Gerakan Tangan ABC – “Mah, kapan sih kita bisa sekolah lagi?”

Tahun ajaran baru telah tiba, sudah dapat pertanyaan di atas belom Mak, dari si buah hati?

Hampir 4 bulan lamanya anak-anak bersekolah dari rumah, karena pandemi COVID-19. Bahkan kegiatan-kegiatan awal tahun ajaran baru yang dimulai bulan Juli 2020 ini, juga masih dilaksanakan secara daring hingga waktu yang belum ditentukan. Anak-anak sudah mulai merasa jenuh terus berada di rumah.

Setelah melewati masa #DiRumahAja selama hampir 4 bulan lamanya, saat ini Indonesia sudah memasuki masa-masa transisi new normal. Masa-masa ini terasa menjadi angin sejuk setelah 4 bulan kita di rumah saja. Karena beberapa tempat hiburan, restoran dan mall-mall sudah kembali dibuka. 

Jadi selama masa transisi new normal ini sudah ngajak anak-anak jalan-jalan ke mana aja nih Mak?

Gerakan Tangan ABC, Cara Sehat dan Eksploratif untuk Perlindungan Diri

Tau nggak Mak, menurut data resmi IDAI pada anak 0-17 tahun per 18 Mei 2020, menyebutkan bahwa 584 anak dinyatakan positif mengidap COVID-19  dan 14 anak di antaranya meninggal dunia. Dan hingga 15 Juni kemarin, telah mencapai 3.064 anak dan terdapat 28 anak yang meninggal dunia. Sedih sekali ya.

Walaupun mulai nggak tega melihatt anak-anak yang mulai jenuh karena terus beraktivitas di rumah aja, tapi jangan sampai melupakan protokol kesehatan saat membawa anak-anak ke luar rumah ya Mak!

Untuk meredam penyebaran virus COVID-19 pada anak di masa transisi new normal ini, sejumlah panduan beserta protokol kesehatan juga telah disosialisasikan oleh Pemerintah dan IDAI.

Tapi namanya juga anak-anak, kadang suka lupa-lupa inget kalo dibilangin. Apalagi untuk protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19 ini. Supaya mereka nggak lupa, kita harus terus sounding berkali-kali menjelaskan tentang apa yang harus mereka lakukan saat beraktivitas di luar rumah.

Memang butuh cara yang menyenangkan ya, untuk mengingatkan anak-anak tentang apa yang harus dilakukan saat beraktivitas di luar ruangan di tengah masa transisi new normal ini.

Nah, pas banget nih produk multivitamin kesayangan anak-anak , Sakatonik ABC membuat panduan perlindungan kesehatan tubuh anak di tengah pandemi dengan cara menyenangkan yang dikemas dalam #GerakanTanganABC!

#GerakanTanganABC untuk Perlindungan Kesehatan Tubuh Anak 

Gerakan Tangan ABC, Cara Sehat dan Eksploratif untuk Perlindungan Diri

Gerakan Tangan ABC merupakan gerakan tangan yang menyenangkan dipandu dengan video serta iringan musik sehingga mudah sekali diaplikasikan dalam keseharian anak-anak.

Menurut Feni Herawati (Director of Kalbe Consumer Health), ajakan #GerakanTanganABC merupakan komitmen Sakatonik ABC untuk mendukung anak Indonesia tetap aktif dan berdaya tahan tubuh kuat. Cara yang menyenangkan dan eksploratif ini bisa terus diterapkan anak saat menjalani masa transisi new normal sekaligus mengajak anak melindungi tubuhnya baik dari luar maupun dalam.

Seperti Apa Sih #GerakanTanganABC?

Gerakan Tangan A. A-ku Jaga Jarak Aman

Cara Sehat dan Eksploratif untuk Perlindungan Diri

 

Cara Sehat dan Eksploratif untuk Perlindungan Diri

 

Gerakan Tangan ABC, Cara Sehat dan Eksploratif untuk Perlindungan Diri

Gerakan pertama adalah Gerakan Tangan A yang mengingatkan anak-anak untuk selalu menjaga jarak aman dengan orang-orang di sekelilingnya. Jarak yang harus dijaga, minimal serentangan tangan anak-anak kita.

Gerakan Tangan B. B-awa dan Pakai Masker

Gerakan Tangan ABC, Cara Sehat dan Eksploratif untuk Perlindungan Diri

Gerakan kedua, gerakan tangan B mengingatkan anak-anak untuk selalu membawa dan menggunakan maskernya selama berada di luar rumah.

Gerakan Tangan C. C-uci Tangan Pakai Sabun

Gerakan ABC

Gerakan ketiga, Gerakan tangan C untuk mengingatkan anak-anak  selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah beraktivitas di luar rumah.

Gerakan Tangan D. D-an Selalu Minum Vitamin

#GerakanTanganABC, Cara Sehat dan Eksploratif untuk Perlindungan Diri

Gerakan terakhir, adalah gerakan dengan pesan yang nggak kalah penting dibandingkan dengan gerakan lainnya. Gerakan tangan D untuk Dan selalu minum vitamin.

Di tengah pandemi ini meningkatkan daya tahan tubuh adalah hal yang nggak boleh terlewatkan. Selain dengan makan-makanan yang sehat yang bergizi, asupan multivitamin juga dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan vitamin dan juga meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Perlindungan Tubuh Anak dari Dalam dengan Sakatonik ABC

#GerakanTanganABC

Selain perlindungan dari luar, tubuh anak juga membutuhkan perlindungan dari dalam tubuh. Yaitu dengan memberikan nutrisi lengkap dan bergizi disertai dengan pemenuhan multivitamin yang cukup untuk menjaga pola keseimbangan nutrisi anak. Agar anak-anak tetap aktif bergerak dalam kesehariannya.

Dr. Helmin Agustina Silalahi (Medical Manager of Kalbe Consumer Health) mengatakan bahwa #GerakanTanganABC salah satunya mengajak anak untuk melindungi tubuhnya dari dalam dengan memastikan mereka memiliki asupan nutrisi lengkap dan seimbang dengan multivitamin dari Sakatonik ABC.

Jadi, Sakatonik ABC dalam bentuk apa nih yang jadi favoritnya anak-anak? 

#GerakanTanganABC

Sakatonik ABC tablet hisap adalah multivitamin yang berbentuk alfabet yang lucu dengan 4 varian rasa. Dengan varian rasa anggur, jeruk, stroberi dan antariksa (tutty fruity), Sakatonik ABC tablet hisap juga mengandung vitamin A, B1,B2,B3,B6, B12, C, D3 dan vitamin E.

Tablet hisap yang lucu dan enak ini dapat dikonsumsi dengan dosisi 3 x sehari 1 tablet hisap dan bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan anak-anak dan membantu memnuhi kebutuhan multivitamin anak-anak di usia pertumbuhan dan pada masa penyembuhan setelah sakit.

#GerakanTanganABC

 

Sedangkan Sakatonik ABC Gummy merupakan multivitamin berbentuk permen kenyal. Dengan bentuk beruang yang lucu, Sakatonik ABC memiliki 4 varian rasa dalam 1 kemasan, mulai dari apel, stroberi, anggur dan jeruk. Dalam satu kemasan, Sakatonik ABC Gummy mengandung sumber serat dan juga tinggi vitamin C.

Cocok banget nih diberikan untuk anak-anak yang kurang suka mengkonsumsi buah dan sayur. Sakatonik ABC Gummy dapat dikonsumsi dengan dosis 1 sachet perhari dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan juga menjaga daya tahan tubuh anak.

Selain berbentuk tablet hisap dan gummy, sekarang Sakatonik ABC juga hadir dalam bentuk madu.

#GerakanTanganABC

Sakatonik ABC madu hadir dalam kemasan stik dalam dua varian rasa, yaitu jeruk dan stoberi. Sakatonik ABC madu memiliki kandungan tinggi vitamin C yang juga cocok untuk menjaga daya tahan tubuh anak-anak. Nggak hanya bisa diminum secara langsung, Sakatonik ABC Madu juga dapat dicampur dengan berbagai macam minuman atau dapat dijadikan topping pada roti atau makanan kesukaan anak lainnya. Dalam bentuk stik, Sakatonik ABC mudah dibawa dan mudah dikonsumsi anak-anak dimanapun mereka berada.

Dengan #GerakanTanganABC kita telah mempersiapkan tubuh anak-anak dengan perlindungan dari luar dan dalam sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan oleh IDAI.

Menurut dr. Margareta Komalasari, Sp.A selaku Dokter Spesialis Anak dan anggota IDAI Jaya, menjaga kesehatan dari luar tubuh anak dapat didukung juga oleh orang tua untuk terus mengingatkan anaknya agar tetap menjaga jarak, selalu disiplin memakai masker dan juga rajin mencuci tangan.

Dan juga sangat dianjurkan untuk tetap aktif bergerak selama minimal 1 jam per hari dan tetap berjemur setiap hari. Karena kebiasaan kurang aktif bergerak, jarang berolahraga dan juga jarang berjemur jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai penyakit pada anak.

Jadi, di masa transisi new normal ini, jangan lupa ya Mak untuk selalu mengingatkan anak-anak dengan Gerakan Tangan ABC, tetap mengajak mereka bergerak dan berjemur, memberikan asupan nutrisi lengkap dan bergizi serta melengkapi kebutuhan multivitamian harian mereka dengan multivitamin Sakatonik ABC.

Yuk ajak anak menghapal dan menerapkan #GerakanTanganABC saat menjalani aktivitas mereka selama masa transisi new normal ini. Semoga anak-anak tetap sehat, tetap semangat dan terus berprestasi! 

***

Adriana Dian