Pasar Tanah Abang, salah satu tujuan belanja grosiran di Jakarta dan menjadi pusat grosir tekstil terbesar se Asia Tenggara. Jenis barang yang dijual di pasar ini sangat lengkap. Mulai dari berbagai macam tekstil, pakaian, sepatu, tas, hingga pernak-pernik aksesori seperti kalung, gelang, dan ikat pinggang.

Pasar Tanah Abang, Pasar Tekstil Terbesar di Asia Tenggara

Pasar ini juga terkenal sebagai pusat penjualan oleh-oleh dan perlengkapan haji terlengkap. Begitu bangganya Indonesia dengan keberadaan pasar ini, sampai-sampai Oom Mark yang punya Facebook itu, datang ke Jakarta diajak muter-muter di dalam Pasar Tanah Abang oleh Presiden Jokowi.

Pasar grosir Tanah Abang terbagi dalam tiga wilayah, yaitu Tanah Abang Metro, Tanah Abang Lama, dan Tanah Abang AURI. Tanah Abang Lama terdiri dari beberapa blok, antara lain blok A, B dan F. Sementara Tanah Abang AURI memiliki blok yang lebih banyak, yaitu A, B, C, D, E, F, G, AA, BB dan CC. Banyak sekali bukan? Bagi yang baru pertama kali datang ke sana, harus sangat hati-hati dan banyak bertanya .Jika tidak, bisa saja tersesat di tengah pasar dan tidak tahu jalan ke luar.

Jangan bayangkan pasar ini kumuh dan panas seperti saat pertama kali dibangun, karena sekarang ini sudah berdiri beberapa blok yang sangat megah dan tingginya mencapai 12 lantai. Suasana di dalam bangunan gedungnya pun cukup nyaman dengan pendingin ruangan yang berfungsi maksimal.

Yang lebih menarik, sejak bulan Desember 2018, telah beroperasi sebuah Skybridge atau Jembatan Penyeberangan Multiguna (JPM). JPM ini menghubungkan antara stasiun kereta Tanah Abang dengan Blok A, B, E, dan F. Jika tadinya kita harus berjalan cukup jauh dari blok-blok tersebut menuju ke Stasiun Tanah Abang melalui jalan-jalan kecil yang padat dan kumuh, sekarang sudah terhubung dengan JPM.

Bagi yang bermaksud untuk datang ke pasar ini, sebaiknya jangan hanya berbelanja di dalam bangunan gedung-gedung bertingkat seperti blok A, B, atau F, tapi coba juga kunjungi lapak-lapak pedagang kaki lima yang bertebaran di sekitar pasar dan juga di atas JPM.

Sangat menyenangkan berjalan di sepanjang JPM sambil berbelanja murah dibuai semilir angin sepoi-sepoi.

Bagaimana dengan harga barang-barang di dalam gedung pasar? Jangan khawatir, masih banyak kok yang murah-murah. Ada gamis batik seharga 60 ribu, gamis berikut kerudung panjang sepinggang sekitar 85 ribu sampai 125 ribu. Ada juga baju koko berbagai model dengan harga sekitar 50 ribu.  Belum lagi aneka setelan mukena cantik mulai 50 ribu saja. dengan harga di bawah seratus ribu. Seain itu, tentu saja banyak juga pakaian atau tas hasil karya desainer kenamaan dengan harga yang cukup menguras kantong.

Belanja di Pasar Tanah Abang, Tak Cukup Bawa Dompet Tebal

Belanja di Pasar Tanah Abang, Tak Cukup Bawa Dompet Tebal

Penasaran? Sudah pengen langsung berangkat ke Tanah Abang? Tunggu dulu! Mengingat pasar ini sangat luas dengan letak toko-toko yang padat, ada tip-tip yang harus diperhatikan untuk kenyamanan berbelanja. Berikut tipnya:

  1. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Untuk modal berkeliling di area pasar yang luas, selalu kenakan pakaian yang nyaman dan tidak panas dengan sandal atau sepatu berhak datar. Acara jelajah pasar tidak cukup hanya di dalam gedung-gedung yang nyaman, tetapi juga di toko-toko dan lapak-lapak pedagang kaki lima di bawah terik matahari.

2. Bawa Tas Besar

Tas besar yang bisa memuat banyak barang belanjaan akan sangat membantu. Jika kita harus menenteng banyak kantong di tangan kanan dan kiri, besar kemungkinan akan tercecer atau tertinggal.

3. Jangan Malu untuk Bertanya

Saat kita merasa bingung untuk mencari suatu barang ataupun tidak tahu jalan ke luar, jangan malu untuk bertanya. Bisa kepada satpam, petugas cleaning service atau pelayan toko. Jangan habiskan waktu dengan berputar-putar mencari jalan ke luar. Jangan juga bertanya kepada sesama pengunjung karena bisa jadi mereka sama tidak tahunya dengan Emaks.

4. Catat Nama dan Alamat Toko

Jika ada toko yang menarik hati dan akan kita kunjungi lagi, jangan lupa untuk mencatat atau memotret dengan ponsel nama dan alamat toko tersebut, misalnya, “Toko Amelia, blok AKS no. 45, lantai dasar, Bloik A, Pusat Grosir Tanah Abang. Meskipun kelihatan sepele, percayalah bahwa tip ini sangat berguna. Seringkali kita tidak dapat menemukan lagi letak sebuah toko yang pernah kita datangi.

5. Beli Barang dalam Jumlah Besar

Jika datang bersama dengan teman-teman, kita bisa membeli barang secara patungan. Banyak jenis barang yang harganya lebih murah jika dibeli minimal tiga potong, apalagi satu kodi (dua puluh potong).

6. Jangan Lupa Makan dan Minum

Supaya tidak terkena penyakit asam lambung, jangan lewatkan waktu makan karena asyik berbelanja. Banyak sekali pilihan makanan yang enak di seluruh area pasar. Bisa di food court lantai delapan gedung blok A dan B, atau yang lebih murah di food court lantai 4 dan 5 gedung blok F. Bisa juga di jalan-jalan di sekitar ataupun di emperan gedung-gedung tinggi.

Jika memilih untuk makan di area kaki lima atau di gerobak penjual makanan pinggir jalan, selalu ingat untuk menanyakan harganya sebelum makan. Jangan sampai kita terpaksa membayar sangat mahal untuk suatu jenis makanan.

Botol berisi air mineral juga harus ada di dalam tas kalian saat berbelanja supaya tidak mengalami dehidrasi. Ketika kehausan di tengah pasar, belum tentu kita bertemu dengan pedagang minuman.

Belanja di Pasar Tanah Abang, Tak Cukup Bawa Dompet Tebal

 

7. Jaga Keamanan Diri Sendiri

Bukan rahasia lagi bahwa pengunjung di pasar Tanah Abang sering mengalami kehilangan barang-barang berharga saat berbelanja. Sangat penting untuk menjaga keamanan diri sendiri. Jangan kenakan perhiasan berlebihan yang menarik perhatian. Semakin kelihatan mencolok, semakin banyak copet dan jambret yang akan mengikuti. Menjelang bulan puasa dan Lebaran, pasar ini sangat padat sehingga harus ekstra hati-hati.

Buat yang wanita, lebih baik menyimpan dompet dan ponsel di dalam saku celana, baju gamis atau rok panjang lalu tutupi dengan baju atasan atau kerudung panjang. Copet di pasar Tanah Abang lebih suka menyilet tas perempuan untuk mengambil dompet atau ponsel daripada merogoh saku. Letakkan tas berisi barang berharga kalian di depan badan, bukan di samping.

8. Cari Tempat untuk Sholat

Bagi muslim yang berbelanja di Pasar Tanah Abang, saat ingin sholat, ada satu masjid besar di lantai paling atas gedung Blok A Tanah Abang. Masjidnya sangat luas dan nyaman. Untuk mencapai masjid itu kita harus naik lift ke lantai 12 lalu dilanjutkan dengan naik tangga. Selain masjid besar itu, di setiap lantai gedung juga ada tempat sholat yang dibuat untuk karyawan dan pengunjung. Biasanya terletak di dekat toilet, berupa kios-kios kosong yang ditutup dengan kain. Tersedia juga mukena bersih yang bisa dipinjam.

Sebagai penduduk asli Jakarta yang sudah lumayan hafal dengan lika-liku dalam pasar Tanah Abang, saya sering mendapat tugas untuk mengantar famili atau kerabat dari luar kota yang ingin jalan-jalan ke pasar Tanah Abang.

Sangat penting untuk selalu mengingatkan mereka untuk berhati-hati menjaga barang-barang berharga. Saya saja yang sudah karatan di sana, pernah mengalami tas disilet. Untung saja waktu itu dompet ada di dalam kantong celana.

Sebenarnya bukan hanya di pasar Tanah Abang kita harus berhati-hati, hampir semua pasar-pasar besar di Jakarta sangat rawan kejahatan.

Semua tip berbelanja di Pasar Tanah Abang, juga berlaku untuk seluruh pasar besar yang padat dan ramai, terutama menjelang Lebaran. Jika sudah ingat tipnya, sekarang tinggal siapkan amunisi yang cukup untuk berkeiling ke seluruh pasar. Selamat berbelanja!

***