Perempuan Tangkal Hoaks Pemilu

By admin on February 12, 2024

Mak, tahun ini, tahun 2024 adalah tahun pemilu. Tahun yang menentukan masa depan bangsa lima tahun ke depan. Pelaksanaan pemilu tahun ini dilakukan diantara derasnya arus informasi yang seolah tak terbendung. Apalagi ditambah kemudahan masyarakat Indonesia untuk mengakses informasi melalui internet sehingga semakin memudahkan untuk mendapatkan infomasi apapun. 

Berdasarkan survey penetrasi internet Indonesia 2024 yang dilaksanakan pada 18 Desember 2023- 19 Januari 2024 oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menyebutkan bahwa tingkat penetrasi internet di Indonesia sebesar 79,5 persen. Tingkat penetrasi pengguna internet berdasarkan internet berdasarkan gender selisih tipis antara perempuan dan laki-laki. Sebanyak 87,6 persen laki-laki memiliki akses terhadap internet. Sedangkan pada perempuan sebanyak 85,5 persen yang memiliki akses terhadap internet. 

Hoaks makin merajalela jelang pemilu.

 

Akses masyarakat Indonesia terkait konten politik, sosial, hukum dan HAM pada tahun 2023 sebesar 24,73 persen. Angka ini mengalami peningkatan pada tahun 2024 ini yakni sebesar 40,56 persen. 

Adanya peningkatan akses internet terkait konten politik, sosial, hukum dan HAM menandakan masyarakat Indonesia semakin melek dengan informasi itu. Hanya saja, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menjelang Pemilu 2024 ini, hoaks berita politik mengalami peningkatan lebih dari 50 persen. 

Komitmen komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB) terkait pentingnya literasi digital ini yang kemudian mendorong dilaksanakan #KEBIntimate pada Senin, 5 Februari 2024 secara online selama lebih dari 1,5 jam. 

KEB menyelenggarakan #KEBIntimate agar perempuan bisa membedakan mana fakta dan hoaks pemilu.

Kegiatan yang dipandu Rach Alida Bahaweres, Ketua KEB ini, menghadirkan dua narasumber yakni: 

  • Indah Nuria Savitri, Direktur HAM dan Kemanusiaan, Ditjen Kerja Sama Multilateral, Kemlu, RI
  • Heni Mulyanti, Anggota Presidium Komite Edukasi Mafindo

 

Baca Juga: Jangan Tertipu Berita Hoaks

 

#KEBIntimate ini diawali dengan pemaparan materi oleh Indah Nuria yang membahas tiga hal penting yakni prinsip internasional hak atas akses informasi, penanganan isu disinformasi serta strategi mengatasi hoaks di Selandia Baru. 

“Setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat. Tapi juga harus menghormati hak atau nama baik orang lain,” ungkap Indah Savitri yang akrab dipanggil Insav. Selain itu, hak atas akses informasi juga harus melindungi keamanan nasional atau ketertiban umum atau kesehatan atau moral umum. 

Penanganan isu disinformasi atau hoaks di PBB diterapkan melalui dua resolusi yakni resolusi Majelis Umum PBB dan resolusi Dewan HAM PBB. Inti dari dua resolusi ini adalah melawan segala bentuk disinformasi serta peningkatan kerjasama dengan berbagai pihak. Termasuk organisasi internasional, masyarakat sipil, media dan pemangku kebijakan lainnya.  

Peserta #KEBIntimate Perempuan Tangkal Hoaks Pemilu.

Lantas, bagaimana strategis mengatasi hoaks di Selandia Baru? Insav mengatakan Selandia pun tak luput dari penyebaran hoaaks dari oknum yang bertanggungjawab. Tapi selama ini, penanganan hoaks di Selandia Baru dilakukan dengan tiga cara yakni : 

  • Pembentukan kelompok multi stakeholder untuk melawan disinformasi 
  • Pemberian dukungan dana bagi insiatif berbasis komunitas melawan disinformasi 
  • Riset publik mengenai disinformasi pada media digital. 

Bagaimana dengan Indonesia? Berdasarkan data yang dikeluarkan Litbang Mafindo berdasarkan penelitian yang dilakukan pada Januari hingga Desember 2023 disebutkan bahwa ditemukan 2330 hoaks dan sebanyak 1292 hoaks politik ditemukan. 

Ada dua cara untuk menangkal hoaks yakni dilakukan tindakan proaktif dan tindakan reaktif cepat untuk pengecekan fakta dan pengungkapan hasil cek fakta terhadap hoaks yang menyebar. Heni dari Mafindo memberikan beberapa cara untuk periksa hoaks yakni dengan amati dan lihat ciri-ciri yang umumnya ada pada hoaks, gunakan alat periksa fakta, cek video dan juga cek lokasi. 

Bagaimana kalau menemukan hoaks Pemilu 2024? Tak perlu kuatir karena bisa lapor ke Mafindo dan boleh dilakukan secara anonim. Emak-emak bisa juga whatsapp ke 0858-7507-2187 untuk informasi lebih lanjut. 

Yuk, Emak tangkal hoaks Pemilu 2024 ini!

Rach Alida Bahaweres

Comments (13)

February 12, 2024

Terima kasih banyak untuk kesempatan yang diberikan untuk berbagi yaaaa Maks. Banyak Cara yang bisa kita lakukan untuk tangkal hoaks., termasuk dengan lebih aware dan berhati – hati dengan informasi yang diedarkan.


February 13, 2024

Hoaks memang meresahkan apalagi hoaks pemilu..berbahayaa saudara2. Alhamdulillah udah makin banyak perempuan yg sadar dan gak mudah terprovokasi oleh hoaks yaa.


February 14, 2024

Alhamdulillah, pemilu berjalan lancar, apapun hasilnya semoga kita semua bisa menjalani hari-hari dengan bahagia dan sehat ya, bagus banget acaranya membuka wawasan kita tentang hoaks di masa pemilu ini


February 14, 2024

Nyatanya sampai pemilu di tahun ini pun masih banyak juga yang percaya hoaks, inilah peran kita dibutuhkan ya mak. Minimal memang harus sering mengedukasi sekitar dulu sih, bahwa jangan perca dengan hoax begitu saja.


February 14, 2024

Betul mak, jelang pemilu ini hoaks yang muncul emang banyaaaakk sekali. Sering mengkhawatikan deh. Makanya perlu peran dari kita juga, terutama nih yang udah punya anak dalam fase sebagai pemilih pemula, agar bisa memilah2 informasi yang didapat agar tidak tersesat pemikirannya.


February 14, 2024

Acara yang menarik dan bermanfaat mak
Hoaks memang harus diwaspadai
Perempuan harus punya keterampilan menangkal hoaks


February 14, 2024

Pemilu tuh hoaksnya gede banget! Ngeri kalau banyak dari kita yang gak siap menghadapi hoaks. Bukannya menangkal, malah dipercaya. Semoga kita semakin bijak menerima segala macam informasi.


February 14, 2024

emang ya kalau perempuan mudah kena isu, tapi sebagai perempuan yang mau cari info, aku juga tuh ajak keluarga gak sembarangan tebar hoax soalnya ngeri banget sebar-sebar WA sembarangan info.


February 14, 2024

Hoaks politik emang banyak banget dan bertujuan untuk menghancurkan karakter peserta politik ya. Semoga kita makin cerdas menyaringnya.


February 14, 2024

Memang berita hoax ini gak dapar dihindari banget yaa..
Di satu sisi, bisa jadi titik balik seseorang ketika bisa memberikan batu loncatan agar lebih tinggi, tapi di sini lain, bisa jadi petaka.

Tugas kita semua untuk tidak mudah judgement dengan segala berita yang arusnya luar biasa cepat. Tetap menjadi warga yang cerdas dan bijak saat mendapatkan berita dari manapun sumbernya.


February 14, 2024
April Hamsa

Buat yang melek dunia digital dan sering update ttg apa yang terjadi di dunia maya kyk kita2 ini #uhuks memang sebaiknya bisa membedakan hoaks atau enggak dengan baik. Trus kalau tahu ada hoaks menyebar di sekeliling minimal kita bantu luruskan juga yaa.


February 15, 2024

Ska sekali highlight talkshow ini dari mak INsav,

“Setiap orang berhak atas kebebasan mempunyai dan mengeluarkan pendapat. Tapi juga harus menghormati hak atau nama baik orang lain,”

Jadi memang intinya adalah golden rules ya, karena hal itu demi saling menjaga, dan saling menghomati hak atas akses informasi untuk melindungi keamanan nasional.


February 16, 2024
Erin Friyana

Menjelang pemilu berita hoaks itu memang tinggi banget, ya Mom. Sampai mengalami peningkatan hingga 50%. Kasihan yang belum paham membedakan berita asli dan hoaks. Jadi, harus hati-hati banget menyerap informasi dari internet.


    Leave your comment :

  • Name:
  • Email:
  • URL:
  • Comment: