Hai, Mak! Kali ini kita akan kembali membahas tentang blogging tools nih. Eh, ya bukan blogging tools banget sih, tetapi bisa banget tool satu ini kita gunakan untuk mendukung ngeblog kita. Yes, kita akan cari tahu bagaimana cara menggunakan Hootsuite untuk membantu promosi blog kita.

Sudah ada yang pernah dengar tentang Hootsuite ini? Atau, malah sudah pakai terus nih?

Nah, Hootsuite ini bisa jadi tool yang berguna banget kalau kita mau promosi artikel blog secara terskedul supaya enggak spamming. Kenapa sih mesti diskedul promo blognya? Kan promosi tinggal promosi aja. Ditweet langsung, atau dishare di Facebook langsung? Repot amat pakai Hootsuite segala?

Well, Emak bisa baca kenapa kita mesti promosi terskedul di artikel di web KEB ini nih.

Nah, Hootsuite bisa bantu Emaks buat skedulin nih, Mak. So, mari kita kenalan lebih jauh, dan belajar bagaimana cara menggunakan Hootsuite ya.

 

Cara Menggunakan Hootsuite

1. Sign up/Login dulu

Emak silakan langsung ke Hootsuite ini, dan akan menemukan tampilan seperti ini.

antarmuka Hootsuite

Untuk mendapatkan akun gratis, Emak klik Login aja, dan kemudian silakan login dengan akun Twitter, Mak. Kalau Emak signup, maka akan diarahkan untuk mendapatkan akun berbayar. Ya kalau misal memang mau berbayar juga enggak apa sih, fasilitasnya tentu lebih banyak.

Nanti di Twitter, Emak tinggal authorize saja. Tenang, ini aman kok. Karena nantinya kan skedul promo blog kita harus terposting di Twitter juga kan, jadi memang mesti dikasih otorisasi.

2. Kenalan dengan antarmuka dan panel-panel

antarmuka dan panel Hootsuite

Nah, mari kenalan cara menggunakan Hootsuite mulai dari panel-panelnya. Kurang lebih seperti inilah, Mak, kalau Hootsuitenya sudah disetting dengan lengkap.

3. Menambah Stream

cara menggunakan Hootsuite

Sekarang yang pertama kita perlu lakukan adalah menambah Stream, atau panel medsos kita ke dalam Hootsuitenya. Bisa klik Add Streamnya tuh, Mak. Lalu akan ada tampilan seperti ini ya.

cara menggunakan Hootsuite

Pilih social network-nya, lalu pilih Stream apa yg mau ditampilkan.

Biasanya sih kita tampilkan Home, Mentions, sama Scheduled sih, Mak, standarnya. Mau ditambah yang lain? Boleh~

4. Cara menskedul

cara menggunakan Hootsuite

Lalu gimana caranya nyekedul? Gampang kok, Mak. Cari tombol “New Post” di bagian kanan atas. Klik.

Cara nyekedul Hootsuite

Tuh tinggal dipilih network-nya, lalu diisi text dengan pengantar tweetnya. Jangan lupa lengkapi dengan link blognya ya. Boleh juga kalau mau ditambah gambar. Untuk menjadwalkannya, bisa dilihat di pojok kanan bawah, ada tombol Schedule for later kan? Nah, di situlah kita atur jadwalnya.

Cara nyekedul Hootsuite

Cara nyekedul Hootsuite

Cara nyekedul Hootsuite

Nah, nanti tweet kita yang sudah terskedul akan muncul di panel Scheduled.

Hootsuite bisa menampung sampai 30 scheduled tweet, Mak. Cukup banget kan, buat nyekedul artikel-artikel di blog kita?

Jangan cuma yang baru doang ya. Yang lama-lama juga bisa lo dipromoin lagi asal masih relevan. Ada banyak fitur yang bisa kita manfaatkan dari Hootsuite ini sebenarnya, Mak. Nggak cuma bikin scheduled tweet aja. Kalau Emak punya Facebook Page, juga bisa dikelola melalui Hootsuite juga lo.

Nah, gampang kan, cara menggunakan Hootsuite ini, Mak? Dengan begini, Emak bisa mengatur promosi blog cukup sekali seminggu saja, dan seterusnya Emak tinggal memantau saja.

Mudah kan ya?

Selamat mencoba!