Hai, Mak! Kita akan bahas tentang Instagram Insights nih sekarang: tentang bagaimana cara membaca statistik Instagram, dan kemudian memanfaatkannya untuk meningkatkan performa akun Instagram kita.

Kuy, yang merasa butuh, boleh diikutin nih artikel sampai selesai. Boleh nimbrung: nanya, nambahin, atau apalah ya 🙂 Nanti langsung tulis di kolom komen ya.

Apa Itu Instagram Insights?

OK. Buat yang belum tahu yah, Instagram punya statistik yang kurang lebih fungsi dan kenampakannya mirip dengan Google Analytics itu.

Namanya Instagram Insights.

Nah, “sayangnya”, Instagram Insights ini hanya dimiliki oleh business account. Jadi, hanya bisa dilihat oleh Emak yang sudah mengubah akun Instagramnya menjadi akun bisnis. Buat yang personal, nggak ada Insights, Mak. Jadi nggak bisa lihat statistik.

So, jika Emak mau punya atau pengin melihat angka statistik Instagram ini, ubah dulu akun personal Emak menjadi akun bisnis.

 

Cara Melihat Instagram Insights

Instagram Insights ini bisa dilihat dari profil akun kita. Coba deh dibuka, lalu Emak akan lihat ada 3 garis di sudut kanan atas. Klik, kemudian akan muncul opsi Insights.

Nah, setelahnya kita akan bisa melihat ada 3 tab: Content, Activity, dan Audience.

Di bagian Content, Emak akan bisa melihat Overview, yaitu rekap berapa konten yang berhasil diunggah dalam mingguan. Lalu ada rekap statistik per post. Emak bisa lihat setiap post bisa dilihat oleh berapa orang. Yang kalau diklik “See All”, Emak bisa melihat postingan yg paling populer selama setahun.

Di bawahnya ada rekap statistik Stories. Bisa dilihat deh Reach (sudah dilihat berapa orang) masing-masing IGS yang sudah diposting.

Activity

 

 

Instagram Insights Activity
Di tab Activity, kita bisa melihat seberapa interaksi kita yang bisa dilakukan dengan followers. Meliputi Profile Visits, Website Clicks, Get Directions, dan Calls. Masing-masing ada angkanya ya.

 

Discovery

Instagram Insights discovery

Di bagian Discovery, kita bisa melihat Reach dan Impressions. Bedanya apa Reach dan Impressions?

Nah, coba Emak ingat-ingat ya. Kalau di Google Analytics, ada tuh visitor dan unique visitor ya? Nah, ini prinsipnya sama sih.

Impressions adalah jumlah orang yang bisa melihat postingan kita, baik itu melalui hashtag, search, location tag, juga yang dari home feed. Reach adalah angka unique accounts yang bisa melihat postingan kita.

Duh, semoga saya cukup jelas ngejelasinnya yah 😆 Susah juga ini, euy!

 

Audience

Instagram Insights Audience

Nah, terus di tab Audience, di sini ditunjukkan pertumbuhan followers kita; berapa yang follow, berapa yang unfollow. Juga ada statistik lokasi follower, range usia yang memfollow kita, jenis kelamin, hingga kita juga bisa melihat pada jam berapa saja follower kita aktif.

Menurut saya sih, bagian ini yang paling seru untuk dicermati. Kenapa? Karena di sinilah kita diberi kesempatan untuk mengenal lebih jauh follower kita.

 

Instagram Insights di Feed

Nah, selain dari profil, kita juga bisa melihat Insights dari masing-masing post juga, Mak–baik itu yang feed maupun Stories.

Instagram Insights feed

Untuk bisa melihat Instagram Insights pada feed posts, Emak bisa klik “View Insights” yang ada di bawah masing-masing foto yang sudah diposting. Dari Insights ini, Emak bisa melihat, berapa likes, comments, share via DM, dan juga save yang didapat.

Instagram Insights feed detail

Di bagian bawah juga ada jumlah Profile Visits dan Reach-nya. Kalau discroll ke bawah lagi, Emak akan bisa lihat Discovery, yang kemudian bisa di-breakdown lagi Impressions-nya. Artinya, ini adalah angka statistik dari mana orang menemukan postingan/foto Emak ini. Apakah dari home feed mereka (karena mereka follow Emak), dari Explore, atau dari yang lain, misalnya location tag.

 

Instagram Insights di Stories

Nah, untuk Instagram Stories sendiri juga ada Insights-nya khusus. Bisa dilihat di masing-masing story-nya. Klik saja simbol yang menunjukkan jumlah viewer di pojok kiri bawah. Nanti kan akan terlihat, siapa saja yang sudah menonton Stories kita kan?

Nah, di sebelah kirinya, ada simbol 4 garis berjajar–itu dia Stories Insights.

Di Stories Insights, Emak bisa melihat statistik Interactions, yaitu apa yg dilakukan oleh follower Emak setelah menonton IGS. Ada Profile Visits ya, dan Link Clicks (untuk yang sudah bisa swipe up). Kalau scroll ke bawah, Emak akan menemukan lagi Discovery yang berisi statistik Impressions, Follows, dan Navigation.

Impressions, pengertiannya sama saja dengan Insights di bagian lain. Follows adalah ketika ada yang kemudian follow setelah menonton IGS.

Navigation ini menarik. Di sini ada Back, Forward, Next Story, atau Exited, yaitu angka-angka yang menunjukkan ke mana saja follower pergi setelah menonton IGS kita.

 

Lalu pentingnya apa kita tahu statistik ini? Well, banyak sekali manfaatnya, Mak!

Di antaranya:

  1. Kita tahu waktu terbaik untuk posting. Karena di Instagram Insights kan ada tuh pada jam berapa saja dan hari apa saja follower kita aktif. Jadi, kita bisa posting di saat mereka online, sehingga bisa menambah Impressions.
  2. Kita jadi tahu konten seperti apa yang paling banyak dilihat, dari angka-angka Impressions yang ada. Kadang kan orang enggak ngelike, tapi lihat. Data inilah yang kadang diminta oleh brand jika kita ikut campaign mereka. Kita jadi bisa menyesuaikan dengan statistik yang ada ini untuk posting konten next-nya, jadi tahu, apa yang menarik perhatian follower (meski mereka mungkin nggak ngelike).
  3. Kita bisa tahu kisaran usia follower kita, sehingga kita bisa menyesuaikan bahasa komunikasi kita dengan mereka. Pastinya kan kita enggak bisa dong ber-“kamu” atau “kelen” pada followers yang usianya di atas kita?
    Ya, rasanya enggak sopan aja gitu kan? Dari data ini, kita pun bisa menyesuaikan.
  4. Dengan berbekal data statistik ini, kita bisa beriklan dengan lebih tepat sasaran, sehingga target viewers kita pun tercapai. Betul nggak?

So, itu dia sedikit tentang Instagram Insights, Mak. Kenalan saja, dan kemudian tahu manfaatnya. Emak tentunya bisa bereksplorasi sendiri ya, sambil mempelajarinya pelan-pelan.

Adakah di antara Emak yang sudah memanfaatkan analisis dari statistik Instagram ini utk kebutuhan konten, Mak?