Hola Emak, apa kabar nih? Semoga sehat-sehat semua, ya.

Udah bulan Juni, yang artinya waktu libur untuk anak-anak. Biasanya kita sambut gembira, ya karena pasti merencanakan liburan. Tapi, kondisi sekarang ini ya semua harus ditunda dulu.

Libur sekolah berarti nambah lagi waktu anak-anak di rumah. Sebagai Emak, suka rada pusing ya mikirin ganti menu tiap hari. Kadang kala mentok dah mau sajikan apa untuk menu anak setiap hari.

Baca juga : Salmon mentai rice, makanan hits masa kini

Ada yang bernasib sama? Sini jejeran sama saya, Mak. Hiks.

Perkara menu untuk anak ini suka bikin saya harus ‘mutar otak’ masakan apa saja yang harus dimasak tiap hari. Karena, kalo menyajikan menu itu-itu mulu ya bosan juga. Dan masakannya juga mesti menyesuaikan selera anak. *nyender ke chef Juna #ehgimana 😀

Anak-anak saya termasuk yang mau mencoba menu apapun, namun kadang kala saya ada kerjaan yang harus duduk berlama-lama depan laptop atau kamera. Karena itu, menu untuk anak yang praktis adalah andalan saya.

Resep tumis tahu bakso kecap salah satunya.

menu untuk anak

Ini adalah resep temurun dari mama saya. Sejak kecil, mama suka menyajikan menu ini di rumah. Aroma saat mama masak resep tahu bakso kecap ini melekat dengan baik di ingatan. Harum dan bikin lapar seketika!

Menu satu ini, selalu saya rikwes ke mama. Dan sekarang ini saya pun memasak untuk anak-anak.

Awal memasak menu ini, anak-anak sempat tengok lama. Terus pas diicip, eh mereka mau! Huaa saya hepi banget. Langsung deh resep ini dimasukkin ke list.

Ini saya berbagi resep andalan menu untuk anak. Kali aja ada Emak yang punya masalah sama dengan saya, resep tumis tahu bakso kecap ini sungguh membantu.

Cuss dicatat resepnya.

Resep Tumis Tahu Bakso

menu praktis untuk anak

Bahan :

2 buah tahu (dipotong dadu, bisa digoreng atau tidak)

5 buah bakso sapi (dipotong sesuai selera)

5 buah bakso ikan (dipotong sesuai selera)

Jamur kuping (optional, direndam dulu ya biar mengembang lalu dipotong kecil)

Daun bawang

Seledri

2 siung bawang putih (digeprek kasar)

3 sdm kecap manis

2 sdm saus tiram

½ sdm kecap inggris

250 ml air

Gula

Garam

Cara membuat :

  1. Tumis bawang putih hingga harum, lalu masukkan bakso, tahu, jamur kuping. Tuang kecap manis, aduk rata. Apinya kecil saja biar nggak hangus bawangnya.
  2. Tuang air.
  3. Biarkan hingga mendidih, lalu tuang saus tiram, kecap inggris, gula.
  4. Tunggu airnya agak susut, lalu masukkan garam. Koreksi rasa.
  5. Banyaknya air disesuaikan saja, mau susut banget atau masih agak banyak.
  6. Masukkan daun bawang dan seledri. Aduk rata. Matikan kompor.
  7. Angkat dan sajikan.

Karena saya suka menu ini, saya pun membuat sambal bawang putih.

Sambal bawang putih

Bahan :

1 siung bawang putih dihaluskan

3 cabe rawit digeprek kasar

50 ml air

½ sdt cuka

Gula

Garam

Saus tomat

Cara membuat :

Campurkan semua bahan. Lalu koreksi rasa.

Asli endeus banget dah! Anak-anak sangat suka dengan menu simpel yang satu ini. Saya pun nggak perlu repot menyiapkan berbagai bumbu karena bahannya mudah banget ditemui juga murah.

Bagi Emak yang punya kesibukan padat, menu untuk anak satu ini rekomended untuk dicoba. Dan kita bisa terselamatkan dengan perkara menu. Eits, bisa juga loh disajikan bareng es buah melon serut, dijamin anak-anak pasti suka.

Selamat mencoba ya, Mak!

Semangat memasaknya.