Ada yang sedang berusaha mengembangkan bisnis yang selama ini ditekuni? Ah, pas banget! Barangkali buku ini cocok untuk menemani perjalanan Emak berbisnis. Tenang, dengan bahasa gaul yang santuy, buku ini beda banget sama buku-buku bisnis lain yang pernah ada.

Kayak apa bukunya? Coba yuk, Mak, kita lihat.

 

Blurb Entrepreneur Talks – Tujuh Strategi Mengembangkan Bisnis

Review Buku: Entrepreneur Talks - 7 Strategi Mengembangkan Bisnis

Kesalahan umum para entrepreneur pemula biasanya terjadi saat bisnis yang dikelola sudah mulai berjalan. Alih-alih berusaha mengembangkannya agar terus maju, mereka justru merasa “cukup” dengan apa yang telah dicapainya: omzet seadanya dan masih saja betah bekerja di kamar, sendirian. Padahal, setiap bisnis (apa pun pilihannya), punya peluang untuk menjadi besar dan bermanfaat untuk lebih banyak orang. Tentu, asal kita tahu strateginya.

Di buku Entrepreneur Talks ini, penulis tidak hanya memaparkan tujuh strategi mengembangkan bisnis, tetapi juga membagi semangat membesarkan usaha. Bermula di sebuah kamar sempit tujuh tahun lalu, sekarang Stiletto Group sudah memiliki pegawai 40-an lebih, dengan omzet yang terus meningkat, dan produk yang tersebar ke seluruh Indonesia, bahkan mancanegara.

Dalam buku ini juga terdapat worksheet di mana pembaca dipandu untuk langsung membuat daftar pekerjaan yang harus segera dilakukan agar bisnisnya bisa berkembang pesat.

 

Review Buku Entrepreneur Talks

Ada yang lagi fokus sama bisnis sekarang? Lagi mengembangkan bisnis? *elah, nanya lagi 😀 * Pernah dengar enggak, bikin bisnis mah mudah. Mengelolanya hingga bisa bertahan, bahkan jadi berkembang, itu yang susah.

Ya emang bener sih. Saya dulu pernah mencoba berbisnis berjualan baju batik secara online. Pas bikin, wah jangan ditanya. Semangat betul! Saya memang cita-citanya besar, pengin punya ecommerce khusus baju batik. Terus enggak cuma itu, tapi pengin sampai dijadiin marketplace khusus bebatikan. Jadi kayak marketplace yang sekarang itu, tapi kheuseus baju batik. Nanti akan ada merchant-merchant yang bakalan saya ajak kerja sama juga.

Tapi eh tapi, ternyata pengelolaannya nih yang jadi masalah. Satu, karena saat itu saya masih kerja full time. Susah beud bagi waktu antara urus bisnis pribadi sama kerjaan di kantor. Dua, saat itu saya barusan lahiran anak kedua.

Ya sudah, Emaks semua pasti bisa kebayang deh. Hahaha, keknya nggak perlu saya jelasin lagi deh gimana rempongnya.

Dan, akhirnya saya menyerah.

 

Mengajak Berpikir Strategis

Itulah hasil dari nekat, enggak ada persiapan bisnis apa pun, bahkan nol pengetahuan tentang bisnis. Seandainya waktu itu saya sudah baca buku Entrepreneur Talks ini, saya mungkin bisa bertahan. Bahkan mungkin nasib saya sudah lain pula. 😆 Duh, jadi berandai-andai.

Tapi bener kok. Kalau ingin berbisnis, jangan asal cuma punya modal. Tapi harus berpikir strategis, mulai dari mematangkan model dan konsep bisnis, hingga nanti rencana promosi dan pemasarannya gimana. Karena, Mak, bisnis yang sesungguhnya adalah ketika bisnis itu sudah berjalan.

Bagaimana kita bertahan, menghadapi tantangan, hingga mengelola dan mengembangkan apa yang sudah ada, itu menjadi kunci utama.

 

7 Strategi Mengembangkan Bisnis

Sudah kenal dengan Herlina P. Dewi, penulis buku Entrepreneur Talks ini? Beliau adalah founder Stiletto Book, sebuah penerbitan buku yang didedikasikan bagi kaum perempuan.

Buku ini sebenarnya bisa dibilang adalah “jurnal” beliau saat mengembangkan bisnisnya, dari mulai hanya penerbitan buku saja, sampai sekarang punya lini home decor dan kid stuff. Dari yang pegawai hanya 3 orang (3 orang termasuk beliau sendiri ya :lol ) hingga sekarang 40-an orang. Dari yang cuma sepetak rumah kontrakan untuk dijadikan kantor, hingga sekarang punya beberapa workshop dan juga menempati kantor berlantai 2 di Yogyakarta.

 

Buku Entrepreneur Talks ini terbagi 7 chapter atau bab, yang masing-masing merupakan strategi untuk mengembangkan bisnis itu sendiri.

  1. Good Product; tentang 3 kekuatan produk: kualitas, harga, dan varian. Mulai dari mana mendapatkan pemasok terbaik hingga soal quality control dibahas habis di sini.
  2. Good Promotion; seperti apa strategi pemasaran yang terbaik bagi kita yang baru saja memulai bisnis? Ternyata, kita bisa mulai dari yang terdekat saja lo!
  3. Social Media Marketing; tentang serba-serbi mempromosikan bisnis dengan memanfaatkan media sosial, secara santun tapi efektif.
  4. Good Service; tentang mencintai pelanggan, apa adanya~
  5. Good Team; nah, di sini sih paling menarik karena ada berbagai tip untuk menjadi a good leader, yang saya rasa enggak semua orang punya bakat ya 😆
  6. All About Management & Finance; yang paling penting di sini nih–at least buat saya–adalah ada cara membuat arus kas sederhana. Ini kayaknya sepele, dan semua orang bisa ya. Tapi enggak juga lo. Sadar betul, kesalahan saya dulu adalah menggabungkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Nyampur aja gitu, sehingga enggak bisa di-track. Bisnis sudah bertumbuh belum, berkembang belum. Dan seterusnya. Pembukuan ini penting banged deh dalam bisnis, dan di sini diajarin cara bikinnya secara simpel. Kita tinggal sesuaiin aja sama kondisi kita.
  7. Never Ending Innovation; so, sepertinya sih, di sinilah dulu kesalahan saya yang terbesar hingga bisnis saja mandek. Saya terlalu enjoy jualan, hingga enggak sempat memikirkan inovasi apa yang bisa saya lakukan. Produknya cuma itu-itu doang, udahlah variannya sedikit, pun modelnya enggak berkembang. Ya, gimana mau laris? Hadeh.

 

Kesimpulan

Kalau boleh diibaratkan dengan makanan, buku Entrepreneur Talks ini ibarat sajian steak tenderloin dengan dagingnya yang tanpa lemak, bergizi tapi empuk dikunyah. Sausnya (cerita-cerita yang disertakan di dalam buku ini) bikin dagingnya tambah lezat, bahkan menambah gizi lagi yang sangat bermanfaat untuk tubuh (otak).

Karenanya, buku ini berbeda dengan buku bisnis kebanyakan. Enggak terlalu jauh dari jangkauan, enggak terlalu muluk-muluk. Saya kira, setiap orang akan bisa mengikuti step by step mengembangkan bisnis yang dijelaskan dalam buku ini dengan mudah.

 

Data buku


Entrepreneur Talks - 7 Strategi Mengembangkan Bisnis
Judul: Entrepreneur Talks – 7 Strategi Mengembangkan Bisnis
Penulis: Herlina P. Dewi
Editor: Mutiara Arum
Proof Reader: Herlina P Dewi
Desain Cover: Teguh Santosa
Layout Isi: Arya Zendi
ISBN: 978-602-6648-60-0
Tebal: 176 + xxxiv halaman
Penerbit: Stiletto Book