Siapa nih yang gemar makan masakan Jepang? Suka makan apa, Mak? Udon? Atau, suka jajan takoyaki? Masakan Jepang emang lagi ngehits banget ya, meski sekarang sudah ada saingan masakan Korea. Tapi, kayaknya sih makanan Jepang masih punya penggemarnya sendiri..

Nah, salah satu masakan Jepang yang paling digemari–terutama di Indonesia–adalah ramen. Liat kan, banyak bet warung ramen bermunculan di mal, di jalan-jalan, sampai kaki lima pun ada yang jual. Kayaknya mi Jepang ini memang akhirnya jadi umum berdampingan dengan mi tradisional Indonesia ya.

Kebetulan nih, ada satu resep ramen. Kan ramen itu banyak ya, macemnya, terutama dibedakan dari topping dan bumbu kaldunya. Kali ini kita akan bikin miso ramen nih. Miso adalah fermentasi kedelai yang diulah dalam bentuk paste. Bisa ditemukan di supermarket yang banyak menjual bahan masakan Jepang. Jika dibandingkan dengan shoyu ramen, rasa miso ini lebih pekat, gurih dan kecut. Kuahnya? Seger gitu, kayak sup.

Mulai yuk, Mak, kita bikin resep masakan Jepang favorit ini!

 

Resep Masakan Jepang: Miso Chicken Ramen

 

Resep Masakan Jepang: Miso Chicken Ramen

Sumber: Than You Can Chew

 

Bahan:

300 gr ramen kering

1 batang bawang daun, iris tipis

 

Kaldu:

1 sdm minyak sayur

5 siung bawang putih, cincang halus

150 gr daging ayam, iris dadu ½ cm

1 ½ liter kaldu ayam

1 lembar konbu

½ sdt merica putih bubuk

2 sdm miso

1 sdm mirin

½ sdt cabai merah bubuk

½ sdt garam

1 sdt tepung kanju, larutkan dalam 2 sdm air

150 gr paprika merah, iris tipis

150 gr mentimun jepang, iris tipis

 

Cara membuat:

Rebus ramen hingga setengah matang. Angkat, sisihkan dalam air es.

Panaskan minyak, tumis bawang putih hingga harum. Masukkan daging ayam, tumis hingga matang. Tambahkan kaldu, konbu, miso, mirin, cabai merah bubuk, merica bubuk dan garam. Didihkan di atas api kecil.

Tambahkan larutan kanji, aduk cepat hingga mengental. Angkat, sisihkan.

Susun ramen, paprika dan mentimun dalam mangkuk saji. Siram dengan kaldu berikut ayamnya. Taburi bawang daun.

Sajikan panas-panas.

 

Nah, ternyata gampang kan, bikin resep masakan Jepang favorit satu ini, Mak? Kalau bisa dimasak sendiri, jadi berkurang deh anggaran buat jajan di akhir pekan. Hehehe, ngirit.

Selamat masak, Mak!