Apa pentingnya featured image? Karena featured image ini akan menjadi semacam wajah dan signature kita, Mak.
Jadi kek bawa-bawa identitas blog kita aja gitu.

So, ada bagusnya kalau featured image ini juga jangan asal image yang dipakai, harus diolah lagi, supaya menampakkan branding blog kita.

Nah, jadi, ayo  kita bahas yah! Mulai dari bagaimana memilih image yang bener. Eh, bukan yang bener sih. Apa ya? Yang pas, gitu deh.

Sebenarnya kalau untuk blog itu, harus foto sendiri apa enggak sih?

Ada yang punya pertanyaan yang sama, Mak?

Well, kalau zaman dulu ya, awal-awal tahun blog mulai dikenal mau nggak mau kita mesti pake foto sendiri, Mak. Ya jele-jele nggak papalah, lagian juga dulu ngeblog cuma buat curhat doang. Iya apa iya?

Nah, sekarang sih hal ini sudah banyak bergeser ya. Ke arah lebih baik, pastinya. Ngeblog nggak cuma buat curhat doang sekarang mah. Bahkan udah banyak yang jadi full time blogger kan? Maka, harus didukung dengan berbagai hal supaya blognya makin bagus performanya.

Salah satunya dengan penambahan image yang keren. Kabar baiknya, sekarang kalau nyari foto atau image yang bagus sih enggak susah, karena banyak banget situs public domain yang nyediain foto-foto bebas pakai. Istilah kerennya Commons Creative Zero atau CC0, yang image-magenya boleh dipakai bebas tanpa kredit.

So, sekarang sih enggak harus selalu pakai foto sendiri. Apalagi kalau nyadar diri nih, ilmu fotografinya belum oke. Ya udah, ambil image-image dari situs-situs penyedia image CC0 itu saja, Mak.

Nah, terus gimana caranya memilih image yang pas, terutama kalau mau kita pakai sebagai featured image?

5 Langkah Memilih Featured Image untuk Artikel Blog

5 Langkah Memilih Featured Image Artikel Blog yang Bisa Mewakili Konten dengan Baik

 

1. Relevan dengan artikel kita

Pastinya image ada kan untuk mendukung konten tulisan kita, yakan? Makanya sebisa mungkin sih pilihlah yang relevan.

2. Satu mood

Ini misalnya soal warna nih.

Kalau tulisan kita tone-nya ceria dan semangat, maka pilihlah image-image yang warna-warnanya juga ceria dan menyemangati. Misalnya yang saturasinya tebal, gonjreng, terus terdiri atas warna-warna kuat gitu. Kalau tulisan kita tone-nya sedih, atau selow gitu, maka pilihlah image-image yg punya karakter lebih ke gloomy. Misalnya yang tingkat kekontrasannya tipis, agak dark.

Tapi poin kedua ini juga relatif dan subjektif juga ya, Mak. Makanya olah rasa dari si pembuat konten sangat berperan di sini.

Kalau mau menyajikan kekontrasan juga boleh kok. Emak pasti tahu mana yang paling baik untuk konten Emak, yakan? Intinya, dengan featured image ini, kita bawa mood pembaca untuk masuk ke dalam konten tulisan kita melalui visual.

 

Cara Riset Kata Kunci dan Memilih yang Paling Tepat untuk Artikel Blog

3. Resize featured image sesuai ukuran yang dibutuhkan

Kenapa sih featured image mesti diresize sesuai ukuran yang dibutuhkan?

Karena umpama Emak unggah image sebesar 10.000 x 5.000 pixel, tapi kalau yang dibutuhin cuma 800 x 600, ya bakalan mubazir. Bisa jadi 2 kemungkinan:

  • Imagenya jadi gede, meleber ke mana2
  • Imagenya diperkecil automatis sama blog, tapi ukuran aslinya tetep gede. Jadi malah bikin berat loading.

Nah, makanya mesti diresize, sesuai besaran yang dibutuhkan.

Bahkan nih, habis diresize akan lebih bagus lagi kalau dikompress juga, agar elemen-elemen yang enggak kepake saat diakses secara online, dibuang. Image jadi lebih ramping.

Sudah tahu kan ya, cara ngeresize dan mengompress? Yes! (Kita anggap saja) Sudah 😆

4. Pilih featured image yang unik, yang bisa bikin orang jadi “terpaksa” melirik

Waini ….

Susyah! 😆 Iya, saya juga tahu sih. Tapi coba deh, trik berikut. Rata-rata blogger Indonesia yang suka ambil image CC0 biasanya dari mana, Mak? Kayaknya sih ya, dari Pixabay, Pexels, Unsplash ya? In fact, ada puluhan situs CC0 ada di internet lo! Banyak!

Nah, supaya image yang kita pilih “enggak ada duanya”, maka carilah image di situs-situs CC0 yang nggak banyak dipakai. 😀 Karena kadang ya nganu gitu ya. Hari ini kita pakai satu foto jadi featured image. Eh, besok gambar yang sama dipakai juga sama yang lain. 😆 Ya enggak apa-apa sih, samaan. Hahaha. Tapi jadi gambar sejuta umat deh. Jadi nggak unik lagi buat blog kita, yekan?

Nah, terus situs CC0 selain Pixabay, Pexels, atau Unsplash itu apa ya? Ini nih beberapa di antaranya:

  • StockUp: sitebuilderreport.com/stock-up
  • Barn Images: barnimages.com
  • Kaboompics: kaboompics.com
  • Picjumbo: picjumbo.com
  • Picography: picography.co

Nah, udah ada 5 tuh, Mak. Yang lain, boleh gugling yah 😀

“Ah, aku ada kok alokasi dana untuk beli image. Jadi aku memang mencari yg unik dengan langganan berbayar.”

Oh, bagus!

5. Edit seperlunya

Mau ditambah tulisan? Boleh. Dikrop? Bisa, disesuaikan aja. Ditambah brightness, contrast, dll? Boleh boleh. Sesuaikan dengan tulisan Emak ya.

 

Nah, itu dia beberapa trik untuk memilih image untuk featured image blog.

Ada yang mau nambahin? Boleh lo, sila ditulis di komen ya!