Siapa emak yang tak suka traveling? Rasanya tak ada yang tak suka traveling ya! Semua emak pasti suka jalan-jalan, berwisata ke mana saja. Traveling membuat bahagia.

Traveling sangat bermanfaat bagi quality time antara buah hati dengan orang tua, serta dapat meningkatkan keharmonisan dalam rumah tangga. Anak senang, orang tua pun pasti akan bahagia.

Traveling bisa juga  dilakukan  untuk mengedukasi  buah hati kita, dan tentu sangat bermanfaat bagi tumbuh kembangnya. Seperti anak saya, Musa, yang saat ini sedang dalam masa Golden Age, yang pastinya memerlukan banyak stimulasi agar tumbuh kembangnya maksimal.

Berwisata sambil belajar pasti menarik buat anak. Saat berwisata, anak tidak hanya sekedar berjalan-jalan, tetapi juga mengetahui segala yang ada di tempat wisata. Orang tua pun tidak hanya membawa anak-anak berjalan-jalan tetapi juga mengedukasi anak saat berwisata.

Berikut ini  beberapa tips yang saya lakukan ketika mengedukasi anak saat berwisata:

  1. Tentukan lokasi wisata sebelum bepergian.

Pastikan sudah mengetahui tujuan destinasi wisata, baik jarak dan waktu perjalanan, serta jenis obyek wisata apa saja yang ada disana.

  1. Browsing tentang obyek wisata apa saja yang akan kita kunjungi.

Untuk memberikan edukasi pada buah hati, pastikan buah hati kita mengerti jenis obyek wisata.

  1. Mendongeng pada anak mengenai obyek wisata tujuan.

Mendongeng sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang buah hati. Memberinya informasi jenis obyek wisata apa saja yang akan dilihat akan menimbulkan semangat selama perjalanan.

  1. Tunjukkan dalam bentuk gambar, fashcard atau video mengenai obyek wisata yang kita kunjungi.

Contohnya, bila akan mengunjugi kebun binatang, emak bisa menunjukkan berbagai macam hewan dalam bentuk flashcard atau menggunakan video di youtube.

  1. Saat sampai di lokasi tujuan ajak anak mengingat cerita saat di rumah.

Ulangi cerita emak saat mendongeng, dan ceritakan jenis obyek wisata apa saja yang dilihat oleh anak.

  1. Abadikan kenangan saat anak berada di lokasi wisata beserta dengan berbagai obyek wisatanya, cetak di album foto.

Dengan mencetaknya dalam bentuk foto, buah hati akan merasa senang dan lebih mudah untuk mengingat obyek wisata yang pernah dikunjungi, Serra mengasah kemampuan buah hati untuk bercerita.

Nah… Demikian tips  mengedukasi anak saat berwisata.

***

Mengedukasi Anak Saat Berwisata merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Raissa, yang ditulis oleh Indira, pengelola blog http://www.diraindi.com