Liburan sekolah tiba! Tapi, kita masih belum bisa ke mana-mana lantaran pandemi COVID-19 masih belum selesai 🙁 Sedih ya, Mak? Tapi, bisa kok, kita buat supaya liburan kali ini tetap menyenangkan meski hanya di rumah saja, dan tanpa tergantung pada gawai dan berbagai permainan digitalnya.

Yes, semua tentu sudah pernah dengar bahwa memberikan gawai pada anak-anak adalah hal yang kurang bijaksana. Banyak sekali pakar parenting yang membahas plus dan minus mengenainya. Dikatakan plus dan minus, memang pada kenyataannya anak-anak hidup di zaman gawai yang kecanggihannya mempermudah banyak urusan.

Menjauhkan mereka dari gawai akan sama halnya dengan menjauhkan kita dari boneka kertas–yang bisa diganti-ganti bajunya itu–seharga seratus rupiah yang dijual abang-abang depan sekolahan dulu. Atau, melarang kita–emak-emak zaman now–menonton Drama Korea. Tidaaak!

Namun tentu saja, gawai yang juga baik bagi perkembangan motorik itu tidak terlalu baik bagi perkembangan sosial anak-anak. Mereka butuh disadarkan bahwa hidupnya adalah di alam nyata, bukan di dunia maya. Dan alam nyata, selalu penuh dengan dinamika yang butuh dihadapi dengan sikap dan perilaku yang dipelajari bukan dari gawainya.

Ah, daripada sibuk memikirkannya, lebih baik kita ajak anak-anak melakukan kreasi seni, yuk! Yang mudah-mudah saja, tak hanya berkesan, tetapi juga merangsang kreativitasnya.

Lagi pula, berkerajinan tangan bersama akan meningkatkan bonding Emak dan para buah hati tercinta, lo!

Yuk, kepoin 5 ide kreasi seni yang cocok banget untuk dilakukan oleh anak-anak selama liburan sekolah di rumah

Paper town

Liburan Sekolah di Rumah Saja

Gunting memanjang dengan lebar 10-15 cm, dan minta anak-anak untuk mewarnainya sesuka hati. Setelah semua berwarna, ajak mereka untuk menyatukan ujung-ujungnya agar berbentuk kotak atau persegi panjang.

Jangan lupa untuk menempelkan dengan lem agar tidak lepas. Lalu, susun kotak-kotak itu sesuai dengan imajinasi mereka menjadi sebuah kota kertas yang menyenangkan.

Heart Crayon

Ide kreasi seni

Jangan kesal jika anak-anak sering mematahkan crayonnya, Mak. Jangan juga serta merta dibuang, ya! Kumpulkan semua dan buat deh ide kreasi seni berikut ini untuk menghabiskan liburan sekolah.

Ajak para buah hati itu untuk membuat pernak-pernik lucu berupa lelehan crayon berwarna berbentuk hati ini selama liburan sekolah ini yuk! Emak bisa membantu melelehkannya dalam oven 230 derajat Celcius selama sekitar 15 menit, dan voila, sisa-sisa crayon berubah menjadi hasil kreasi seni yang sangat kreatif. Pasang magnet di baliknya, dan Emak baru saja membuat tempelan kulkas sendiri yang enggak pernah bisa ditemukan di toko mana pun.

Melukis Batu

liburan di rumah saja

Masih tentang crayon nih, Mak. Jika siang sedang terik, cari, atau beli di tukang tanaman, batu-batu koral yang permukaannya halus. Bawa pulang dan minta anak-anak untuk melukisnya.

Tapi tidak dengan mewarnainya secara biasa, Mak, tetapi dengan menaruh serutan crayon dalam berbagai warna di atasnya. Kemudian, biarkan batu-batu itu berada di bawah sinar matahari selama beberapa lama, hingga crayonnya meleleh secara alami.

Anak-anak akan menyaksikan sendiri bahwa peristiwa sederhana yang menakjubkan itu akan membawa hasil yang indah pada bebatuan mereka!

Membuat Nama

Ide kreasi seni di rumah

Pernah tahu yang namanya Chenille Wire Stem, atau batang Chenille, kan Mak?

Itu lo, kawat berbulu yang elastis dan berwarna-warni yang sering dijumpai dalam berbagai kerajinan tangan. Biasanya, toko keperluan menjahit menjualnya seharga Rp5.000 per satu set warna.

Kawat yang lembut ini mudah ditekuk-tekuk, dan akan menyenangkan sekali bagi anak-anak. Ajak mereka untuk membuat nama mereka masing-masing dalam banyak warna saat liburan sekolah kali ini, ya. Buat dalam berbagai ukuran, yang bisa ditaruh di setiap kotak mainan atau barang-barang pribadi lainnya.

Seed Mosaic

liburan di rumah saja

Kerajinan tangan yang satu ini juga menyenangkan dan sangat membantu meningkatkan ketrampilan motorik anak.

Kumpulkan berbagai biji-bijan dengan banyak warna. Setelah itu, gambar sebuah bentuk yang disukai anak-anak pada sehelai kertas atau kain putih. Misalnya bentuk Winnie The Pooh, tokoh film animasi yang terkenal itu. Lalu, minta anak-anak untuk mengisi polanya dengan biji-bijian itu hingga membentuk mosaik yang cantik!

Satu sampai dua jam yang Emak habiskan bersama buah hati tercinta dalam membuat kreasi seni di atas selama liburan sekolah di rumah saja, pastinya akan sangat berkesan. Persiapannya mudah, namun hasilnya indah.

Selamat berbonding dan berkreasi bersama anak-anak, Mak!