ditulis oleh Arinta- www.kayusirih.com

**

Tahun 2016 hampir usai, dan tahun 2017 insya Allah akan segera dimulai. Apakah yang biasanya ramai di penghujung tahun? Menurut penerawangan saya, ada 3 hal yang biasanya jadi bahan obrolan.

  1. Evaluasi

Secara umum, pengertian evaluasi adalah suatu proses untuk menyediakan informasi tentang sejauh mana suatu kegiatan tertentu telah dicapai. Bagaimana perbedaan pencapaian itu dengan suatu standar tertentu untuk mengetahui apakah ada selisih di antara keduanya, serta bagaimana manfaat yang telah dikerjakan itu bila dibandingkan dengan harapan-harapan yang ingin diperoleh.

Dari kejadian yang telah lalu, tentu kita bisa bercermin. Apa saja yang telah kita lalui, apa yang telah kita lakukan, apa yang mesti diperbaiki, dan apa yang sebaiknya dipertahankan.

Meski sebaiknya muhasabah diri dilakukan setiap hari, tapi boleh lah jika momen tahun baru kita jadikan patokan. Seperti perusahaan-perusahaan yang punya laporan akhir tahun, kita juga bisa membuat evaluasi akhir tahun, agar kita bisa menilai performa kita selama ini, dan mempersiapkan diri menjadi pribadi yang lebih baik di masa yang akan datang.

  1. Resolusi

Setelah bercermin pada peristiwa yang telah berlalu, alangkah baiknya bila kita membuat target perbaikan untuk masa yang akan datang. Target ini sering disebut resolusi.

Banyak yang melakukannya, tapi tak jarang pula yang memilih menjalani kehidupan apa adanya. Go with the flow, istilah mereka.

Saya sendiri baru mulai membuat resolusi dua tahun belakangan. Dan saya merasakan manfaat dari resolusi yang saya buat.

Bukan berarti hidup saya jadi penuh ambisi. Saya hanya teringat dengan sebuah nasehat,

“Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari hari kemarin, maka dia termasuk orang yang beruntung. Barangsiapa yang hari ini sama dengan hari kemarin, maka dia termasuk orang yang merugi. Barangsiapa hari ini lebih buruk dari hari kemarin, maka dia termasuk orang yang celaka.”

  1. Prediksi

Ini sering kita saksikan di televisi. Ada beberapa acara yang sengaja mengundang paranormal atau cenayang, untuk memprediksi keberuntungan di tahun depan. Iya, akhir tahun dan awal tahun, mereka dengan profesi ini memang seperti kebanjiran rezeki.

Sudah tahu belum, tahun depan itu shionya apa? Katanya sih, Ayam Api. Saya, terus terang, kurang mengerti dengan ini.

Beberapa orang percaya dengan ramalan atau penerawangan masa depan. Sebagian lainnya, tidak mau meyakininya. Tidak masalah, tergantung kepercayaan kita saja.

Tapi yang perlu diingat, apa yang akan terjadi nanti, tak ada seorang pun yang bisa mengetahuinya secara pasti.