Kadang kita akan menemukan barang-barang yang disimpan hanya karena dibuang sayang. Bagaimana kalau kita mulai DIY project sendiri.

Setahun sekali setidaknya kita bisa membersihkan rumah, mulai dari dapur, kamar, ruang kerja, ruang keluarga maupun ruang tamu. Hal tersebut sering kali dilakukan ketika menyambut Lebaran atau sekadar mengisi liburan sambil mengubah-ubah tata ruang agar tak bosan dan tetap nyaman. Namun, tak disangka, selama setahun ini kita ternyata telah menimbun begitu banyak barang.

Souvenir-souvenir pernikahan yang berjejer, pita-pita dan kertas kado sisa pesta, botol-botol plastik atau kaca warna-warni, kain perca dan renda-renda sisa jahitan, manik-manik dan kancing baju tak terpakai. Belum lagi kardus-kardus, pakaian lama yang tak muat tetapi masih bagus motif dan warnanya, dan seterusnya. Tentunya akan semakin banyak benda tak terpakai akan kita temukan jika semakin ‘dalam’ kita buka tempat penyimpanan kita.

Mau diapakan barang-barang ini? Mau dibuang sayang, masih bagus dan terlanjur dipilah-pilah dan lama disimpan. Membuat kreasi barang-barang dari benda-benda tersebut dalam DIY project dapat menambah kreativitas, loh! Berikut tipsnya.

 

Mulai DIY Project: Memanfaatkan Barang-Barang yang Sudah Ada

Awalnya mungkin kita bingung harus berbuat apa dan memulai dari mana. Sebelum memulai semuanya, pastikan bahwa Emak punya niat untuk menyelesaikan DIY Project ini. Ini penting karena sekali Emak akan harus bongkar-bongkar barang-barang lama. Jika tidak segera diselesaikan, niatnya mau beres-beres justru akan semakin berantakan.

 

Kumpulkan Barang-Barang

Tips yang pertama adalah kumpulkan barang-barang lama Emak di satu tempat yang rapi dan mudah dijangkau.

Jangan menaruhnya di atas lemari yang tinggi atau di bawah kolong yang susah diambil. Ini untuk menghindari barang-barang tersebut cepat rusak dan berdebu.

Jika sudah demikian, malas sekali bukan untuk merawatnya kembali?

 

Punyai Peralatan Wajib DIY Project

Tip Memulai DIY Project Memanfaatkan Barang-Barang Tak Terpakai Tapi Dibuang Sayang

Kedua, Emak harus punya peralatan wajib untuk melakukan DIY project. Alat-alat itu antara lain:

  • Gunting
  • Pisau atau cutter
  • Berbagai macam lem; lem tembak, lem kertas, lem kayu
  • Penggaris
  • Alas kayu atau kaca (lebih baik)
  • Pensil dan spidol
  • Strapler
  • Jarum dan benang
  • Tang

 

 

Sering-seringlah browsing mengenai DIY project atau crafting

Jika perlu bergabunglah dengan komunitas-komunitas yang berisi sekumpulan orang dengan hobi melakukan recycling terhadap barang-barang lama.

Salah satu channel yang diikuti penulis adalah page 5-Minutes Craft di Facebook. Berikut link-nya 5-Minutes Crafts. Membuka Youtube tentunya juga akan sangat membantu untuk mencari ide-ide baru tentang crafting.

 

Catat segera project apa yang terlintas di kepala

Jika tidak kita akan lebih sering lupa, apalagi jika ingatan tersebut hadir di sela-sela kepadatan aktivitas. Kita bisa menyimpannya untuk nanti.

Jadwalkan kapan akan melakukan DIY project Emak, karena terkadang ini akan menyita waktu. Manajemen waktu yang baik akan membantu Emak mengisi kesenggangan dengan hal-hal menyenangkan dan berguna tanpa memakan waktu produktif.

 

Pandai-pandailah mencari keyword ketika browsing

Baik mencari video, gambar, maupun tutorial dari laman web (tulisan) dahului dengan keyword “DIY”, kemudian lanjutkan dengan project apa yang ingin dibuat.

Misalnya, kita ingin membuat tas dari celana jeans lama. Keyword yang digunakan contohnya “DIY jeans bag“, “DIY old jeans bag” dan sebagainya. Berbagai tautan link dan keyword akan muncul secara otomatis di mesin pencari.

 

Simpan tutorial yang telah didapat dengan men-download atau menandainya sebagai bookmark

Penulis sendiri lebih suka mem-bookmark-nya daripada men-download-nya karena tidak akan memenuh-menuhi memori. Namun, jika tutorialnya berupa gambar, lebih mudah jika di-download. Ukurannya tidak terlalu besar dan bisa diakses setiap waktu tanpa harus menyambung ke internet.

 

Pastikan tempat kerja Emak rapi dan kembalikan setiap peralatan ke tempat semula

Kerapian tempat kerja akan membantumu menemukan apa yang kau cari dan butuhkan dengan cepat. Alhasil, kau tak perlu pusing dan menghabiskan tenaga karena mencari gunting ke sana ke mari, padahal terselip di antara tumpukan kertas dan kardus.

Berikut tautan link DIY project oleh penulis. Semoga menginspirasi!

 

ditulis oleh Masitoh Rohma – nurrohmaa.blogspot.co.id