Saat seorang ibu memutuskan resign dari pekerjaan karena ingin fokus membesarkan anak, konsekuensi yang dihadapi adalah tidak mempunyai uang bulanan lagi. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk punya uang tambahan? Adakah profesi ibu bekerja di rumah yang menggiurkan?

Menemani anak dalam proses tumbuh kembangnya adalah moment yang tak bisa diulang. Saat melihat gigi pertamanya tumbuh, mendengar pertama kali anak memanggil ‘bunda’, menyusui ASI ekslusif sampai 6 bulan, dan memberikan MPASI, rasanya lengkap menjadi ibu. Dan hal itu menjadi dilema saat menjadi ibu bekerja di kantor dari pagi hingga sore hari, hingga memutuskan untuk berhenti bekerja.

Urusan menemani anak beres, timbul masalah baru. Ibu tidak punya gaji bulanan dan ruang lingkupnya terbatas. Ibu pun sedih. Gundah gulana. Mungkin akan berbeda, jika suami memberikan uang bulanan berlebih sehingga istri bebas belanja.

Tapi, ya sungkan rasanya kalau membeli skincare, bedak, lipstik dan baju-baju trendi, untuk diri sendiri dengan menggunakan uang bulanan pemberian suami.

Ingin berbisnis, rasanya tidak berbakat. Ingin kembali bekerja di kantor, tapi nggak tega menitipkan anak di daycare. Belum lagi biaya daycare yang tinggi dan jika menitipkan anak sampai malam hari, akan ada biaya tambahan. Bisa-bisa, gaji yang diterima hanya cukup buat biaya menitipkan anak.

Kira-kira apa ya yang bisa dilakukan untuk menambah uang pribadi ibu?

Ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan ibu sambil mengasuh anaknya di rumah. Setidaknya ada 10 profesi ibu bekerja di rumah yang menggiurkan. Misalnya:

  1. Penulis Skenario

Menjadi penulis skenario atau yang lebih dikenal sebagai script writer, merupakan profesi yang sangat menggiurkan. Penulis skenario, bisa merupakan penulis sinetron, ftv, dokumenter, film, dan sebagainya. Dari nilai nominalnya untuk sinetron kejar tayang alias stripping, bisa menghasilkan uang berjuta-juta dalam waktu singkat, apalagi bila sinetronnya bertahan lama di televisi, pastinya uang yang diterima sangat besar. Sedangkan untuk penulis ftv dan film, hanya mendapatkan uang per ftv dan filmnya tayang. Untuk film dokumenter yang non profit, biasanya hanya mendapatkan fee saat filmnya memenangkan penghargaan atau mendapatkan sponsor.

  1. Penulis Buku

Mempunyai buku atau novel best seller merupakan impian semua orang, tapi sayangnya hanya satu banding seribu penulis baru yang mempunyai kesempatan bukunya menjadi best seller. Menurut Achi TM, penulis novel Insya Allah Sah, yang novelnya difilmkan, walaupun novelnya banyak yang tidak best seller, tapi mempunyai buku merupakan branding bagi si penulis, untuk mendapatkan kesempatan rejeki di bidang lain. Selain menjadi buku best seller, penulis dibayar dengan royalti, agar cepat mendapatkan uang, penulis bisa menjual putus buku atau novelnya. Menjadi Ghost Writer pun merupakan salah satu cara mendapatkan uang dengan cepat lewat menulis buku. Jadi penulis, menulis buku tapi namanya tidak tercantum di buku. Yang tercantum nama orang lain.

  1. Penulis cerpen dan puisi

Menulis cerpen dan puisi sekarang tidak harus dikirimkan ke media cetak. Media online pun banyak yang mencari cerpen dan puisi, dengan bayaran yang lumayan. Tidak hanya media dalam negeri, media online luar negeri pun, mencari cerpen dan puisi berbahasa Inggris yang dibayar dalam bentuk dolar.

Karier Blogger Bagi Perempuan 

 

  1. Blogger dan content writer

Menjadi blogger, juga bisa menghasilkan uang yang lumayan. Kalau memang tidak bisa meninggalkan anak, ada blogger yang memilih acara yang bisa membawa anak. Apalagi kalau malah disuruh membawa anak oleh panitia. Biasanya ini untuk acara-acara produk anak-anak. Selain itu banyak juga website dan blog pribadi yang membutuhkan tulisan. Untuk harga per tulisan, biasanya content writer harus pintar negosiasi, agar bisa mendapatkan fee lumayan. Ibu-ibu bisa nih menjadikan blogger sebagai profesi ibu bekerja di rumah yang menggiurkan.

  1. Vlogger

Bagi ibu yang suka membuat video tutorial masak, video membuat prakarya, video cara memakai makeup, dan sebagainya bisa membuat studio sendiri di rumah untuk membuat video. Menurut Caroline Adenan,  beauty blogger, membuat video bisa dilakukan di sela-sela anak tidur dan bermain. Seorang ibu harus pintar mencari waktu yang pas untuk membuat video.

  1. Buzzer: Untuk buzzer ini biasanya jago nge-tweet di twitter untuk trending topic. Nilai nominalnya juga lumayan, untuk tiga jam nge-tweet. Atau bisa juga ada jadwal khusus diminta oleh brand untuk nge-tweet.
  2. Influencer

Biasanya menjadi ambassador diminta untuk memposting setiap waktu tentang keunggulan produk brand, dengan jangka waktu tertentu. Seperti mom ambassador salah satu merek susu, yang menyeleksi para ibu untuk menjadi mom ambassador mereka. Benefit yang diberikan bisa berupa kosmetik, susu anak, voucher belanja dan lain sebagainya.

  1. Selebgram atau Foodgram

Karena Instagram memang memposting foto, sekarang ada yang namanya Selebgram. Biasanya Selebgram ini ibu-ibu yang suka memposting fotonya di Instagram. Tapi foto-foto yang menarik. Bisa seputar keluarga, sosialita, alam, atau foto lain. Selain itu ada yang namanya foodgram, yang suka memposting foto masakan. Biasanya hasil masakan sendiri atau makanan di restoran tertentu. Selebgram atau foodgram biasanya diminta posting foto produk oleh brand tertentu, dengan tingkatan fee yang berbeda, tergantung jumlah followers.

  1. Reseller

Suka melihat postingan jualan produk di Facebook dan Instagram? Bisa berupa gamis, kosmetik, baju anak, jilbab, dan sebagainya. Nah, itu kebanyakan reseller yang memajang foto produk, kemudian bila ada yang membeli, para reseller mendapatkan selisih berapa persen dari produsen. Teman saya yang seorang reseller, cerita kalau bulan puasa berjualan sebagai reseller baju gamis, tahun lalu memberikan keuntungan bersih sepuluh juta. Wow.

  1. Kuis Hunter

Hayo ngaku siapa yang suka ikutan kuis yang diadakan oleh brand? Biasanya kuis yang diadakan bisa berupa lomba foto, lomba video, komentar dan sebagainya. Nah, bila dijadikan sebagai pekerjaan, ternyata menjanjikan. Saya pernah melihat seorang ibu yang totalitas menjadi kuis hunter, dan langganan mendapatkan hadiah handphone. Asalkan ditekuni pasti ada rejekinya seperti voucher belanja, uang tunai, dan lain-lain.

Itulah profesi ibu bekerja di rumah yang menggiurkan, yang bisa dijadikan pilihan untuk emak sekalian jika ingin mempunyai uang tambahan.

Atau teman-teman punya tips atau contoh-contoh profesi ibu bekerja di rumah yang menggiurkan? Sharing ya di kolom komentar.

***

Sepuluh Profesi Ibu Bekerja di Rumah yang Menggiurkan merupakan post trigger #KEBloggingCollab kelompok Maudya Ayunda yang ditulis oleh Ovy Yanti.

Ovy Yanti adalah emak blogger pengelola blog : www.ovianty.com