Waaah…ramai betul threadnya. Ada apa gerangan?” Batinku saat melihat ratusan komentar dalam satu tread di group Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Sebelum mulai beraktivitas, aku pun menyempatkan diri untuk membaca thread tentang ajakan untuk collab dengan beberapa teman blogger dalam bentuk postingan di blog. Bagiku, kegiatan ini bakal menarik karena pasti akan banyak manfaat yang didapat, baik buat para emak blogger maupun buat blog itu sendiri. Tanpa mempertimbangkan banyak hal, aku memutuskan untuk ikut collab.

Dengan tagar #KEBlogingCollab, seluruh member KEB yang telah mendaftar lewat thread dibuat per kelompok oleh Mak Puh @indahjuli. Dan aku merasa surprise banget saat tahu bahwa, aku mendapat teman collab yang belum aku kenal sama sekali. Ada Mak Julia sebagai ketua kelompok, Mak AlfuMak AyaMak AninditaMak Aya dan Mak Summayah. Kami satu grup di KEB, tapi aku belum kenal dengan mereka. Hahaha. Efek sudah ngga pernah blog walking, mungkin.

Aku pun merasa cukup nekat saat menulis kesediaan ikut collab blogging di thread tersebut. Aku katakan nekat karena saat itu pekerjaan kantor sedang menumpuk dan banyak deadline pula. Apa aku mampu? Batinku siang itu setelah membaca beberapa komentar dari para Emak yang nampak semangat untuk ikut collab.

Heiyaah…itu emak-emak yang lebih sibuk dari aku, banyak. Aku mah apa atuh, anak baru satu, pekerjaan kantor pun ada waktunya. Masak ngga greget, sih?

Bagiku kegiatan collabloging yang digagas oleh KEB untuk para membernya cukup memberi tantangan. Apalagi out put tulisannya bertema; satu blogger menulis di Web KEB, istilahnya yaitu tulisan trigger. Lalu, teman-teman lain yang tergabung dalam satu grup membalas tulisan trigger. Menarik, bukan? Terlebih saat mendapat tema yang fantastis, yaitu tema yang membuat Blogger harus berpikir keras untuk menyelesaikan tulisan. Aku pernah merasakannya, lho.

Apa Manfaat Berkomunitas? 

Ceritanya, saat itu lagi booming banget berita tentang poligami. Setelah berdiskusi pemilihan tema lewat grup Whats App Najwa Shihab (nama kelompok kami), lha kok nyaris semuanya memilih tema poligami. Aku dowang yang ngga milih tema tersebut karena beneran ngga tahu nantinya bakal ngomongin apa di postingan. 😀 Aaah…kenapa ngga memilih tema harga cabe, sih, ya. Padahal waktu itu juga ramai diberitakan, lho. Hahaha. Aku yang pada dasarnya ngga begitu paham tentang berita dan juga poligami, hanya bisa pasrah. Nasib.

Eeeh…tapi di sini pasrah bukan berarti menyerah, ya. Karena ini tantangan yang harus diselesaikan, pasrah pun harus dibarengi dengan usaha, putar otak dengan cara membaca blog post punya teman-teman yang sudah jadi atau memperkaya referensi.

Untuk tema yang satu ini, aku membaca entah sampai berapa kali aku membaca post trigger. Baru sekali ini merasakan bahwa, memang butuh perjuangan ketika harus keluar dari zona nyaman. Termasuk bahu yang biasanya siap sedia buat senderan, tiba-tiba harus ditinggalkan karena ternyata besok dia harus ijab qabul dengan yang lain. Dududuu… 😀

Jadi, kenapa aku merasa harus ikut #KEBloggingCollab?

Alasan untuk mendapat teman baru atau menghasilkan postingan mungkin bisa dibilang biasa banget. Apalagi alasan menambah keakraban sesama member, ini juga terlalu biasa. 😆 Meski kedua alasan itu memang benar, tapi bagiku ada yang lebih greget yaitu mengeksplor diri dan juga tulisan. Aku yang biasanya menulis sesuai dengan keinginan, tiba-tiba harus mengikuti tema yang telah disepakati oleh kelompok Najwa Shihab. Ini tantangan sekaligus perjuangan. Dan rasanya prestasi banget ketika aku dapat menyelesaikannya. Prestasi terus bertambah ketika melihat satu per satu teman satu kelompok mengisi list tulisan yang telah diselesaikan sesuai tema. Uwwh…bahagianya. 😉

Dua manfaat lain yang aku dapat, yaitu:

  • Sebagai sarana mengenalkan blog kepada para emak, khususnya member KEB. Ini terjadi saat tulisan menjadi trigger di blog KEB.
  • Menambah angka pengunjung dan juga komentar. Apalagi jika masing-masing dari member (satu kelompok) menambah backlink yang disematkan dalam blog post.

Karena #KEBCollablogging menyenangkan, keputusan untuk ikut kegiatan ini adalah keputusan yang tepat. Bahkan, saat satu putaran sudah selesai, kami akan meneruskan collab ini karena kami merasa banyak manfaatnya. Ya, kan, teman-teman Najwa Shihab? 😉

 

***

Ikut KEB Blogging Collab, Ini Manfaatnya merupakan post trigger #KEBloggingCollab untuk kelompok Najwa Shihab yang ditulis oleh Idah Ceris.

Idah adalah PNS yang juga blogger yang senang menulis di blog www.idahceris.com