Penulis: Lianny Hendrawati

Sup ayam jagung manis ini sangat enak disajikan dalam keadaan hangat saat cuaca dingin. Saat anak-anak sedang sakit flu, sajian Sup ayam jagung manis yang disajikan dalam keadaan hangat ini juga bisa menghangatkan badan mereka dan menambah stamina tubuh.  Bahannya sederhana dan cara membuatnya juga mudah kok.

Bahannya:

½ ekor ayam kampung

1 kaleng jagung manis siap pakai (bisa dibeli di supermarket)

2 butir telur

2 siung bawang putih

Gula, garam dan maizena secukupnya

Air

Cara Membuat:


  1. Cuci dan bersihkan ayam kampung.

  2. Tiriskan dan cuci jagung manis kalengan siap pakai (airnya tidak usah digunakan).

  3. Didihkan air dalam panci dan masukkan ayam kampung yang sudah dibersihkan tadi, kemudian masukkan juga bawang putih yang sudah diiris kecil / “digencet” (eh bahasa Indonesianya apa ya? he..he .. ).

  4. Rebus dengan api kecil hingga daging ayam menjadi lunak dan sari kaldu ayamnya muncul. Jika ayamnya mau ditim, akan lebih baik lagi karena sari kaldunya pasti akan lebih banyak muncul.

  5. Angkat daging ayamnya, setelah agak dingin, daging ayam tadi disuwir-suwir dan dimasukkan kembali ke dalam kaldu.

  6. Masukkan jagung manis ke dalam kaldu, tambahkan gula dan garam sesuai selera.

  7. Kocok telur ayam.

  8. Masukkan kocokan telur ayam tadi sedikit demi sedikit kedalam kaldu sambil kaldunya terus diaduk sehingga kocokan telur tadi membentuk serat-serat halus.

  9. Terakhir, masukkan campuran maizena + air secukupnya hingga kuah agak mengental, masak sebentar.

  10. Nah, sekarang Sup Ayam Jagung Manis siap dihidangkan selagi hangat.

Mudah kan membuatnya, tidak ribet. Sederhana, tapi anak2 pasti suka lho. Bisa disajikan langsung atau dimakan bersama nasi. Tapi kalau mau dimakan bersama nasi, maizenanya sedikit saja biar tidak terlalu kental.  Kalau suka jahe, bisa ditambahkan sedikit untuk menghangatkan badan yang flu. Kalau anak2ku sih tidak terlalu suka jahe, karena itu aku tidak menggunakannya. Tapi kalau daging ayamnya diganti dengan daging kepiting, sebaiknya memang ditambahin jahe ya biar tidak terlalu amis. O’ya resep tadi cukup untuk sekitar 6 orang, jadi bahan resepnya bisa dikurangi sesuai porsinya masing2.

Yuk emak2 selamat masak ya ..!!!