Halo Maks, menyimak kan perkembangan properti, terutama gaya rumah-rumah masa kini. Sepertinya sekarang sedang trend ya, rumah yang ditinggali dekorasi ruangan dengan tanaman hias atau tanaman hidup.  Rumah pun jadi sejuk, indah dan hijau.

Trend gaya hidup hijau atau green living dilakukan karena tanaman makin kekurangan tempat untuk hidup di alam bebas, karena tanahnya dialihkan fungsi jadi perumahan atau apartemen.  Tapi nggak dilakukan karena trend sih, lebih karena penyuka tanaman.

Houseplant atau tanaman rumah/hias, selain mempercantik ruangan juga memberikan manfaat dari oksigen yang dikeluarkannya, membuat ruangan menjadi segar. Beberapa houseplant bersifat menyerap racun dari udara seperti tanaman jenis sansiviera dan sirih gading.

 

Trend Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias

Ada yang tahu tanaman di foto di bawah ini, tanaman apa? Tanaman yang ngehit jadi dekorasi di rumah, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga luar negeri. Tanaman favorit para home décor terutama yang berkonsep urban jungle. Tanaman yang  memiliki bentuk daun unik ini memang cantik dan Instagramable. Benar nggak?

 

Trend Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias

 

Inilah si momon atau monstera deliciosa yang bernama ilmiah philodendron pertusum. Habitat asli Monstera sebenarnya di  hutan tropis Meksiko dan Guatemala, hidup menembel pada batang pohon-pohon yang besar. Karena kemudahannya beradaptasi, tahan banting dan perawatannya mudah, tanaman ini bisa tumbuh dan menyebar  di kota–kota besar sebagai  tanaman hias.

Ukuran daun akan membesar sesuai asupan nutrisi. Jadi jika si momon ditanam di pot cenderung daunnya tidak terlalu besar, sebaliknya jika ditanam langsung di permukaan tanah, daunnya akan makin membesar.

Ada yang tahu atau pernah dengar kalau si momom ini beracun? Yap, betul sekali tapi racunnya hanya terjadi jika daun dimakan. Jadi jika memiliki tanaman ini sebaiknya jauhkan dari anak usia bayi dan batita ( 0 – 3 tahun) yang memang punya kecenderungan bereksperimen dengan memasukkan apa saja ke mulutnya.

Beracun tapi kok jadi tanaman yang trend, banyak dicari dan jadi dekorasi rumah? Karena si Momon ini memiliki beberapa manfaat  diantaranya;

  1. Monstera mengeluarkan oksigen di malam hari jadi aman untuk kesehatan asalkan tidak dimakan. Karena oksigen yang dikeluarkannya udara dalam ruangan menjadi segar.
  2. Bentuk daunnya unik  dan besar, memberi kesan estetika dan elegen dalam ruangan.
  3. Menurut kepercayaan Tiongkok menyimpan tanaman monstera di rumah mencirikan simbol kemakmuran.
  4. Memiliki nilai jual tinggi terutama monstera jenis varigata – warna daun campur hijau dan putih.

Si momon hanya satu dari sekian tanaman yang dijadikan dekorasi rumah dengan tanamana hias atau istilahnya houseplant. Ada beragam jenis houseplantf avorit lain seperti sansiviera, calathea, pisang kipas, philodendron pedang, keladi dan lain – lain.

 

Dekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias

 

Beberapa houseplant bersifat menyerap racun dari udara seperti tanaman jenis sansiviera dan sirih gading.

Namun ada hal – hal yang harus diperhatikan saat melakukan dekorasi ruangan dengan tanaman, diantaranya;

  1. Jika memiliki anak bayi dan batita sebaiknya houseplant diletakkan di tempat yang tidak dapat dijangkau mereka. Berlaku untuk semua jenis houseplant karena kita tidak tahu mana yang beracun mana yang tidak.
  2. Kenali sifat dan karakteristik. Tenang, teman – teman nggak  harus belajar 1 sks kok untuk kenal karakteristik houseplantyang mau diadopsi. Karakteristik umum yang harus diketahui seperti, apa jenis tanaman ini harus kena paparan matahari langsung atau di tempat teduh (di bawah paranet atau pohon), media tanam yang cocok (tanah atau sekam), harus disiram tiap hari atau bisa per 2/3 hari. Semua hal ini bisa ditanyakan pada penjual houseplantatau search di google.
  3. Lakukan perawatan secara rutin. Untuk hidup tanaman perlu nutrisi dari media tanamnya (tanah/sekam), air dan sinar matahari. Pastikan semua itu terpenuhi agar houseplant tumbuh sehat dan segar. Jadi lakukan penyiraman secara rutin. Kkebanyakan houseplantbisa disiram 2 sampai 3 hari sekali. Jika media tanam sudah menyusut, tambahkan media tanam baru atau ganti media tanam . Lakukan pemupukan minimal sebulan sekali.
  4. Lakukan rotasi agar tanaman mendapat sinar matahari karena kebutuhan tanaman akan matahari ini ‘wajib’ untuk fotosintesis. Jadi tempatkan houseplantseminggu dalam ruangan seminggu di luar ruangan agar  terkena paparan sinar matahari.
  5. Pertimbangkan estetika  ruangan agar kehadiran houseplant juga mempercantik ruangan dan membuat teman – teman rileks saat melihatnya.

 

Dekorasi Rumah dengan Tanaman

Tip menyimpan tanaman untuk dekorasi ruangan dengan tanaman hias:

  • Tempatkan dalam double pot keramik, anyaman atau tanah liat  yang sudah dialasi plastik jadi tanah atau sisa air siraman tidak mengotori pot dan rumah.

 

Penulis Rina Susanti, momblogger  anggota komunitas Emak – Emak Blogger. Pemilik rumah kebun anggrek hias. www.rinasusanti.com