Hai, Mak! Sering masak daging sapi cincang nggak?  Suka variasi makanan dari daging sapi cincang ?

Kalau sering, biasanya dimasak apa tuh daging sapi cincangnya?

Beberapa hari lalu, aku memasak daging sapi cincang masak kecap, gampang kok bikinnya. Bahannya cuma daging sapi saja yang dicincang, bawang bombay dan bawang merah yang diiris. Bahan lainnya adalah air, kecap manis, saus tiram, terigu yang dilarutkan dengan sedikit air, gula, garam dan merica sesuai selera.

Cara membuatnya juga mudah, tumis bawang bombay dan bawang merah sampai harum, masukkan daging cincang, aduk sampai berubah warna. Setelah itu tambahkan air, kecap manis, saus tiram, gula, garam dan merica sesuai selera. Masak sampai daging empuk, sebelum diangkat tuangkan terigu yang sudah dilarutkan dengan sedikit air. Masak sampai mengental tapi tidak sampai kering.

Note: ini aku rencananya kan mau bikin isian untuk roti goreng atau bakpao, kalo masaknya sampai kering malah kurang enak rasanya. Kok tau? Iya, udah pernah coba sekali, kumasak sampai kering untuk isian bakpao, ternyata malah kurang enak.

Gampang kan, step by step lebih detailnya bisa dilihat di sini ya.

Nah, setelah memasak daging sapi cincang ini, iseng aja aku nanya ke teman-teman, enaknya ini dibikin apa ya?  Jawabannya ternyata beda-beda dan setelah itu aku baru nyadar, eh iya ya satu menu masakan ini yaitu daging sapi cincang masak kecap ternyata bisa digunakan untuk isian ataupun topping aneka makanan lainnya.

Ini aku list pendapat dari teman-teman :

  1. Bakpao isi daging
  2. Roti isi daging
  3. Martabak telur isi daging cincang
  4. Topping untuk pizza
  5. Lemper
  6. Arem-arem
  7. Risoles
  8. Mie daging sapi
  9. Pastel
  10. Siomay
  11. Spaghetti
  12. Macaroni schotel
  13. Lumpia
  14. Roti tawar goreng
  15. Sandwich

Tuh, kan! Banyak banget ya variasi makanan dari daging sapi cincang!

Bisa lebih panjang lagi nih list nya kalo dilanjut. Makasih buat teman-teman yang sudah urun pendapat, jadi punya banyak ide variasi makanan dari daging sapi cincang masak kecap. Duh, seperti nemu harta karun aja begitu lihat list, ya namanya Emak tuh pasti bahagia banget kalo nemu ide makanan baru yang gampang bikinnya di rumah.

Daging sapi masak kecap ini dimakan dengan nasi putih hangat aja sudah nikmat, anak-anak pasti suka. Nah selain itu bisa dibuat beraneka macam masakan lainnya, digunakan sebagai isian ataupun topping. Aku sudah coba bikin roti goreng dan bakpao isi daging sapi ini, enak bikin ketagihan hihi.

 

Variasi Makanan dari Daging Sapi Cincang

Bakpao dan roti goreng isi daging sapi cincang masak kecap

 

Waktu bikin roti goreng, masih ada sisa masakan daging sapinya sekitar 3 sendok makan. Akhirnya begitu liat masih ada kentang di dapur, langsung aja kugunakan buat topping kentangnya.

Bersihkan kentang dan iris bulat lebar, panggang di wajan anti lengket setengah matang, balik kentang dan masak setengah matang. Beri topping daging di atasnya dan keju parut, masak sampai kentang matang. Kalo pengin atasnya kering, bisa lanjut panggang di oven beberapa menit.

Sedikit saran sih kejunya pakai mozzarella biar lebih nikmat, jadi begitu kentang matang dan keju meleleh langsung angkat dan sajikan. Boleh ditambah dengan saus sambal jika suka. Yummy!

 

Variasi Makanan dari Daging Sapi Cincang

Kentang panggang topping daging sapi masak kecap dan keju

Hhm, kapan-kapan aku pengin bikin pizza dengan topping daging sapi cincang atau mie kayaknya cocok juga nih, mie daging sapi cincang tinggal tambah jamur. Aaaah ngebayangin aja jadi laper duluan hahaha.

Seneng banget ternyata dari satu masakan aja, bisa dibuat variasi menu lainnya. Emak cobain deh bikin variasi makanan dari daging sapi cincang masak kecap ini. Ide makanan apa yang bisa dibuat mungkin bisa intip list pendapat teman-teman tadi. Ntar kalo sudah bikin, jangan lupa colek-colek aku ya, Mak! Kalo bikinnya gampang, aku mau tiru 😀