Umumnya anak-anak pasti senang main playdough ya, Mak? Dan kalau mereka disuruh main cat? Pasti sama sukanya seperti main playdough. Karena anak-anak memang suka beraktivitas dan berimajinasi. Tapi pernahkah berpikir, kalau seumpama kita buat sendiri playdough-nya gimana ya? Oh, nggak tahu cara membuat playdough sendiri ya?

Ya, sebagai orang tua, kadang kita suka berpikir juga (baca: khawatir), cat-cat yang dipakai oleh anak-anak kita itu aman nggak ya? Apalagi kalau kita masih punya anak balita. Kan kalau balita itu kadang suka memasukkan jari-jari mereka ke mulut kan? Padahal tangannya sedang tidak bersih. Kalaupun ada produk yang aman untuk anak, harganya itu yang bisa dibilang cukup lumayan.

Kadang saya pribadi sebagai orang tua suka miris juga. Katakanlah beli playdough seharga Rp50.000, yang terdiri dari beberapa warna. Lalu oleh anak-anak dimainkan dengan cara dibentuk-bentuk dan dicampur-campur.

Nah, terus masalahnya, kalau warnanya sudah dicampur-campur gitu kan akhrinya sudah nggak bisa dipisah-pisahkan lagi. Dan kalau semua warna sudah tercampur menjadi satu, jadinya mereka sudah malas untuk memainkan lagi playdough-nya. Ya, kecuali dibelikan yang baru, dan uang Rp50.000 jadi seperti melayang begitu saja.

Karena cukup sering mengalami kejadian seperti itu, akhirnya saya mulai berpikir, kenapa nggak coba bikin sendiri?

Ternyata cara membuat playdough sendiri ini cukup mudah lo. Resepnya sendiri saya tanya ke mbah gugel. Dan dengan mengetik “finger paint recipe” atau “playdough recipe”, kita pun sudah bisa mendapatkan banyak sekali berbagai resep homemade finger paint ataupun playdough.

Nah, untuk memudahkan Emak sekalian, siapa tahu pengin juga tahu cara membuat playdough sendiri, dari sekian banyak resep yang ada di internet, saya memilih resep yang paling sederhana sebagai percobaan pertama saya untuk saya bagikan pada Emak.

Boleh langsung dicoba nih, Mak. Gampang kok.

 

Cara membuat playdough sendiri (yang sekalian bisa menjadi bahan fingerpaint)

Cara Membuat Playdough dan Fingerpaint Sendiri

Bahan:

1 cangkir tepung terigu
1 cangkir garam
pewarna makanan (cari yang aman untuk anak ya)
Air
Vanilla essence (optional)

 

Cara Membuat Playdough dan bahan fingerpaint

Campur tepung terigu dan garam ke dalam satu wadah. Beri air sedikit demi sedikit, sambil diaduk-aduk hingga kekentalannya cukup. Jaga supaya jangan terlalu encer ya, sampai tepung sudah tercampur rata.

Setelah itu, beri beberapa tetes pewarna makanan. Kepekatan warna yang didapatkan akan tergantung dari seberapa tetes pewarna makanan yang kita berikan.

Nah, sebenarnya adonan ini sudah bisa digunakan sebagai bahan fingerpaint yang sudah siap untuk dikreasikan ke dalam berbagai bentuk.

Kalau mau membuat playdough-nya, kita tinggal tambahkan saja tepung terigu lagi. Tambahkan terus hingga adonan kalis alias tidak menempel lagi di tangan. Kalau perlu tambahkan juga sedikit pewarna makanan lagi. Setelah kalis, jadi deh homemade palydough-nya.

Gampang banget kan?

 

Sedikit catatan nih, Mak.

Karena saya ingin punya beberapa warna, maka saya membagi adonan tepung yang sudah dicairkan tersebut ke dalam beberapa wadah terlebih dahulu. Setelah itu baru ditetesi pewarna sesuai dengan warna yang kita inginkan.

Untuk pewarna makanannya sendiri kita hanya butuh 3 macam pewarna makan dasar saja, yakni merah, kuning, dan biru. Kalau Emak sudah punya 3 pewarna makanan tersebut, kita bisa berkreasi menjadi warna apa pun, Mak.

Dan untuk lihat hasil bikinan saya dan juga hasil lukisan dengan finger paint bisa klik di sini.

 

Oh iya, kalau saya sih suka ditambah dengan vanilla essence sedikit, lantaran kata anak saya, palydough-nya bau tepung. Jadi akhirnya saya beri vanilla essence sedikit supaya wangi.

Setelah selesai bermain, playdough ini bisa kita simpan di kulkas. Keluarkan beberapa saat sebelum dimainkan lagi. Kalau dirasa jadi agak keras, kasih air sedikit-sedikit sampai dapat kekenyalan yang kita inginkan.

Gimana, Mak? Murmer kan cara membuat playdough kita ini? Tapi biar murmer gitu, sama asyiknya deh dengan main cat atau playdough yang dari toko-toko itu. Bahkan lebih asik karena anak-anak juga bisa kita ajak dari mulai proses membuat playdough dan paint-nya.

Bahan-bahannya sudah dijamin aman deh. Jadi kalau mereka mencampur-campur semua warnanya, kita kan nggak khawatir lagi, karena murah dan mudah dibuatnya.

Selamat mencoba, Mak!