ratna

Ada banyak cara menyiasati writer’s block seperti yang saya ceritakan di sini. Ternyata selain dengan blog walking, melihat kembali koleksi foto, ngobrol-ngobrol dengan orang lain atau menonton film; aktivitas yang satu ini dapat pula dijadikan ladang ide menulis.

Ceritanya begini.

Setelah ‘menyerahkan diri’ sebagai salah seorang kontributor (tsaah !) di komunitas keren kita ini, saya punya “kewajiban” moral untuk menyetor satu tulisan setiap bulannya. Gak ada ketetapan tanggal sekian dari Makmin harus menyerahkan tulisan (baiknya Makmin KEB, applause dulu ^^), yang penting setiap bulan ada tulisan baru yang diposting.  Setelah beberapa kali mulai timbullah kebingungan dalam mengembangkan ide.  Naahhhh !

Padahal secara teori banyak banget ide-ide yang bisa dikembangkan. Tapi tetep aja mentok. Maka pada suatu masa ketika sudah mepet deadline namun belum tahu mau menulis apa karena (merasanya) kehabisa ide, Saya Cuma bisa melototin web KEB sambil scrolling atas-bawah. Lalu mata saya mulai memperhatikan kolom Categories yang sudah dikelompokkan oleh Makmin KEB secara khusus.  Dari angka-angka yang ditampilkan setiap kategori, saya melihat topik mana yang sering diangkat oleh para Emak maupun yang minim ditulis.

Terbiasa dengan pekerjaan di kantor yang kadang mengharuskan saya membuat keputusan berdasarkan data numerik, sembari iseng saya buat juga lah statistik dari setiap kelompok kategori web kita ini yang tampilannya seperti terlihat pada gambar.

Dari data yang diambil di bulan Maret yang lalu ketika saya mengalami writer’s block, terlihat jika kategori Curhat dan Sharing paling banyak diminati oleh para Emak.  Kategori Reportase Emak juga mengalami peningkatan pesat jika saya bandingkan antara Maret yang nangkring di 22 per Juli ini sudah naik jadi 33.  Mungkin ini sejalan dengan aktivitas Emak KEB yang mulai dilirik oleh para pengguna buzzer social media (?).  Eww, kerreenn  !

Jadi, Anda mau menulis untuk web bersama KEB ini atau menulis untuk komunitas lain ?

Ada baiknya perhatikan kategori yang disediakan oleh pengelola.  Mau mengulas topik yang dominan atau justru ambil yang paling sedikit diulas orang.

Semoga terinspirasi setelah membaca tips blogging ini.