Beberapa minggu lagi kita akan memasuki bulan penuh berkah, Ramadan. Mari persiapkan diri sebaik mungkin supaya ibadah bisa sempurna di bulan Ramadan. Selain itu, ada yang harus diperhatikan juga loh, pengeluaran rumah tangga yang biasanya akan melonjak berkali lipat dari bulan biasanya. Hmm padahal kan bulan puasa ya, harusnya sih lebih irit tapi kenyataannya kok malah pengeluaran semakin membengkak. Sepertinya perlu tips hemat selama Ramadan nih.

Saya punya beberapa strategi yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan selama bulan Ramadan, supaya pas abis lebaran nanti nggak kelimpungan karena neraca keuangan keluarga lebih berat ke sisi kredit.

Inilah beberapa strateginya :

Tips Hemat Selama Ramadan

 

PRINSIP

Tetapkan prinsip. Seperti prinsip dalam keluarga saya dalam hal keuangan adalah memegang teguh prinsip kesederhanaan. Apalagi ketika bulan puasa. Prinsip kesederhanaan ini harusnya semakin kuat. Karena puasa itu kan menahan diri dari segala macam nafsu, makan dan minum. Termasuk wajib menahan diri dan kurangi berlebih-lebihan.

Berlebih-lebihan yang saya maksud adalah saat buka puasa nggak wajib menyiapkan untuk berbuka puasa secara berlebihan. Yang penting sehat dan bergizi. Jadi saya belanja untuk buka puasa ya sesuai kebutuhan saja, enggak mengiyakan keinginan. Kalau saya mengiyakan keinginan saya pasti beli ini dan itu. Prinsip kesederhanaan saya akan sirna kalau tidak saya pegang erat.

Buka puasa dan sahur meskipun sederhana bukan berarti kurang gizi kok. Hemat bukan berarti pelit. Yang penting ingat pada prinsip kesederhanaan saja dan tahan diri, fokuskan pada kebutuhan.

KEBUTUHAN BUKAN KEINGINAN

Ketika Ramadan, biasanya senang buka puasa di luar yah? Buka puasa bersama dengan teman SD, teman SMP, teman SMA dan lainnya. Nah, tips hemat selama Ramadan saya tahun lalu,  mencoba untuk menahan ikut berbuka puasa di tempat–tempat yang lumayan merogoh kocek kecuali buka puasanya yang memang penting banget.

Usahakan untuk menghindari boros–boros dan harus bisa menyaring mana saja yang memang butuh dan mana saja yang harus dihindari karena hanyalah keinginan.

PROMO dan DISKON

Saya sih memang MODIS ( MOdal DISkon), apalagi pas menjelang lebaran, di mana–mana diskon, di mana-mana promo iya kan? Tapi juga harus cerdas dan cermat memilah dan memilih promo dan juga diskon, jangan asal semua diskonan dibeli. Tetap patokannya pada skala kebutuhan bukan keinginan.

Memanfaatkan promo diskon misalnya dengan memanfaatkan cashback atau promo tertentu yang menguntungkan.

Bisa juga mencicil membeli kebutuhan untuk lebaran nanti ketika pas ada diskon atau promo, kan lumayan ya? Meski masih jauh hari tapi lumayan ini bisa menghemat. Karena kan harga barang–barang memang lebih murah jika beli  jauh hari sebelum lebaran.

Modis di Bulan Ramadan

 

BUKA PUASA di RUMAH SAJA

Hindari buka puasa di luar rumah, kecuali akhir pekan bolehlah sesekali buka puasa bareng anak dan suami di luar. Sebulan sekali saja selama Ramadan sudah cukup kok nggak mesti setiap hari. Masak sendiri lebih hemat kan? Hematnya ya hampir 50% lah dibandingkan membeli makanan dari luar.

Tips Hemat Selama Ramadan

 

BIJAK MENGGUNAKAN THR

Jelang Ramadan pasti akan dibagikan THR. Nah, salah satu tips hemat selama Ramadan, emak-emak harus bijak dalam memanfaatkan uang THR. Jangan mentang-mentang THR itu Tunjangan Hari Raya jadi difoya-foya untuk lebaran. Jangan membabibuta menghabiskan THR, santai saja. THR bisa juga digunakan untuk hal mendesak kan? Intinya harus pintar membelanjakannya. Saya biasanya menyisihkan 40% dari THR dan saya simpan ke tabungan, siapa tahu nanti saya membutuhkannya di luar keperluan hari lebaran.

Selama Ramadan nggak mesti foya–foya dan nggak mesti bermewah–mewahan, yang penting ibadah puasa dan amalan kita yang mewah. Setuju kan Maks dengan tips hemat selama Ramadan yang saya sharing ?

Tips Hemat Selama Ramadan

***

Tips Hemat Selama Ramadan merupakan post trigger #KEBloggingCollab kelompok Ghea Panggabean yang ditulis oleh Tian Lustiana.

Tian Lustiana, emak blogger yang tinggal di Bandung, mengelola dua blog www.tianlustiana.com dan www.parentian.com