Sebagai seorang penulis blog, tentu kita tak hanya memikirkan diri sendiri ketika sedang menulis.

Maksudnya, begini. Apa sih tujuan kita menulis di blog? Kalau tujuannya adalah berbagi, baik berbagi ilmu, berbagi pengalaman, berbagi perasaan aka curhat, maka tentulah kita mengharapkan ada pembaca yang sudi mampir ke blog kita. Betul ga?

Ini kalau tujuannya adalah berbagi ya. Kalau tujuannya, pokoknya gue nulis. Perkara mau dibaca apa engga, mau disukai apa engga tulisan gue, mau dikunjungi apa engga, itu bodo amat, itu sih pilihan masing-masing blogger sih πŸ˜€ Kalau yang begini, sok sajalah blognya mau diapain. Tapi jangan bertanya-tanya, kok blog saya ga ada yang ngomenin ya? Hehehe… Just a thought πŸ˜‰

Nah, jika memang hendak berbagi, ada baiknya Emaks memposisikan diri Emaks sebagai pembaca blog, selain sebagai penulis blog sendiri. Maksudnya begini, kadang Emaks menulis dan mendekorasi blog yang menurut Emaks enak dan nyaman. Tapi, pernahkah terpikir, bahwa mungkin saja pengunjung blog berpikiran lain?

Nah, berikut ini adalah beberapa checklist blog yang nyaman dikunjungi.

1. Loading cepat

Yep. Blog yang bagus dan bakalan sering dikunjungi adalah blog yang loadingnya cepet. Gimana caranya ngecek kecepatan loading? Saya biasanya ngecek di sini. Ini adalah tool punya Google. Bisa juga ngecek di sini. Menurut Google Speed Checker, web KEB adalah sebagai berikut.

001

Bisa dilihat, untuk tampilan di desktop, blog ini lumayan. Sedangkan untuk tampilan mobile, agak lebih lambat ketimbang dilihat via desktop. πŸ˜€

2. Tampilan simple, tak terlalu banyak pernak-pernik, animasi ataupun musik

Pernah ga mengunjungi suatu blog di malam hari, ketika anak-anak sudah tidur dan suasananya sudah lengang, lalu tetiba blog yang dikunjungi ada backsound MP3-nya? πŸ˜† Saya sering! Dan alhasil, saya terlonjak kaget, dan langsung pencet simbol X di sudut. πŸ˜† Jadi begini, buat sebagian besar pembaca blog, jika mereka ingin mendengarkan musik, mereka prefer mendengarkan dari media masing-masing. Jadi sebenarnya, mereka ndak butuh diputerin musik di blog yang mereka kunjungi πŸ˜€ Yaaa, singkatnya sih begitu ya. Mungkin bisa saja dijawab, yaaa kan tinggal dimute aja. Hmmmm… oke deh, akan dimute. Tapi saya pribadi sih, berpikir-pikir lagi kalo mau berkunjung lagi hihihi… Ini saya pribadi loh.

Lagian, segala macam pernak-pernik, seperti animasi-animasi yang ga perlu, dan juga backsound MP3 itu bisa melambatkan kecepatan loading dan menambah kuota blog yang harus diloading oleh pembaca. Seharusnya cuma 1.35 MB ternyata harus ngeload 1.8 MB, misalnya. Kan nambah jadinya. Iya ga? πŸ™‚

Buat sebagian besar pembaca, juga rada risih ketika harus membaca sebuah blogpost ketika ada animasi salju-saljuan atau burung-burung yang beterbangan sana sini. Membuat capek mata lebih cepat. Jadi pertimbangkan lagi, jika Emaks pengen menghias blog dengan animasi-animasi ya? πŸ™‚

3. Background terang

Blog dengan background yang terang tentu saja lebih bersahabat bagi mata pembaca. Pembaca tak harus memicing-micingkan mata, seperti ketika membaca blog dengan background hitam, misalnya. Saya sendiri kadang mbrebes mili ketika membaca blog dengan BG gelap. Iya, padahal sebelumnya saya juga suka pasang BG hitam. Tapi semenjak saya suka perih-perih, saya langsung mengganti BG blog dengan warna putih. Memang ada bagusnya sih, pengalaman sebagai pembaca itu. Jadi bisa ngerti apa maunya pembaca πŸ˜†

4. Navigasi yang mudah

Apa yang dimaksud dengan navigasi? Navigasi dalam blog, misalnya adanya arsip blog, postingan terkini, atau postingan terpopuler di sidebar dengan jelas. Juga ada menubar seperti About Us dll yang dengan gampang diklik dan ditemukan. Juga adanya kotak search, untuk membantu para pembaca menemukan postingan yang diinginkan dengan memasukkan kata kunci.

5. Font yang cukup jelas

Sila dicek di blog masing-masing. Apakah font yang dipakai cukup jelas? Berwarna kontras dengan backgorund, berukuran tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, serta bentuk huruf yang standard, ga keriting-keriting atau terlalu lebay bentuknya.

6. Kemudahan komentar

Kalau mo komen aja sudah susah menemukan kotak komentar, wah, sudah bisa dipastikan bakalan fakir komen blognya πŸ˜† Jadi pastikan, kotak komen langsung terlihat ketika sebuah blogpost ditampilkan. Jika ingin menggunakan captcha, silakan pilih captcha yang gampang dilihat dan dibaca. Sayangnya di blogspot tak ada pilihan captcha. Jadi kalau saya boleh menyarankan, ketimbang memakai captcha, lebih baik kita memoderasi komen saja. Saya pribadi sih mengerti betapa menyebalkannya komen spam. Dan ini memang perlu kita filter. Salah satu caranya dengan captcha. Tapi saya cukup bermasalah juga dengan captcha. Apalagi kalau pas BW dari HP. Wogh. Ga keliatan sama sekali >,< Jadi saya suka mengurungkan niat buat nulis komen. πŸ™

Selain itu, di blog yang berplatform blogspot, sering tidak diberi keleluasaan untuk mengisi nama dan URL non blogspot. Padahal ini cukup penting buat para blogger yang ga pake blogspot. Jadi, saya menyarankan, please set ulang kolom komentar dengan mencentang kotak β€œanyone”, jadi pengunjung nonblogspot juga bisa menuliskan URL blog mereka.

Nah, itu tadi beberapa checklist agar blog kita nyaman dibaca dan dikunjungi.

Sudah memenuhi semuanya belum, Maks? Kalau sudah, well done! ^_^ Kalau belum, yuk, kita perbaiki pelan-pelan! ^_^ Punya saya juga masih suka bermasalah di loadingnya. Hihihi…

Semangat!!!