Browsing Tag

kesehatan

Kesehatan / Life Style By On August 30, 2018

Hidup Lebih Baik dengan Kebiasaan Sehat

Coba bayangkan ketika kesehatan kita menurun dan rasanya enggak ada energi sama sekali di dalam diri kita. Hal ini dapat berdampak negatif tehadap seluruh aspek kehidupan. Daya kreativitas pun akan hilang hanya karena kesehatan yang buruk dan energi yang rendah, yang pada akhirnya kita enggak lagi memiliki inspirasi ataupun ide-ide segar. Pekerjaan yang kita jalani akan terasa membosankan dan sulit….

Kesehatan / Life Style By On August 2, 2018

Sakit Lutut, Oh Lutut, Cepat Sembuh Dong

Saya lagi sakit lutut nih, Maks. Beberapa hari lalu, ketika sholat bareng Nayla, anak saya, tiba-tiba saat mau sujud, saya menjerit, lutut atau dengkul saya sakit sekali. Saya seperti mendengar bunyi saat sujud itu. Sambil menahan sakit, saya coba untuk menyelesaikan sholat. Selesai sholat, saya pegang lutut saya. Tidak sakit sih, tapi terasa pegal banget. Sebelum Googling, yang terpikir saya terkena…

Kesehatan / Life Style By On June 26, 2018

Diet dengan Puasa Pasca Lebaran

Halo Maks! Bagaimana libur Lebarannya, seru? Bagaimana kondisinya, fit, lemas atau malah sakit? Jangan sampai ya. Setelah bergembira bersama keluarga, sahabat dan handai taulan, masa malah tumbang. Tapi, ini ternyata cukup umum terjadi. Pasca Lebaran, ada saja yang pegal-pegal, batuk pilek, demam, sakit gigi atau kambuhnya berbagai penyakit seperti asam urat, kolesterol, dan lain-lain. Yang paling sering dikeluhkan emak-emak, bergeraknya…

Kesehatan / Life Style By On June 1, 2018

Olahraga Saat Puasa? Ini Tipsnya

Puasa, bukan halangan untuk beraktivitas. Ada banyak kegiatan yang tetap bisa dilakukan meski sedang berpuasa. Salah satunya ialah berolahraga.  Sebagian dari kita masih merasa malas atau beranggapan olahraga saat puasa pastilah membuat lelah. Namun bagi yang terbiasa berolahraga, akan selalu berusaha untuk tetap berolahraga meskipun sedang puasa. Melakukan olahraga di bulan Ramadan atau bulan puasa, banyak manfaatnya. Di antaranya, detoksifikasi…

Kesehatan / Life Style By On May 30, 2018

Manfaat Puasa Ramadan Bagi Kesehatan

Sudah dua minggu umat Islam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Nggak terasa ya?! Atau malah terasa banget? Hehehe. Mungkin, bagi yang susah menahan lapar dan haus, agak berat ya menjalankan puasa di bulan Ramadan. Buat yang sudah biasa sih, asyik-asyik saja. Apalagi yang sering berpuasa Senin – Kamis, sudah khatam dengan menahan lapar dan haus. Sejatinya, puasa itu tidak…

Kesehatan / Life Style By On April 20, 2018

Mikrosefali dan Anakku

Selama ini, untuk tumbuh kembang anak seringnya diukur dari berat dan tingga badan anak. Sementara pengukuran lingkar kepala anak sering kali hanya dilakukan setelah dia lahir. Setelah itu pengukuran lingkar kepala pada anak jarang dilakukan para orangtua. Padahal, dengan mengukur lingkar kepala kita bisa memberi stimulus atau tindakan yang diberikan lebih cepat jika lingkar kepala anak tidak sesuai dengan ukuran kepala anak…

Kesehatan / Life Style By On March 6, 2018

Benarkah Pasien BPJS Diabaikan?

Cerita tentang buruknya pelayanan bagi pasien pengguna BPJS sudah membentuk imej tersendiri dalam benak saya. Bagaimana tidak? Bukan satu dua kali saya mendengarkan cerita tentang buruknya pelayanan bagi pasien BPJS. Sudah berulang kali, termasuk dari mereka yang mengalaminya langsung. So, wajar jika kemudian saya sempat paranoid menggunakan BPJS saat berobat ke tempat-tempat pelayanan kesehatan terutama yang dikelola oleh pemerintah. Sampai…

Kesehatan / Life Style By On January 31, 2018

Pertolongan Pertama untuk Luka Terbuka

Tahun 2013 lalu, kecelakaan kerja menimpa Bapak. Kecelakaan yang sangat berbahaya jika tidak segera mendapatkan pertolongan pertama. Kala itu, Bapak yang hendak memotong sebilah papan dengan gergaji mesin, mungkin karena tidak hati-hati dan sedang apes, mata gergaji mesin terkena paku, terlepas dari tangan Bapak dan jatuh mengenai kaki, sekitar 5 jari di atas mata kaki. Bapak yang bekerja di luar…

Kesehatan / Life Style By On January 4, 2018

Asupan Gula dan Indikator Kelebihannya

Saya penyuka rasa manis gula. Apalagi, setiap pagi, siang, sore sampai malam saya ngopi. Selain ngopi, ya pasti di sebelahnya ada panganan lain, lah.. mosok iya kopi doang! Kesannya susah banget. Dalam sehari, entah berapa banyak asupan gula yang masuk ke tubuh saya. Kadang kita lupa, kalau gula dalam jumlah tinggi, sangat buruk untuk kesehatan seseorang secara keseluruhan. Jika kita sedang…

Kesehatan / Life Style By On October 30, 2017

Menjaga Tubuh Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Tak terasa sudah mau akhir tahun. Musim hujan pun segera tiba. Pergantian musim kemarau ke musim hujan seperti sekarang ini, selalu membuat tubuh cepat sekali sakit. Seperti beberapa waktu lalu, anak-anak, adik dan suami mulai sakit flu, batuk dan demam. Karena itu, penting sekali menjaga tubuh tetap sehat saat musim hujan. Sebagai seorang ibu, yang harus menjaga kesehatan keluarga, saya…

Kesehatan / Life Style By On October 23, 2017

Lima Cara Menjaga Kesehatan Bagi Karyawan

Sebagai karyawan yang setiap hari harus berangkat pagi dan pulang sore harinya, sering membuat sedikit jenuh bukan? Saat tiba di rumah, seluruh badan rasanya pegal dan sakit. Padahal, tidak terlalu banyak aktivitas yang dilakukan di kantor, kecuali duduk manis di depan komputer dan sesekali berjalan ke luar saat jam istirahat. Bagaimana ya cara menjaga kesehatan terutama bagi karyawan kantor seperti…

Kesehatan / Life Style By On October 11, 2017

Mendaftarkan BPJS Bayi dalam Kandungan

Bagi emaks yang saat ini sedang mengandung, apakah sudah tahu kalo bisa mendaftarkan BPJS bayi dalam kandungan? Ternyata bisa loh, dan caranya tidak sesulit yang saya bayangkan. Pahamkan gimana jeleknya reputasi birokrasi lembaga pemerintah? Syukurnya ini tidak terjadi dalam pelayanan BPJS peserta mandiri yang saya alami. Sebelum pergi ke kantor BPJS cabang, saya mencari tahu dahulu apa aja yang mesti…