Halo, Mak! Sudah baca tulisan saya sebelumnya tentang pentingnya menjaga penampilan dalam urusan profesionalitas? Di artikel tersebut saya menyebutkan bahwa merias wajah atau dandan adalah salah satu aspek yang membantu kita menjaga penampilan saat bertemu muka dengan rekan kerja atau klien. Namun, dandan atau makeup ini bukan hal yang mudah dilakukan apalagi untuk orang yang belum terbiasa.  Apalagi keterbatasan waktu di pagi hari, membuat kita jadi pusing sendiri harus pakai produk apa saja. Perlu belajar makeup sepertinya ya.

Saya suka heran sama adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah. Mereka malah lebih terlihat mahir dandan lho dibandingkan dengan waktu saya masih seusia dengan mereka.

Namun setelah saya perhatikan,  zaman sekarang sudah benar-benar berubah dari zaman saya dulu. Bisa dibilang industri kecantikan di Indonesia saat ini sudah berkembang pesat. Penjualan produk kecantikan laku keras berbanding lurus dengan jumlah pemakainya yang semakin banyak.

Coba saja lihat di lini masa sosial media kita, baik itu beauty blogger atau pun orang yang biasa saja tanpa embel-embel beauty influencer pun menunjukkan ketertarikannya dengan kosmetik.

Tidak perlu minder, Mak kalau kita masih termasuk orang yang terlambat kenal dengan dunia kosmetik. Selalu ada jalan untuk kita bisa belajar, termasuk belajar makeup atau dandan. Tinggal pilih saja mau belajarnya dimana dan sama siapa.

Sekarang ini, banyak sekali aksesnya untuk belajar makeup atau dandan tanpa harus keluar biaya yang mahal. Setelah ini saya akan kasih tahu dimana saja tempat untuk belajar dandan untuk pemula.

Belajar Makeup Tanpa Keluar Biaya Mahal? Bisa Kok!

YOUTUBE CHANNEL

Belajar Makeup

Di YouTube,  apa saja bisa dicari, termasuk soal belajar dandan ini. Emak tinggal cari saja Beauty YouTuber yang sering membuat tutorial makeup.

Saya bisa kasih beberapa rekomendasi YouTuber yang tutorialnya applicable untuk dipakai sehari-hari, seperti:

  • Hijabers yang senang dengan dandanan yang simple dan natural tanpa kelihatan medok, bisa subscribe channel-nya Irna Dewi.
  • Emak yang berumur early20’s, punya masalah jerawat, dan suka sama produk lokal yang affordablebisa tonton channel-nya Alifah Ratu Saelinda.

PINTEREST

Pinterest adalah media sosial yang mengandalkan gambar. Saya suka di sini karena gambar yang ada bisa kita “pin”dan disimpan dalam satu album kita. Jadi sewaktu-waktu mau cari sudah rapi di dalam album.

Saya termasuk suka nyontek ide hasil makeup di Pinterest. Kalau Emak cari dengan kata kunci seperti “Eye Makeup Tutorial” atau “Bold Makeup Tutorial”pasti akan keluar berbagai gambar yang kita mau. Banyak juga gambar yang memperlihatkan step-by-stepdalam mengaplikasikan makeup.

Belajar Makeup

Di Pinterest ini juga bisa link ke website terkait dengan gambar tersebut. Jadi kalau kurang jelas kita bisa baca juga informasinya.

IKUT BEAUTY CLASS

Ikut beauty class adalah salah satu langkah yang saya lakukan pertama kali waktu baru mulai ingin belajar makeup atau dandan. Beauty class pertama saya adalah dengan Maybelline yang bekerja sama dengan Indomaret.

Belajar Makeup

Waktu itu saya hanya membayar registrasi yang nilainya tidak sampai Rp 100.000,-. Namun dengan registrasi tersebut saya sudah bisa ikut kelasnya, dapat produk, dan juga voucher belanja. Alhamdulillah juga saya menang jadi juara saat ikut lombanya 😊

Yang bisa saya dapat dari beauty class dibandingkan dengan cara-cara di atas adalah sudah pasti dapat ilmu langsung dari beauty advisor-nya. Jadi tahu beberapa teknik untuk dandan. Dan juga kadang mereka mengajarkan bagaimana cara menggunakan produknya agar hasilnya maksimal.

Beauty class ini banyak macamnya, bisa yang diselenggarakan oleh produk kosmetik, ada juga yang diadakan oleh MUA, atau ada juga komunitas-komunitas yang mengadakannya. Saran saya adalah kita bisa mulai follow  media sosial brand kosmetik dan komunitas untuk tahu kapan ada beauty class.

Brand yang setau saya suka mengadakan beauty class dengan harga terjangkau adalah Maybelline, Sariayu, Mustika Ratu, dan lainnya. Kalau komunitasnya bisa cek di Female Daily.

***

Belajar Makeup

Semoga informasi tentang dimana belajar makeup atau dandan yang mudah, praktis, dan tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal ini benar-benar bermanfaat ya, Mak. Tips dari saya sih selain belajar dari tempat-tempat yang saya sebutkan di atas adalah, harus mulai belajar dari sekarang sendiri.

Percuma kalau kita sudah hapal urutannya dan produk yang dipakai, tapi kalau kita belum pernah mempraktikkannya sendiri. Tidak perlu malu dengan hasilnya, karena setiap orang yang sedang belajar itu butuh proses.

Selamat mencoba, Mak!

***

Kontributor: Lia Harahap, Narablog di http://liaharahap.com/

Instagram: @liaharahap_lh
Facebook Fan Page: Lia Harahap
YouTube Channel: Lia Harahap