Sudah lakukan 5 hal ini setiap hari untuk hidup lebih sehat dan bahagia? Yuk, mulai dari sekarang!

Sejak jadi Ibu, saya sering merasakan waktu berlalu begitu saja. 24 jam rasanya tidak cukup. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi, rasanya ada saja yang harus dilakukan. Bahkan saat tidur pun sepertinya saya masih berpikir, hal apa yang saya seharusnya saya lakukan hari ini tapi terlewat. Hah! Capek banget, ya! Tapi lama-kelamaan saya lelah juga memikirkan banyak hal sementara saya menyadari tidak semua hal itu harus saya pikirkan dan lakukan. Saya mulai memperbaiki pola hidup dan mindset saya supaya hidup lebih tenang, sehat dan bahagia 🙂

Saat kita membiarkan diri kita terbenam dalam rutinitas yang sama setiap hari, tanpa memberi waktu sedikit saja untuk istirahat dan melakukan hal yang lain, tubuh dan pikiran ikut merasa lelah. Semakin kita merasa jenuh, semakin memicu stress. Stress membuat kita tidak bahagia, mengeluh, dan mendatangkan penyakit. Wah, sakit harus jauh-jauh dari kamus hidup saya. Karena saya mengalami, ketika saya sakit, semua urusan jadi berantakan. Saya juga tidak mau hidup seperti robot. Meskipun setiap hari melakukan rutinitas yang nyaris sama, saya belajar meluangkan waktu untuk diri saya sendiri.

Setiap hari saya pasti meluangkan waktu untuk diri sendiri. Tidak perlu lama-lama, yang penting berkualitas dan bisa membuat saya tetap semangat, tetap tenang, dan selalu sehat.

Saya lakukan 5 hal ini setiap hari untuk hidup lebih sehat dan bahagia;

 

Satu: Meditasi dan Berdoa Sebelum Turun Dari Tempat Tidur Saat Bangun Pagi

Setiap bangun pagi, saya tidak serta merta langsung turun dari tempat tidur. Sambil tetap berbaring, biasanya saya meluruskan badan dan melemaskan semua otot tubuh. Kemudian menarik napas dan menghembuskannya pelan-pelan sampai merasa rileks. Setelah merasa tenang, fokus dengan rencana hari ini, kemudian bersyukur untuk hari baru dan hari kemarin.

Pada awalnya saya butuh waktu agak lama untuk memulai kebiasaan ini. Apalagi kalau bangun terlambat, maunya langsung loncat saja dari tempat tidur dan terburu-buru memulai aktivitas 😀 Tapi lama-kelamaan, ya, terbiasa juga. Setiap pagi saya pasti bangun di jam yang sama, meskipun alarm tidak berbunyi.

Supaya bangun dalam keadaan tenang, saya memilih alarm jam atau handphone yang tonenya  tenang. Empat tahun ini terakhir ini saya tidak pernah lagi mengganti alarm di ponse, suara merdunya Sheikh Mishari Rashid Al-Afasy melantunkan surah Ar-Rahman. Saya memang sengaja memilih Ar-Rahman supaya selalu ingat untuk mengawali hari dengan bersyukur.

 

Dua: Olahraga

Olahraga sering jadi kegiatan yang kita lewatkan karena alasan tidak sempat. Tidak punya waktu. Atau bisa jadi kita berpikir, sibuk sepanjang hari sudah cukup. Ssama saja dengan berolahraga. Padahal sibuk bergerak dan melakukan aktivitas fisik sepanjang hari itu tidak sama dengan olahraga. Melakukan pekerjaan fisik sepanjang hari membuatku lelah, tapi berolahraga membuatku bugar.

Zaman sekarang ada banyak referensi olahraga yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Browsing di YouTube deh. Ada banyak sekali video tutorial yoga untuk pemula dan gerakan-gerakan stretching yang bisa dilakukan dalam waktu singkat. Yang paling sederhana, misalnya, lakukan gerakan mengayuh sepeda sambil berbaring 5 sampai 10 menit setiap hari, bugarnya sepanjang hari.

 

Tiga: Pola Makan Sehat

Ayah dan kakak saya meninggal karena gagal ginjal dan merembet jadi sakit komplikasi lain. Saya makin aware dengani satu hal, kesehatan itu adalah investasi. Kita tidak bisa mendapatkannya dengan cara instant, tapi melalui sebuah proses. Salah satu cara yang bisa kita lakukan yaitu dengan menerapkan pola makan sehat.

Mengubah kebiasaan dan pola makan menjadi lebih sehat ini saya akui tidak mudah. Apalagi di zaman sekarang, yang mau makan apa saja, bisa. Tinggal buka Go Food kan? Hahaha. Sampai saat ini saya akui pola makan sehat ini masih turun naik ritmenya. Kadang saya semangat, kadang lalai. Melakukannya bersama-sama keluarga saya akui membuat kebiasaan makan sehat ini lebih mudah. Makanya saya sekarang makin rajin browsing resep dan  masak supaya bisa menyajikan makan sehat dan enak terus di rumah. Harapannya, anak-anak dan suami lebih suka makan masakan saya ketimbang jajan atau beli di luar. So far it’s worked loh.

 

Empat: Waktu Tidur Yang Cukup

Memiliki waktu tidur yang cukup, it’s a must buat saya. Tidur adalah salah satu waktu me time saya. Sudah lama saya tidak lagi begadang untuk menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai. Saya punya kebiasaan hanya bisa tidur lelap hanya 4 jam di malam hari. Kebiasaan ini sulit diubah sementara saya tidak ingin begadang. Akhirnya saya mengatur jam mulai tidur di malam hari. Maksimal pukul 11 malam saya sudah tidur supaya bangun pukul 3 pagi. Relaksasi dan meditasi 30 menit sebelum turun dari tempat tidur dan melakukan aktivitas pagi seperti biasa.

Pada siang hari, saya pasti menyempatkan waktu untuk beristirahat maksimal 2 jam. Di hari libur, saya sering meminta waktu khusus kepada suami dan anak-anak untuk tidur tenang tanpa diganggu. Suami pasti mengizinkan dan mengambil alih semua tugas-tugas saya.

 

Lima: Ikhlas

Paling terakhir dan paling susah 😀 Sebagai orang yang punya bakat perfectionist, saya selalu ingin menyelesaikan semua hal tepat waktu dan terencana. Maunya, semua hal ada dalam kontrol saya. Tapi kadang-kadang bad things happened. Semua rencana berantakan. Setiap masalah tidak tampak jalan keluarnya. Apabila sudah berada di level terbawah seperti itu, yang saya bisa lakukan hanya berdoa, shalat, kemudian tidur. Iya, tidur, seperti yang saya tulis di poin 4 di atas. Bangun tidur biasanya perasaan sedikit lebih baik dan peluang untuk ikhlas sedikit lebih mudah dilakukan.

 

Lakukan 5 Hal Ini Setiap Hari Untuk Hidup Lebih Sehat dan Bahagia

 

Setiap orang pasti punya cara sendiri supaya hidupnya jadi lebih berkualitas. Bagi saya, lakukan  5 hal ini setiap hari untuk hidup lebih sehat dan bahagia, sudah terbukti berhasil . Punya cara sendiri dan ingin berbagi? Yuk, share di kolom komentar 🙂

 

*sumber foto: pixabay