“Aku pingin bisa mahir bahasa Inggris nih. Les di mana ya?” Bisa enggak mahir bahasa Inggris tanpa kursus?

“Gimana ya caranya bisa lancar ngomong Bahasa Inggris gitu?”

“Kalau mau belajar bahasa Inggris pertama-tama ngapain dulu ya”.

Banyak sekali pertanyaan serupa itu pasti. Ada yang sudah bisa berbahasa Inggris tapi bingung bagaimana  caranya bisa menggunakan secara aktif. Ada yang ingin belajar Bahasa Inggris kembali karena ingin aktif menulis berbahasa Inggris, misanya. Ada yang ingin belajar tapi terkendala kaerna kalau ikut kursus di lembaga pendidikan bahasa Inggris, harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit.  Padahal, mahir berbahasa Inggris  tanpa kursus itu bisa banget lho.

Mahir bahasa Inggris di rumah saja, tanpa ikut kursus dan belajar dengan cara yang super menyenangkan, bisa dilakukan sendiri kok.  Beberapa cara yang saya sharing ini bisa dilakukan dan Insya Allah bisa membuat Emak sekalian mahir berbahasa Inggris tanpa kursus dan di rumah saja.

5 Tip Mahir Bahasa Inggris Tanpa Kursus

  1. Summarizing 

Kalau berniat belajar bahasa Inggris di rumah, memang harus meluangkan waktu khusus, karena pekerjaan rumah itu tak ada habisnya. Minimal dalam satu hari, harus ada waktu untuk membaca satu artikel berbahasa Inggris, misalnya feature di BBC News atau NYTimes (ini ada aplikasinya).

Selain membaca, bisa mendengar podcast atau menonton video di channel Youtube, yang berbahasa Inggris ya. Podcast yang rekomen untuk belajar bahasa Inggris yaitu TEDTalk dan All Ears English. TEDTalk juga ada channel Youtubenya.

Tip dari saya, sembari membaca, mendengar atau pun menonton, catat kata-kata baru yang penting dan coba pahami isinya. Kita juga bisa meringkas atau menceritakan kembali dengan bahasa Inggris kita sendiri. Biar lebih percaya diri, rekam suara atau buat video saat kita menceritakan ulang. Lakukan ini selama sebulan, setiap hari. Insya Allah, hasil dari proses ini akan signifikan.

2. Menonton Drama Korea atau Film-film Barat/Western

Hah? Kok bisa menonton drama Korea bikin mahir bahasa Inggris tanpa kursus? Bisa dong. Caranya, mencari drama Korea dengan subtitle Bahasa Inggris. It works a lot to enrich your vocabulariy! 

Salah satu cara saya belajar bahasa Inggris dengan rajin menonton drama Korea. Mau tidak mau, kalau kita tidak tahu artinya pasti pause dulu, cari artinya dan voila… ada kosakata baru yang kita berhasil pelajari. Dengan begini kita bisa belajar bahasa Inggris dengan cara yang super menyenangkan. Apalagi kalau kita nontonnya drama-drama yang sedang ngehits seperti Crash Landing on You, The World of The Married, It’s Okay to Not Be Okay dan drakor hits lainnya.

Nonton film-film Hollywood pun bisa kita jadikan cara belajar bahasa Inggris di rumah saja. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Nonton drama atau film sekalian belajar bahasa Inggris.

3. Telling Procedure’s

Belajar Bahasa Inggris sambil tetap melakukan pekerjaan rumah tangga, memang bisa? Bisa banget. Contohnya adalah saat kita masak. Ceritakan tahap-tahap atau step by step memasak dalam Bahasa Inggris. Anggap saja kita seperti chef-chef di TV yang sedang memberikan tutorial cara memasak makanan. Kita bisa menceritakan langkah demi langkah mulai dari mencuci, memotong sayuran, mencincang daging, mengulek bumbu sampai menggoreng.

Dengan begini, memasak bisa jadi lebih mengasyikkan. Cobain deh! Cara ini tidak hanya kita gunakan saat memasak, tetapi juga saat melakukan kegiatan yang lain. Contohnya, menjahit baju, membersihkan rumah, mencuci dengan mesin cuci dan pekerjaan rumah tangga lainnya. Justru dengan begitu kita akan mengenal kosa kata Bahasa Inggris yang related dengan kehidupan kita dan kita sering pakai dalam kehidupan sehari hari.

5 Tip Mahir Bahasa Inggris Tanpa Kursus

4. Talking

Yup! Berbicara. Salah satu tip untuk bisa bahasa Inggris tanpa kursus adalah mempraktekkan secara langsung,  yaitu dengan berbicara. Ada banyak cara, salah satunya adalah berbicara di depan cermin. Bisa bicara tentang ngapain saja hari ini, bagaimana perasaan kita hari ini, rencana hari esok atau sekedar curhat ala-ala pakai bahasa Inggris di depan cermin.

Dengan begitu, kita bisa juga melihat bagaimana ekspresi kita, cara kita berbicara (natural atau terlalu lebai ), gesture tubuh kita dan lain sebagainya. Cara lainnya adalah dengan merekam video saat kita berbicara. Kelebihan cara ini adalah kita bisa simpan semua video itu dalam satu label dan kita bisa flashback nantinya untuk melihat progress belajar kita. Nah, nanti pasti akan terlihat perbedaannya dari video pertama sampai video terakhir dalam kurun waktu tertentu.

5. Join in an English Community

Memang belajar sendiri itu nggak seru ya. Kita juga pasti butuh motivasi, dukungan dan lingkungan yang nyaman untuk bisa terus belajar. Biar nggak bosan, kita bisa mengajak teman atau partner kita untuk berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Misalnya saling mengirimkan voice note tentang kegiatan sehari-hari dalam Bahasa Inggris atau pun video call dan ngobrol dalam Bahasa Inggris. Bagaimana kalau nggak punya teman yang bisa diajak belajar bahasa Inggris tanpa kursus?

Kalau seperti itu, kita perlu bergabung di komunitas atau club belajar bahasa Inggris. Di sana kita bisa belajar bahasa Inggris bareng dengan jadwal yang lebih teratur, bisa semakin menguatkan kepercayaan diri kita berbicara dalam bahasa Inggris, saling mendukung plus jaringan pertemanan pun semakin luas.

Salah satu English Club yang teman teman wajib coba adalah ATM English Club. Di club ini, teman-teman akan menerima tantangan setiap hari dengan topik atau permainan yang berbeda beda. Di awal bulan, teman-teman juga berkesempatan untuk menerima awards sebagai anggota paling aktif. Plus kita bisa mempunyai teman dengan interest yang sama dari berbagai daerah di Indonesia. 

Yup, ternyata belajar bahasa Inggris tuh bisa kok dilakukan dari rumah saja, sekalian beberes rumah atau masak dan nggak perlu mikirin biaya. Hanya dua yang perlu dipersiapkan, niat dan usaha.

So, are you ready to learn English right now?

***

Artikel ini ditulis oleh Meykke Santoso

  • Digital Creator, Momfluencer.
  • Read my education, traveling and lifestyle story on Meykke Santoso
  • Follow Meykke on @meykkesantoso and Let’s learn English together on her Youtube Channel ‘Meykke Santoso’ (https://www.youtube.com/channel/UC_MuBJBrCDkfq53FZJX1BZA/featured )