Sudah punya rencana ke mana saat weekend (akhir pekan), Maks? Jika bosan dengan rutinitas travelling yang itu-itu saja, Emak bisa mencoba mengajak buah hati untuk menikmati wisata sejarah di kota Emak. Nah, beberapa wisata sejarah yang bisa dikunjungi oleh Emak dan keluarga seperti museum, monumen, kerajaan, cagar budaya, dan bangunan bersejarah lainnya. Kita pasti menemukan nuansa baru kala mengunjungi lokasi-lokasi bersejarah seperti misalnya wisata sejarah Kota Surabaya, tempat saya tinggal.

Wisata Sejarah Kota Surabaya yang Jadi Kebanggaan

Banyak sekali manfaat mengunjungi destinasi wisata sejarah antara lain menambah pengetahuan buah hati tentang sejarah dan budaya daerah, bernostalgia mengenang masa lampau, meningkatkan kecintaan buah hati terhadap jiwa patriotisme dan kepahlawanan, memupuk semangat Bhinneka Tunggal Ika, serta menyelami kehidupan di masa lalu. Pastinya bermanfaat sekali untuk diketahui oleh Ananda, apalagi nantinya akan berhubungan dengan aktivitas di sekolah.

Salah satu destinasi wisata sejarah Kota Surabaya yang bisa Emak kunjungi bersama keluarga adalah Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November.

Monumen Tugu Pahlawan dan Museum Sepuluh November terletak di Kota Surabaya ini sangat menarik untuk dikunjungi. Selain lokasinya tidak jauh dari pusat kota, juga memiliki banyak kisah bersejarah tentang perjuangan arek-arek Suroboyo merebut kemerdekaan.

Mengunjungi Monumen Tugu Pahlawan Surabaya memudahkan orangtua mengenalkan buah hati akan semangat patriotisme dan kepahlawanan khususnya perjuangan di masa penjajahan. Berbagai macam sumber sejarah dapat Emak dapatkan di sini.

 

Wisata Sejarah Kota Surabaya

 

Di bagian depan, Emak akan melihat patung Proklamator Soekarno-Hatta. Di sisi halaman misalnya, terdapat patung-patung pahlawan yang berjasa besar bagi perjuangan masyarakat Surabaya. Selain itu juga terdapat kendaraan yang digunakan oleh Bung Tomo serta persenjataan berupa tank dan kendaraan lainnya, semuanya berada di halaman Monumen Tugu Pahlawan.

Museum Sepuluh NovemberSurabaya pun tak kalah menarik. Di desain sedemikian rupa sehingga menarik pengunjung untuk tahu lebih dalam mengenai benda-benda bersejarah mulai dari senjata, pakaian, kendaraan, peta, surat-surat, uang, diorama, dan masih banyak lainnya. Kejadian-kejadian di masa lampau dijabarkan dengan apik, kesan kuno tak terasa di museum kebanggan Arek Suroboyo ini.

Jangan membayangkan museumnya jadul ya, karena desainnya menarik dan tertata rapi. Emak pun bisa mendengarkan orasi Bung Tomo yang sangat terkenal itu. Bahkan bisa diputar audionya. Selain itu Emak juga bisa mengetahui siapa saja tokoh-tokoh penting yang berjasa pada saat kejadian bersejarah tanggal 10 November 1945. Di sana juga ada guide yang bisa memandu Emak jika ingin menanyakan tentang pengetahuan seputar Museum Sepuluh November.

Wisata Sejarah Kota Surabaya

 

Saat weekend, biasanya Museum Sepuluh November Surabaya sangat ramai pengunjung. Halaman Monumen Tugu Pahlawan pun sangat luas sekali, banyak pengunjung yang berolahraga pagi saat liburan.

Yuk Dibaca cerita tentang museum sejarah lainnya 

Seru kan menikmati wisata sejarah yang ada di kota Emak. Pastinya menambah pengetahuan serta kecintaan kita kepada budaya dan sejarah Indonesia serta menambah semangat menghadapi masa depan dengan rasa optimis dan pantang menyerah. Merdeka!!

***

Wisata Sejarah Kota Surabaya yang Wajib Dikunjungi merupakan post trigger #KEBloggingCollab kelompok Raisa yang ditulis oleh Dira Indira, Emak blogger dari Surabaya, Jawa Timur.

Dira Indira adalah pengelola blog https://www.diraindi.com

IG&Twitter : @dira_corner