Hai, Mak! Masak yuk! Kali ini ada resep puding roti pisang karamel spesial nih, bisa disajikan sebagai alternatif kudapan di sore hari sembari santai. Atau mungkin juga bisa sebagai teman nonton film keluarga bareng di akhir pekan.

Pasti Emak sudah familier dengan karamel ya.

Karamel adalah cairan lengket yang didapatkan dari memanaskan gula, yang berwarna cokelat-cokelat gitu. Biasanya sih karamel ini merupakan bahan untuk puding, permen, nougat, sampai hidangan-hidangan penutup. Karamel kadang juga dibentuk-bentuk hingga bisa menjadi garnish yang cantik lo.

Nah, kali ini, kita akan memadukan karamel dengan pisang.

Kalau pisang, pasti juga semua orang juga sudah familier. Buah berbentuk panjang berwarna hijau hingga kuning ini kerap menghiasi atas meja makan kita. Boleh dikudap, atau sebagai “ending” acara makan bersama yang lezat bergizi.

Ya, emang bergizi sih si pisang ini. Di dalamnya ada karbohidrat, gula alami, serat, berbagai vitamin–dari vitamin A sampai vitamin K–juga ada folat, sehingga baik juga dikonsumsi oleh ibu hamil.

Untuk kecantikan kulit wajah, pisang bisa sebagai pelembab alami karena mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit wajah. Jika dikonsumsi secara rutin, satu hari makan satu pisang, bisa menghilangkan jerawat, mengecilkan pori-pori, mengurangi minyak, mengangkat kulit mati, dan bisa jadi masker untuk menghilangkan kantung mata dengan cara dilumatkan lalu letakkan di bagian bawah mata.

Kulit pisang juga bermanfaat lho, Maks. Untuk kesehatan kulit, manfaatkan bagian dalam kulit pisang, campurkan dengan madu, atau bisa juga dengan menggosok-gosokkan kulit pisang bagian dalam ke kulit wajah. Dengan kulit pisang itu, jika dilakukan rutin, bisa mengurangi kerutan, mengatasi jerawat, membuat wajah menjadi berseri-seri.

Siapa sih perempuan yang nggak ingin wajahnya berseri-seri, bersih dan menarik meski tidak berkulit putih. Karenanya, rajin makan pisang setiap hari (pagi atau malam hari).

Oke deh, balik ke topik tentang memanfaatkan pisang untuk membuat makanan atau cemilan yang bisa dimakan seluruh anggota keluarga atau dengan teman-teman. Dalam resep ini ada kombinasi pisang dan karamel yang manis dalam bentuk puding roti. Yummm! Cobain yuk!

 

Resep Puding Roti Pisang Karamel

 

Resep Puding Roti Pisang Karamel

Bahan Karamel:

75 gr gula pasir

60 ml air panas

 

Bahan puding:

4 lembar roti tawar, disobek-sobek

100 gr pisang ambon

200 ml susu UHT plain

4 sachet susu kental manis putih

¼ sdt garam

3 butir telur ayam, kocok lepas

1 sdt vanila

30 gr kismis

 

Resep Puding Roti Pisang Karamel

Cara membuat:

Siapkan cetakan kue ukuran 28 x 10 x 4 cm

Buat karamel: Taburkan gula di atas wajan, masak dengan api kecil sampai melelh dan kecokelatan. Masukkan air panas, aduk hingga rata dan tidak bergumpal. Segera tuang ke dalam cetakan, ratakan. Taburkan kismis di atas karamel.

Buat puding: Panaskan pengukus. Siapkan blender, masukkan pisang, roti, susu UHT, susu kental manis, garam, telur, dan vanila. Blender hingga rata. Ruang ke dalam cetakan, di atas karamel. Kukus dengan api kecil selama 45 menit.

Setelah matang, angkat. Dinginkan.

Balikkan di atas piring saji, potong-potong. Sajikan.

 

Yummy! Sudah jadi deh resep puding roti pisang karamel kita!

Selamat makan puding roti pisang karamel bersama keluarga, Mak!