Halo, Mak! Perkenalkan saya, Mak ChoVa, yang doyan banget makan 😀 Sayangnya, saya cuma suka makan nggak bisa masak. Habis gimana lagi, saya emang nggak hobi masak. Wong masaknya lama habisnya cepet. Kesel kan jadinya? :mrgreen: Tapi kali ini saya mau mengenalkan resep ayam goreng masak cepat, sedap,  dan hemat nih.

Resep ayam goreng ini cepat karena prosesnya nggak ribet, bisa disambi-sambi. Sedap karena sudah pasti hasilnya cucok buat sang buah hati, dan hemat karena bumbunya cuma dikiiit 😛 Hayo, siapa yang nggak mau masak dengan hemat? Kayaknya sih semua mau ya, Mak? Maunya kan masak hemat, tapi enak, sehat dan penuh gizi. Bener nggak tuh?

Nah, dijamin deh resep ayam goreng mentega ini juga cepat banget dimasaknya, beneran nggak pakai ribet. Kalau perlu, ajak si kecil ikut masak di dapur, Mak. Bakalan tambah seru deh.

Yuk, mari kita siapkan bahan-bahannya, Mak!

 

Resep Ayam Goreng Mentega

Bahan:

  • 500 gr sayap ayam yang sudah dipotong menjadi 2 bagian
  • 1 bh bawang bombay belah dua, lalu iris tipis
  • 1 bh tomat masak ukuran sedang
  • 1 bungkus tepung bumbu Kobe boleh, Mamasuka boleh. Mama gak suka juga gak papa 😛
  • 2 sdm mentega
  • 2 sdm kecap inggris
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 sdt lada
  • 1 sdt garam

 

Cara membuat:

  1. Cuci ayam bersih-bersih, lalu taburi garam dan lada, remas dengan mesra lembut sampai rata.
  2. Setelah itu rebus hingga mendidih dengan 2 gelas air, atau kalau nggak mau direbus, kita bisa langsung ke step ketiga berikut.
  3. Baluri ayam dengan tepung bumbu hingga rata.
  4. Goreng sampai kecokelatan, sisihkan sebentar.
  5. Panaskan mentega ditambah 1 sdm minyak goreng bekas menggoreng tadi.
  6. Tumis bawang bombay hingga harum.
  7. Masukkan ayam tepung tadi, lalu tambahkan kecap inggris, kecap manis, dan terakhir irisan tomat.
  8. Masak hingga haruuuumm.

Hidangkan hangat-hangat dengan nasi hangat pula 🙂

Mau tahu penampakannya, Mak? Ini dia nih!

Ayam Goreng Mentega a la Chef Mak ChoVa 😀

Resep ayam goreng mentega

Menu makan siangku hari ini 🙂

Mari, Mak, kita coba 🙂 Cucok untuk bekal ke kantor atau bekal sekolah si kecil.

Salam manis 😀