan identitas kita maka mak tak lagi kesusahan untuk mencari konten-konten untuk dipost di media sosial. 

  1. 2. Kenali Pembaca Kita

Mak-mak sekalian pastinya tahu dong kalau penting sekali untuk mengenali pembaca kita agar bisa menemukan konten yang tepat sasaran? 

 

Membangun Engagement di Social Media

Nah menurut Mak Gesi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mencari tahu siapa pembaca kita. Bagaimana caranya? Mak bisa menggunakan insight yang terdapat dalam Business Account Instagram. Untuk Blog, Emak juga bisa kok menggunakan Google Analytics.

Nah dengan tools seperti Business Account atau Google Analytics untuk blog kita bisa mengetahui karakteristik pembaca dan followers kita. Misalnya, membuat konten untuk pembaca berjenis kelamin laki-laki tentunya membutuhkan strategi yang berbeda dengan membuat konten untuk pembaca berjenis kelamin perempuan.

Jadi, sudah cek insight hari ini?

  1. 3. Buatlah konten yang menarik dan interaktif

Menurut Mak Gesi, semenjak kehadiran Instagram dan Instagram Story, pembaca blognya jadi berkurang, hal ini karena pembaca menyukai konten yang sifatnya cepat dan interaktif. Nah, melihat trend seperti ini tentu Mak bisa lebih semangat lagi membuat konten di Instagram Story kan?

 

Engagement di Social Media

 

Untuk membuat konten instagram story yang interaktif, Emak bisa memanfaatkan fitur-fitur gratis dari Canva lho! Misalnya, emak bisa membuat quiz quiz untuk followers, permainan bingo dan template-template instagram story yang menarik. 

Jika emak lebih aktif di instagram feeds, emak bisa memanfaatkan fitur-fitur dan template dari Canva untuk membuat post instagram yang kece. Jangan lupa gunakan caption yang menarik followers untuk berkomentar ya mak! 

  1. 4. Jadilah Diri Sendiri

Di era Influencer ini, penting bagi kita untuk bisa menjadi diri sendiri, karena followers dan pembaca kita membutuhkan suara yang otentik. Apabila kita sudah menemukan niche dan jati diri kita di media sosial, alangkah baiknya untuk terus berbagi dan memperkuat image kita. 

Memilah-milah post bersponsor juga penting. Misalnya saja, blogger parenting bisa saja mengunggah posting bersponsor soal otomotif akan tetapi belum tentu followers yang datang karena tips parenting bisa engaged dengan post bersponsor tersebut. 

Engagement di Social Media

Nah, setelah menyimak tips-tips untuk membangun engagement di social media dari Mak Gesi, kira-kira langkah apa saja nih yang akan emak-emak lakukan untuk membangun engagement di akun emak-emak? Yuk sharing di kolom komentar!

***

Reportase Agi Tiara Pranoto, narablog di DuckofYork