Hai, Mak. Apakah Emak sering mengalami perut kembung? Penyakit satu ini bukan hanya karena terlalu banyak minum air, tetapi juga mengindikasikan beberapa penyakit yang berhubungan dengan pencernaan loh! Bahkan, bisa juga berkaitan dengan kelainan jantuh! Nah, karena itu, kita harus tahu cara mengatasi perut kembung ini dengan segera.

Cara tradisional yang kerap dilakukan untuk tahu apakah perut kita kembung atau tidak adalah dengan menepuk-nepuk perut. Jika terdengar seperti gendang kecil, maka itu berarti perut kita sedang kembung.

Kembung sendiri adalah keadaan saat terlalu banyak gas dalam saluran pencernaan, kerongkongan, lambung, usus kecil, dan juga usus besar, sehingga perut terasa tak enak, ingin buang gas terus, dan sering beserdawa.

Banyak orang beranggapan, bahwa masalah perut ini adalah penyakit ringan, bisa hilang dengan sendirinya, atau cukup diobati dengan membalurkan minyak kayu putih saja di perut. Tapi, sebaiknya sih, jangan anggap remeh perut kembung, karena ternyata bisa merupakan indikasi beberapa penyakit loh.

 

Penyebab Perut Kembung

  • Meningkatnya jumlah udara yang tertelan, karena minum atau makan yang terlalu tergesa-gesa, mengunyah permen karet terlalu banyak, ataupun minum bersoda yang berlebihan. Biasanya masalah ini disebut dengan aerophagia.
  • Meningkatnya produksi gas akibat aktivitas bakteri dalam usus besar, serta karena tubuh tidak dapat mencerna dan menyerap beberapa bentuk karbohidrat seperti gula ataupun tepung. Bisa juga diakibatkan oleh pencernaan makanan berserat yang tidak sempurna, seperti kol, bawang, brokoli hingga makanan biji-bijian. Jenis-jenis makanan ini memang dikenal bisa menghasilkan gas dalam usus besar.
  • Kekurangan enzim laktase, yang mengakibatkan tidak maksimalnya usaha pencernaan laktosa atau gula alami dalam produk susu atau roti. Akibatnya, terjadi diare dan sakit perut.

Mengatasi Perut Kembung

  • Kurangi makan-makanan berlemak, makanan pedas, dan juga makanan yang berkadar garam tinggi. Garam dapat membuat tubuh menahan air untuk membangun sistem tubuh. Akan lebih sehat bagi Emak jika bisa mengurangi asupan garam ke dalam tubuh ini, karena bila berlebihan dapat menyebabkan masalah perut satu ini.
  • Hindari makanan dan minuman berkarbonasi dan jangan terlalu lama atau sering mengunyah permen karet. Begitu pun, kurangi konsumsi makanan berpemanis buatan. Kesemua hal tersebut dapat meningkatkan gas dalam saluran pencernaan kita, Mak.
  • Jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung zat pati, seperti roti-rotian, kerupuk, maupun pasta. Pati juga cenderung menyebabkan retensi cairan, dan akhirnya membuat pencernaan tak enak, dan jadi kembung.

Nah, semoga sedikit tip di atas bisa membantu ya, jika Emak sering banget mengalami perut kembung. Yang pasti, jagalah pola makan, hanya makan yang memang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup, tidak berlebihan. Emak bisa coba menerapkan food combining, untuk pola makan yang lebih sehat, Mak.

Semoga kita semua selalu sehat ya, Mak!