Hai, Mak! Apakah sekarang Emak sedang merasa nggak cocok dengan rutinitas perawatan kulit Emak? Tahu nggak sih, Mak, produk perawatan kulit yang dipakai sehari-hari harus disesuaikan dengan tipe kulit kita lo!

Ikuti tip perawatan kulit yang disesuaikan dengan 4 jenis kulit perempuan berikut ini yuk, Mak!

Begini caranya membedakan jenis kulit dan produk perawatan kulit yang cocok untuk sehari-hari

7 Mitos Jerawat - Jangan Sampai Salah Mengenali Kalau Mau Bebas

Dry skin (kulit kering)

Kalau kulit Emak terkadang terlihat rapuh dan mudah mengelupas, itu artinya kulit Emak termasuk kering. Pori-pori biasanya nggak terlihat jelas karena berkurangnya produksi minyak pada kulit.

Lalu, apa kunci perawatan kulit kering ini ya? Moisturize, moisturize and moisturize!

Agar kulit terlihat lebih cerah, produk perawatan kulit yang dipakai harus mempunyai kandungan yang membuat kulit menjadi lembut. Gunakan cleanser yang khusus diformulasikan untuk kulit kering atau cleanser dalam bentuk towelettes yang nggak harus dibilas agar natural oil dari kulit nggak ikut hilang.

Yang terpenting, use a very hydrating moisturizer dan moisturizing serum to get supple skin!

 

Oily skin (kulit berminyak)

Pori-pori terlihat jelas, kulit terlihat mengilap dan mudah berjerawat. Yes, you got oily skin, Mak! Biasanya jenis kulit ini identik dengan kulit remaja sih, tapi kadang yang sekita-kita juga mengalaminya.

Eciyeh, sekita-kita. Hihihi.

Kulit berminyak juga mudah dihinggapi komedo di kulit wajah. So, don’t forget to keep your skin squeaky clean at all times. Perawatan kulit yang paling tepat adalah dengan memakai cleanser yang membantu menghilangkan jerawat dan spot treatment yang mengandung salicylic acid supaya kotoran di wajah mudah hilang.

Tapi ini bukan berarti kulit berminyak nggak butuh moisturizer juga lo, Mak. Semakin kita membuat kulit oily kita kering, maka minyak akan tumbuh semakin banyak. So, put on a light moisturizer for oily skin on a daily basis.

 

Sensitive skin (kulit sensitif)

Begini Ternyata Dasar Perawatan Kulit untuk 4 Jenis Kulit Perempuan

Jenis kulit sensitif biasanya lebih rentan terhadap matahari dan jenis kosmetik yang terlalu berat dibandingkan jenis kulit yang lain.

Lalu, apa perawatan kulit yang paling tepat untuk si sensitif ini? Use gentle and fragrance-free products!

Pakai produk fragrance-free atau bebas wewangian tambahan dengan kandungan yang lembut. Soothing dan cooling ingredients are key to this skin type! Gunakan moisturizer yang hydrating yang juga bisa mengurangi kemerahan yang sering dialami kulit kering.

Last, but not least, mineral makeup will be better for you, Mak.

 

Combination skin (kulit kombinasi)

Kulit kombinasi merupakan jenis kulit yang mempunyai bagian kering  di bagian pipi dan sekitar mata, namun berminyak di daerah t-zone dan dagu.

Perawatan kulit yang tepat untuk jenis kulit ini adalah mix your mattifying and hydrating skin care to balance up your skin.

Rawat kulit Emak dengan masker dengan bahan clay seminggu sekali agar excess oil bisa hilang sampai bersih. Pakai juga moisturizer yang digabungkan dengan sunblock atau SPF agar kandungannya lebih ringan dan kulit menjadi lebih cerah.

 

Nah, kan, ternyata perawatan kulit kita ini sebenarnya simpel aja kok, asal disesuaikan dengan “maunya” si kulit itu sendiri. Yang ditulis di atas adalah beberapa prinsip dasar ya, Mak. Tentunya, Emak harus mengenali kulit Emak sendiri untuk dapat memberikan perawatan kulit lain yang sesuai juga. Biar semakin kinclong!

Well, selamat merawat kulit ya, Mak! Yuk, cintai diri kita sendiri dengan merawat setiap bagian tubuh kita dengan baik.