Setelah masa hijrah lepas dari pacaran, saya mulai menyibukkan diri dengan kegiatan positif. Gabung di komunitas menulis, komunitas Islami, sampai komunitas blog. Ikut seminar sana-sini dan mengikuti undangan acara-acara komunitas. Ya, semua saya lakukan semata agar waktu tidak kosong dan terbuang begitu saja. Supaya saya cepat move on! Bersyukur, di masa itu saya mulai kenal blog, aktif nulis di blog. Saya tulis apa saja yang bisa saya bagikan termasuk pengalaman pribadi. Tentu saja hanya yang positif.

Sampai suatu ketika saya ikut salah satu seminar parenting dan terpikir untuk mencatatnya, lalu memindahkan atau menuliskan di blog. Sejak itulah saya mulai ‘ketagihan’ membawa buku catatan kecil dan pulpen setiap kali datang ke acara yang menambah ilmu.

Manfaat Collaboration Blogging

Pembicaranya siapa saja. Apa saja ilmu yang dibagikan. Semua saya rangkum dalam buku catatan kecil saya. Begitu sampai di rumah, dengan semangat saya menjabarkannya, nulis di blog. Ya, versi di blog lebih lengkap. Karena saya selalu berusaha untuk segera menulisnya supaya tidak lupa detailnya.

Apa sih gunanya mencatat? Dipindahkan ke blog pula

Iya, apa ya gunanya? Toh tidak ada yang meminta dan memberi imbalan juga, kan. Malah kadang untuk ikut seminarnya, saya justru harus bayar sampai merogoh kocek yang besar bagi saya. Tapi kok, dengan ringannya saya mau menulis?

Semua jawabannya sebenarnya hanya satu. Supaya ilmu yang sudah saya dapatkan tidak tenggelam begitu saja.

Manalah catatan kecil saya muat untuk mencatat sampai detail. Kertas juga tidak akan bertahan lama karena suatu saat bisa saja robek, basah, atau mungkin hilang. Jadi atas dasar itulah saya memilih untuk memindahkannya ke media digital yaitu blog.

Ternyata tulisan saya dibaca banyak orang

Saya selalu membagikan tulisan saya dengan memention penyelenggara acara, dan pembicara acara-acara tersebut di semua media sosial mereka. Tanpa diduga, tulisan saya diretweet, dilike, atau bahkan dikomentari mereka! Dengan followers mereka yang banyak, jelas saja followers mereka pun ikut membaca link tulisan saya. Dan mampirlah mereka ke blog saya. Bahkan penyelenggara, pembicara, sampai beberapa followers mereka pun mengucapkan “terima kasih” pada saya. Sungguh terharu :’)

Akhirnya saya punya keyakinan, kalau punya ilmu, ya harus dibagi. Supaya tidak saya saja yang menikmatinya. Tapi orang-orang pun bisa mendapatkannya. Hingga saya punya kebiasaan baru. Setelah menonton acara TV atau video yang bermanfaat, saya juga nulis di blog dan dishare ke media sosial 😄

Bermanfaat juga untuk blog kita

Mungkin kelihatannya sederhana (eh atau ribet ya?). Tapi justru itu bisa bermanfaat juga untuk blog kita, Maks. Blog jadi terus update. Apalagi jika acaranya benar-benar bermanfaat. Seperti yang saya bilang tadi, kita bisa berkontribusi memberi masukkan atau pengetahuan baru pada pembaca blog kita.

Selain itu, tulisan-tulisan acara itu, bisa  menambah ikatan untuk blog kita. Ya, saya sudah membuktikannya. Sebagian besar tulisan-tulisan acara itu masuk popular post di blog saya. Karena ketika saya mention penyelenggara atau pembicara, followers mereka ikut baca. Mana tahu kan, followers mereka membagikan lagi pada teman-teman lainnya.

Ini juga bukan semata agar traffic blog meningkat. Tapi justru bermanfaat untuk kita sendiri. Dengan hadirnya kita di acara yang bagus, sangat sayang kalau kita tidak mengenangnya, dalam hal ini menulisnya. Dan blog bisa jadi salah satu media yang bagus.

Apalagi kalau kita secara hormat mendapat undangan sebagai blogger. Dibayar atau tidak, diwajibkan menulis atau tidak, sebaiknya kita tetap nulis di blog. Bukan saja untuk menghargai pengundang kita. Tapi juga penyelenggara dan pembicara acara tersebut, akan sangat senang jika kita dengan sukarela menulis acara mereka. Siapa tahu ke depannya kita bisa direkomendasikan untuk acara-acara yang lain hehe. Dan kembali lagi, dengan menulis, kita bisa memberi manfaat lebih pada pembaca blog kita 😊

Begitu kira-kira. Sekian.

Salam dari yang kangen hadir ke acara blogger 😁

 

Ade Delina Putri

Ibu dua orang anak, yang memiliki

blog www.sohibunnisa.com dan www.celotehbunda.com