Mau tidak mau, suka tidak suka, kita, masyarakat Indonesia harus menjalani pola hidup menghadapi new normal Pandemi Covid-19. Kita harus berdamai dan hidup berdampingan dengan virus hingga vaksin yang efektif untuk mengobati virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan, pneumonia hebat, hingga kematian. Untuk menjalani new normal, selain mempersiapkan mental dan fisik yang kuat, ada beberapa hal juga yang harus dipersiapkan. Apa saja persiapan itu?

Mengenal Konsep New Normal Pandemi Covid-19

Mengutip dari Indonesia.go.id, Presiden Republik Indonesia, Jokowi, meminta bangsa Indonesia untuk bisa berdamai dan hidup berdampingan dengan virus Corona. “Sampai ditemukannya vaksin yang efektif,  untuk beberapa waktu ke depan, kita harus hidup berdamai dengan Covid-19,”kata Bapak Jokowi di Istana Merdeka.

Berdampingan bukan berarti menyerah terhadap virus yang menyerang saluran pernapasan itu, tegas Pak Jokowi. Mau tak mau masyarakat Indonesia harus menyesuaikan kehidupannya, karena tak mungkin kan selamanya kita hanya melakukan segala aktivitas #dirumahsaja. “Life must go on!” demikian pepatah bahasa Inggris.

Apa sih konsep new normal yang harus dilakukan masyarakat Indonesia?

Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, drh. Wiku Adisasmita, konsep new normal merupakan perubahan perilaku kita dalam menjalankan aktivitas sehari-sehari dengan penerapan protokol kesehatan guna mencegah terjadi penularan virus.

Pola hidup masyarakat Indonesia menyesuaikan karena pandemi virus masih belum bisa dibilang melandai atau penyebaran virus belum turun secara signifikan. Di beberapa daerah bahkan cenderung meningkat dan menjadi daerah baru penyebaran virus.

Menghadapi new normal yang diberlakukan oleh pemerintah, yang disesuaikan dengan 6 persyaratan menurut World Health Organization (WHO), di antaranya:

  • Transmisi Covid-19 dapat dikendalikan
  • Sistem kesehatan masyarakat (rumah sakit) mampu mengidentifikasi, menguji, mengisolasi, melacak kontak dan mengkarantina pasien yang positif Covid-19
  • Penularan wabah sudah terkendali terutama di daerah yang kerentanannya tinggi
  • Melakukan physical distancing seperti menjaga jarak, cuci tangan dan etika saat batuk di tempat kerja, sekolah, dan tempat ibadah.
  • Mencegah kasus impor virus corona
  • Masyarakat harus berpartisipasi dan terlibat dalam transisi new normal.

Bagaimana Kita Menjalani New Normal?

Dari berbagai sumber, berikut ini beberapa hal yang mesti kita lakukan dalam menghadapi new normal dalam hidup kita.

  • Meski kehidupan baru (new normal) sudah diberlakukan, untuk urusan keluar rumah harus tetap diperhatikan. Pergi jika memang benar-benar perlu. New normal bukan berarti kita bebas ke mana-mana, sesuka hati.
  • Gunakan masker atau face shield saat harus terpaksa keluar rumah, untuk beraktivitas seperti bekerja atau berkegiatan.
  • Hindari bersalaman, cipika cipiki atau berpelukan saat bertemu, meski itu teman dekat atau pun saudara/keluarga
  • Hingga vaksin efektif ditemukan, pola pikir tentang penyebaran virus Corona tetap harus diingat, jangan dilupakan. Ingat, kita hidup berdampingan dengan virus.
  • Menghindari keramaian dan berhati-hati saat bepergian terutama jika bepergian dengan orang lanjut usia (lansia).
  • Mempersiapkan bahan-bahan pangan atau berbelanja kebutuhan keluarga selama satu minggu untuk menghindari keluar rumah.
  • Berolahraga, ini penting untuk menghindari kelelahan fisik dan batin karena rasa was-was akibat pandemi covid-19.

Berikut ini 7 perlengkapan yang harus dipersiapkan jika “terpaksa keluar rumah” di masa new normal ini.

  1. Masker cadangan (diperlukan jika beraktivitas seharian, dari pagi sampai sore.
  2. Hand sanitizer, sabun cair untuk cuci tangan dan disinfectant spray.
  3. Helm pribadi (jika terpaksa mengendari angkutan online)
  4. Membawa peralatan makan dan minum sendiri.
  5. Membawa perlengkapan ibadah sendiri (seperti mukena dan sajadah)
  6. Tissue basah untuk membersihkan peralatan kerja.
  7. Meski bukan perlengkapan, tapi Berdoa agar terhindarkan dari penyebaran virus, sangat penting kita lakukan, terutama mereka-mereka yang beraktivitas di luar rumah.

Sekadar saran untuk para pekerja kantor, sebaiknya menggunakan perlengkapan kerja milik sendiri, seperti bolpoin, pensil dan lainnya. Jangan meminjam meski itu teman kerja sendiri.

Selamat menjalani New Normal Pandemi Covid-19. New Hope.